x

Hasil Swiss Open 2023: Tumbang di Tangan Unggulan Thailand, Gregoria Mariska Lanjutkan Puasa Gelar

Minggu, 26 Maret 2023 02:37 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Swiss Open 2023 rupanya jadi beban yang terlalu berat bagi Gregoria Mariska. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Swiss Open 2023 rupanya jadi beban yang terlalu berat bagi Gregoria Mariska.

Lajunya terhenti di semifinal tunggal putri pada Minggu (26/03/23) dini hari usai dikalahkan Pornpawee Chochuwuong asal Thailand dalam tiga game berskor 21-18, 13-21, dan 17-21.

Dengan ini dipastikan sudah tidak ada lagi pebulutangkis tanah air yang bisa membawa pulang medali dari kejuaraan Super 300 ini usai sebelumnya Apriyani Rahayu/Siti Fadia juga gugur di sektor ganda putri.

Bagi Grego, kekalahan ini juga jadi kekecewaan besar karena ia harus kembali menunda untuk masuk final BWF World Tour untuk kali pertama sejak Australia Open 2022.

Padahal sebelumnya banyak yang yakin jika dara 23 tahun yang baru saja naik ke peringkat 13 dunia tersebut akan mengakhiri puasa medalinya di ajang ini.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Set pertama sukses jadi milik Gregoria Mariska namun bukan berarti Pornpawee Chochuwuong dengan mudah bisa diatasi.

Grego sempat unggul 3-1 di awal gim namun dengan cepat Chocuwuong bisa mengimbanginya.

Baca Juga

Sang unggulan keenam pun untuk kali pertama bisa berbalik memimpin pada skor 5-6. Setelahnya laga berjalan ketat dengan tidak satupun yang bisa menjauh lebih dari dua angka.

Bahkan ketika Grego sudah mengamankan interval sekalipun, momentum belum bisa sepenuhnya jadi milik pebulutangkis kelahiran Wonogiri tersebut.

Grego bahkan sempat kalah challenge yang membuatnya tertinggal 17-18 namun pada akhirnya set pertama tetap ia bisa menangkan 21-18.

Baca Juga

1. Game Kedua dan Ketiga

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

Intensitas pertandingan yang sama masih terlihat dalam gim kedua Gregoria Mariska vs Pornpawee Chochuwuong.

Keduanya sama sekali tidak mau mengalah dan berulang kali mendapati papan skor menunjukkan angka seimbang 3-3, 4-4, 6-6, dan 7-7.

Sayangnya Grego kehilangan irama sehingga kemudian Chochuwuong bisa mengambil alih kepemimpinan.

Semua berawal dari challenge sukses untuk pukulan Grego yang melebar. Chochuwuong bisa mengumpulkan empat poin beruntun dan mengamankan interval 7-11.

Usai turun minum sejenak Chochuwong justru semakin mendominasi. Grego hanya dibiarkan mendapatkan enam poin tambahan sebelum sang bintang Thailand menutup set dengan skor 13-21.

Baca Juga

Set ketiga pun masih jadi perjuangan yang tidak menyenangkan bagi Grego. Ia tertinggal 1-4 di awal dan bahkan sampai harus terjatuh dalam salah satu usahanya bertahan sehingga perban penutup luka lutut kanannya nyaris terlepas.

Momentum akhirnya sedikit mengangkat Grego usai keputusan mata elang membantunya mendapatkan poin kelima. Setelahnya ia mulai bisa mengimbangi lawannya dan bahkan sempat unggul 8-7 juga 10-9 namun pada akhirnya yang unggul saat interval tetap Chochuwong dengan skor 10-11.

Baca Juga

Meski dengan kaki yang terluka, namun Grego masih bisa memberikan perlawanan sengit. Salah satu momen terbaiknya adalah memenangkan rally panjang berdurasi 33 pukulan namun ia tidak kunjung bisa merebut keunggulan pasca interval.

Akhirnya pertandingan semifinal Swiss Open 2023 sektor tunggal putri dimenangkan oleh Pornpawee Chochuwuong dengan skor 17-21.

Sebuah pukulan yang terlalu jauh melewati garis jadi akhir perjalanan Gregoria Mariska sekaligus memperpanjang penantiannya untuk gelar BWF World Tour pertama.

Baca Juga

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News

Gregoria MariskaPornpawee ChochuwongSwiss Open

Berita Terkini