x

3 Ganda Putra dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di Dunia, Kevin/Marcus Tak Termasuk!

Minggu, 19 Maret 2023 20:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon.

INDOSPORT. COM - Daftar tiga pasangan ganda putra dengan jumlah kemenangan terbanyak di dunia, tak terselip nama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kiprah duet Kevin/Marcus sebagai ganda putra Indonesia, memang sempat mendominasi pentas bulutangkis internasional.

Buktinya, dalam kurun waktu 2017 sampai 2022, Kevin/Marcus konsisten menjadi pasangan ganda putra nomor satu di ranking BWF.

Baca Juga

Tepat pada 19 September 2022, takhta Kevin/Marcus akhirnya lengser dan terus merosot hingga sekarang menempati urutan 19.

Meski demikian, lima tahun indah Kevin/Marcus merajai sektor ganda putra, tetap patut diberikan apresiasi tinggi.

Hal yang menarik, kalau menengok daftar tiga teratas ganda putra dengan jumlah kemenangan terbanyak di dunia, tidak ada nama pasangan Kevin/Marcus.

Padahal, periode lima tahun kejayaan Kevin/Marcus sudah termasuk sangat lama, tapi belum cukup untuk mengantarkan mereka ke daftar tiga teratas.

Lantas, siapa saja para pasangan ganda putra yang mampu menduduki tiga besar teratas dalam segi jumlah kemenangan terbanyak di dunia?


1. Ganda Putra dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak

Caption

Mathias Boe/Carsten Mogensen

Posisi puncak dalam daftar tiga ganda putra dengan jumlah kemenangan terbanyak di dunia, ditempati oleh Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Pasangan asal Denmark ini total melakoni sebanyak 588 pertandingan dan 434 di antaranya mampu menghasilkan kemenangan.

Berdasarkan perbandingan antara raihan jumlah laga serta jumlah kemenangan mereka, kiprah Mathias Boe/Carsten Mogensen lantas mencatatkan rasio kemenangan senilai 73,8%.

Mathias Boe/Carsten Mogensen sekarang diketahui sudah tidak aktif lagi berkarier di pentas bulutangkis internasional.

Keduanya sama-sama telah memutuskan untuk gantung raket alias pensiun dari profesi pebulutangkis pada tahun 2020 lalu.

Baca Juga

Cai Yun/Fu Haifeng

Posisi kedua dalam daftar tiga ganda putra dengan jumlah kemenangan terbanyak di dunia, ditempati oleh pasangan Cai Yun/Fu Haifeng.

Kiprah karier pasangan asal China ini total melakoni sebanyak 422 pertandingan dan 335 di antaranya mampu menghasilkan kemenangan.

Jika data jumlah laga dan jumlah kemenangan tadi diukur perbandingannya, berarti aksi-aksi Cai Yun/Fu Haifeng bisa mencatatkan rasio kemenangan senilai 79,4%.

Duet Cai Yun/Fu Haifeng saat ini sudah tak aktif lagi di peta persaingan bulutangkis internasional. Mereka diketahui telah sama-sama pensiun.

Beberapa prestasi cemerlang Cai Yun/Fu Haifeng dalam karier mereka dahulu adalah meraih medali emas dalam dua edisi Olimpiade, 2008 serta 2012.


2. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Ganda Indonesia, Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil melaju ke babak kedua Indonesia Master 2022 usai mengalahkan pasangan Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede 21-12 dan 21-19 di Istora Senayan, Selasa (07/06/22).

Posisi ketiga dalam daftar ganda putra dengan jumlah kemenangan terbanyak di dunia, ditempati oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Pasangan asal Indonesia ini mampu mencatatkan 316 kemenangan dari total 431 kali menjalani pertandingan di pentas bulutangkis internasional.

Persentase kemenangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berdasarkan perbandingan data jumlah laga dan jumlah kemenangan, lantas menghasilkan nilai 73,3%.

Baca Juga

Angka tersebut diyakini akan terus bertambah, mengingat Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat ini masih sama-sama aktif berkarier.

Bahkan, saat tulisan ini dibuat, Hendra/Ahsan diketahui sedang melakoni pertandingan penting, yakni final di ajang All England 2023.

Hendra Setiawan/Mohammad AhsanKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkis

Berita Terkini