x

Fajar Alfian Juara All England 2023, PBSI Jawa Barat Bangga

Selasa, 21 Maret 2023 16:36 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi juara All England 2023. (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

INDOSPORT.COM - Ketua Harian Pengprov PBSI Jabar, Gianto Hartono, merasa bangga setelah pebulutangkis asal Jawa Barat, Fajar Alfian sukses menjuarai ajang bergengsi All England 2023.

Pertandingan final All England antara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Utilita Arena pada Minggu (19/03/23) kemarin berakhir dengan skor 17-21, 14-21.

Dalam lima pertemuan terakhir, Fajar/Rian hanya mampu mengalahkan senior mereka, Ahsan/Hendra sebanyak dua kali di Malaysia Masters 2022 dan German Open 2018 lalu.

Sedangkan pertandingan melawan Fajar/Rian menjadi final ketiga bagi Ahsan/Hendra setelah sebelumnya mereka mampu melakukan hal yang sama pada tahun 2014 dan 2019.

Hasil di All England 2023 ini menjadi gelar prestigious pertama bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto usai mengalahkan Ahsan/Hendra.

Baca Juga

Raihan tersebut, tentunya menjadi kebanggaan bagi Fajar. Sebelum melangkah ke babak final, pasangan Fajar/Rian memulangkan ganda putra asal China He Ji Ting/Zhou Hao Dong sehingga memupus harapan all China final.

Dari empat pertandingan di babak sebelumnya, Fajar/Rian mencatatkan duel terlama ketika menghadapi Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae pada babak pertama dengan durasi 66 menit.

Sebelumnya, pebulutangkis kelahiran Bandung ini telah meraih berbagai prestasi, mulai dari juara di Swiss Open 2022, Korea Open 2022, Asia 2022, Thailand Open 2022, Malaysia Open 2022, Thomas Cup 2022, Singapore Open 2022, Denmark Open 2022, dan masih banyak lagi.

Selain Fajar, Jabar juga selama ini terbilang konsisten menyumbangkan atlet pada ajang All England. Di tahun sebelumnya, pada bulan Maret 2022 Indonesia juga meraih medali emas pada turnamen All England 2022 melalui atletnya Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. 

Mereka mengalahkan unggulan ke-8 Ong Yew Sin dan Teo Ee Yi di ronde kedua. Muhammad Shohibul Fikri merupakan atlet PB. SGS PLN di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga

Melihat hasil yang diraih oleh Fajar Alfian, Gianto Hartono, merasa bangga pebulutangkis asal Jawa Barat kembali meraih prestasi diantaranya di ajang bergengsi All England.

"Tahun 2022 itu atlet Jabar juga meraih juara All England dinomor ganda putra yaitu M. Fikri pasangannya Bagas. Tahun ini di bulan yang sama atlet Jabar kembali meraih restasi di All England yaitu Fajar Alfian yang berpasangan dengan Muhammad Rian Ardianto," kata, Gianto Hartono, Senin (20/03/23).

Baca Juga

1. Jawa Barat Konsisten dalam Pembinaan Atlet

Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final All England 2023. (Foto: PBSI)

Lebih lanjut, Gianto Hartono, menilai Jawa Barat konsisten dalam pembinaan atlet bulutangkis. Hal itu bisa dilihat, dengan menyumbangkan atlet di nomor ganda putra untuk tampil pada turnamen bergengsi All England.

"Jabar sudah dua kali berturut-turut tampil di All England dan menyumbang prestasi tertinggi. All England ini kan bukan turnamen kaleng-kaleng. Ini ajang bergengsi. Artinya Jabar konsisten melahirkan atlet-atlet terbaiknya tampil di All England," jelas Gianto Hartono.

Sementara itu, sebelumnya sudah ada beberapa atlet Jawa Barat yang mampu mengharumkan nama Indonesia dengan meraih prestasi di All England. Sejak tahun 1959, pebulutangkis kelahiran Jabar sudah ada yang menorehkan prestasi di All England.

Pebulutangkis yang berpartisipasi di tahun 1959, yakni Tan Joe Hok atau Hendra Kartanegara. Dia putra Indonesia pertama yang menjuarai All England tahun 1959.

Selain itu, di ganda putri juga Jabar memiliki Susi Susanti yang meraih prestasi tertinggi pada All England tahun 1990, 1991, 1993 dan All England 1994.

Baca Juga

Sedangkan pada nomor ganda putra atlet kelahiran Cirebon, Tjun Tjun yang terkenal sebagai spesialis ganda pada tahun 1970-an berpasangan dengan Johan Wahjudi dan menjuarai All England tahun 1974, 1975, 1977, 1978, 1979 dan 1980.

Kemudian, Rudy Heryanto, kelahiran Tasikmalaya, berpasangan dengan Hariamanto Kartono menjuarai All England 1981 dan 1984. Setelah itu, pebulutangkis asal Jabar, Ricky Subagja berhasil meraih prestasi di All England tahun 1995 dan 1996 saat itu berpasangan dengan Rexy Mainaky.

Pada All England 1999, atlet kelahiran Jabar Candra Wijaya berpasangan dengan Tony Gunawan juga menyumbang medali emas bagi Indonesia. Setelah itu, pada 2021 Tony kembali berpasangan dengan atlet Jabar Halim Heryanto di All England dan sukses meraih medali emas.

Baca Juga

Setelah itu, Candra Wijaya kembali meraih prestasi di All England 2003, namun saat itu dia beganti pasangan kali ini dengan Sigit Budiarto. Kemudian, yang terbaru 2022 dan 2023 atlet Jabar Muhammad Shohibul Fikri dan Fajar Alfian, meraih prestasi di ajang bergengsi ini.

Prestasi yang diraih oleh Muhammad Shohibul Fikri dan Fajar Alfian menambah daftar pebulutangkis asal Jabar yang berprestasi pada ajang All England.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

PBSIAll EnglandFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoFajar AlfianBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini