x

Para Jagoan Asia Waspada, Pebulutangkis Eropa Kini Mulai Goyang Ranking BWF!

Rabu, 19 April 2023 15:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Robin Tabeling dan Selena Piek menjadi salah satu pemain Eropa yang tembus 10 besar di ranking BWF.

INDOSPORT.COM – Para pebulutangkis Eropa secara bertahap mulai menunjukkan eksistensinya, setelah sekian lama para atlet Asia mendominasi di ajang tepok bulu.

Sudah tak perlu diragukan lagi kualitas pebulutangkis beberapa negara Asia seperti China, Indonesia, Jepang dan lainnya yang kerap menjadi momok para rivalnya.

Bahkan sejumlah perwakilan dari negara Asia selalu mendominasi sejumlah turnamen baik dari level rendah maupun level tertinggi.

Biasanya negara Eropa atau Amerika maupun dari benua Afrika kesulitan melawan pemain dari Asia, hanya ada segelintir pemain dari benua biru yang bisa melakukannya.

Namun kini nampaknya hal tersebut tidak terlalu berlaku, seiring sejumlah pemain Eropa mampu menjadi kuda hitam di atas lapangan maupun dalam posisi ranking BWF.

Baca Juga

Berdasarkan update ranking BWF di pekan ke-16 pada Selasa (18/4/23), hanya ada lima pemain Eropa yang tembus 10 besar di semua sektor.

Yakni Viktor Axelsen (Denmark/1), Carolina Marin (Spanyol/6), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/9).

Baca Juga

Lalu ada dua ganda campuran yakni Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis/6) dan Robin Tabeling/Selena Piek (Belanda/9) di 10 besar ranking BWF.

Di sisi lain akun Badminton Eropa di Twitter juga menginformasikan ada beberapa nama pemain Eropa yang mencapai peringkat terbaiknya.

Yakni ada enam pemain Eropa yang mencapai posisi terbaiknya di 50 besar di ranking BWF yang tentu membuat Indonesia harus waspada.

Baca Juga

1. 6 Kuda Hitam Eropa

Robin Tabeling dan Selena Piek menjadi salah satu pemain Eropa yang tembus 10 besar di ranking BWF.

Dalam cuitannya, Badminton Eropa menuliskan bahwa ada enam pemain Eropa yang mencapai peringkat terbaiknya dalam 50 besar ranking BWF terutama pasca Tur Eropa sejak awal Maret hingga April kemarin.

Contohnya ialah Robin Tabeling/Selena Piek yang menjadi ganda campuran asal Belanda dan beradadi posisi kesembilan.

Kemudian ada pasangan ganda putra Prancis yakni Lucas Corvee/Ronan Labar yang kini ada di peringkat ke-33 dunia.

Lalu ada rising star asal Denmark, Magnus Johannesen yang kini berada di posisi ke-39 dunia di ranking BWF terbaru.

Menyusul tunggal putra asal Spanyol yakni Luis Enrique Penalver yang ada di posisi ke-46, dan Alex Lanier dari Prancis yang duduk di peringkat ke 48.

Baca Juga

Begitu juga dengan Jefter Toft/Clara Graversen selaku ganda campuran Denmark yang saat ini berada di posisi ke-28.

Kualitas pemainnya semakin apik membuat para pebulutangkis dari Asia, termasuk Indonesia tentu tak boleh meremehkan lawannya.

Baca Juga

Sebab, sejumlah atlet kerap kali menjadi kuda hitam yang menyuguhkan kejutan alias di luar prediksi para Badminton Lovers 2023.

Contohnya saja tidak adanya wakil Asia di nomor tunggal putri saat ajang Orleans Masters 2023, yang menjadi ajang penutup Tur Eropa.

Carolina Marin selaku unggulan pertama asal Spanyol berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 25-23, 9-21 dan 21-10 atas Beiwen Zhang selaku unggulan keenam asal Amerika di final Orleans Masters 2023.

Baca Juga
BWFCarolina MarinViktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisRobin Tabeling/Selena PiekThom Gicquel/Delphine Delrue

Berita Terkini