x

Sabet Gelar Juara All England 2023 Saat Ahsan Cedera, Perasaan Fajar/Rian Campur Aduk

Senin, 20 Maret 2023 10:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, merasa campur aduk sesuai menjuarai All England 2023 dengan Mohammad Ahsan mengalami cedera. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto, merasa campur aduk sesuai menjuarai All England 2023 dengan kondisi seniornya, Mohammad Ahsan, yang mengalami cedera.

Fajar Alfian/Rian Ardianto menyabet gelar juara All England setelah mengalahkan rekan senegara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di partai final yang berlangsung di Utilita Arena, Birmingham, Minggu (19/3/23).

Kemenangan Fajar/Rian tersebut diwarnai insiden Mohammad Ahsan mengalami cedera pada lutut kirinya di menit-menit akhir gim kedua.

“Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah bisa bermain dengan lancar dan tanpa cedera,” ungkap Rian setelah pertandingan.

Rian menambahkan gelar All England ini tentu saja membuat dirinya dan Fajar senang bukan main, namun mereka juga bersedih dengan kondisi cedera Mohammad Ahsan.

Baca Juga

“Perasannya luar biasa senang tapi di satu sisi kami sedih juga karena di poin-poin akhir bang Ahsan sempat cedera. Semoga bang Ahsan segera pulih dan bisa kembali berkompetisi nantinya,” tambahnya.

Mohammad Ahsan diketahui mengalami cedera di bagian lutut kirinya saat menghadapi Fajar/Rian dalam kedudukan 14-20 di gim kedua.

Baca Juga

Kala itu, Ahsan sempat mendapat penanganan langsung oleh tim medis di lapangan.  Bahkan, wasit yang memimpin pertandingan sempat mengumumkan Ahsan retired atau mundur karena cedera.

Namun,  rekan main Hendra Setiawan tersebut bersikeras menuntaskan permainan. Ahsan menerima servis Rian lalu membiarkan shuttlecock mati area permainannya yang membuat Fajar/Rian meraih satu poin terakhir dan menang 21-14.

Fajar Alfian mengungkapkan cedera yang dialami Mohammad Ahsan ini mungkin dipengaruhi fisik The Daddies, julukan Ahsan/Hendra, yang mulai kelelahan.

Baca Juga

1. Buka Jalan Raih Gelar All England

Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final All England 2023. (Foto: PBSI)

Di luar cedera yang dialami Mohammad Ahsan, Fajar Alfian menilai permainan The Daddies juga menurun. Hal ini juga disebabkan sengitnya pertandingan yang dilakoni pada babak-babak sebelumnya yang selalu berakhir rubber game.

“Hari ini terlihat Ahsan/Hendra kelelahan, dalam arti sejak babak 8 besar dan semifinal selalu bermain rubber game dan sangat alot jadi mungkin kondisi mereka kurang fit. Tadi beberapa kali kami coba bermain speed dan power dan mereka kewalahan,” ungkap Fajar Alfian.

Terlepas dari kondisi cedera Mohammad Ahsan, gelar juara All England ini adalah yang pertama kali diraih Fajar/Rian sejak mereka dipasangkan.

Terlebih, gelarnya itu didapat saat mereka sedang berada di puncak performa dengan status mereka sebagai ganda putra nomor 1 dunia.

Baca Juga

Selain itu, All England 2023 menjadi gelar kedua mereka di turnamen level Super 1000 setelah sebelumnya berhasil mencapai podium Malaysia Open pada Januari lalu.

“Sangat luar biasa bisa juara di sini, saya sampai tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata. Juara ini saya persembahkan untuk semua yang sudah dukung terutama PBSI, keluarga saya, pacar saya dan pelatih. Gelar ini buat kalian semua,” kata Rian.

Baca Juga

“Dukungan orang-orang terdekat membuat kami bisa bangkit dan sampai di titik ini. Mereka selalu ada untuk kasih motivasi dan yang harus diingat setelah juara ini kami bukan siapa-siapa lagi jadi harus tetap berjuang lagi dan terus memberikan yang terbaik,” lanjutnya.

Ditutup oleh Fajar Alfiann, gelar All England ini memacu mereka untuk mengejar target juara berikutnya, yakni Badminton Asia Championships dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

“Menurut saya, setiap pertandingan itu penting tapi kami senang bisa menyabet dua gelar Super 1000 tahun ini. Selanjutnya kami target di kejuaraan Asia dan selanjutnya Kejuaraan Dunia,” pungkas Fajar.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

Mohammad AhsanAll EnglandFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini