x

Kata Pelatih PBSI soal Kondisi Cedera Rehan Naufal Kusharjanto Usai Retired di BAC 2023

Rabu, 26 April 2023 08:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rehan/Lisa di Badminton Asia Championships 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM – Perjalanan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di BAC 2023 terhenti karena Rehan mengalami cedera otot perut dan pinggang, Selasa (25/04/23) malam waktu Dubai, Uni Emirat Arab.

Pelatih ganda campuran PBSI, Amon Sunaryo, mengungkapkan bahwa cedera yang dialami Rehan Naufal Kusharjanto ini sudah terjadi jelang keberangkatan.

Rehan sudah menjalani terapi untuk mengatasi cederanya tersebut agar dirinya bisa melakoni pertandingan babak pertama menghadapi pasangan Ko Chi Chang/Chin Chen Lee dari Chinese Taipei.

Memasuki gim ketiga, pergerakan Rehan sudah sangat terbatas sehingga membuat Rehan/Lisa tertinggal jauh dari ganda campuran peringkat ke-31 itu.

Alhasil, pasangan peringkat 11 dunia tersebut terpaksa membukukan skor akhir 21-18, 15-21, 6-11 sebelum memutuskan retired dari Badminton Asia Championships 2023.

Baca Juga

“Rehan otot antara perut dan pinggangnya tertarik dua hari sebelum keberangkatan. Sejak tiba di sini sudah diterapi dan coba diobati tapi memang belum sembuh,” ujar Amon Sunaryo dari keterangan resmi PBSI.

“Tadi coba dipaksa bermain tapi memang sangat terbatas pergerakannya. Tidak bisa melakukan smes. Di gim ketiga sakitnya mungkin sudah tidak bisa ditahan jadi kita putuskan untuk mundur,” sambung sang pelatih.

Baca Juga

Selanjutnya, Rehan Naufal Kusharjanto akan mendapatkan penanganan dan pemeriksaan intensif setelah tiba di Jakarta. Amon pun berharap cedera yang dialami Rehan bukan masalah serius.

“Setelah pulang ke Jakarta akan langsung diperiksa, semoga bukan sesuatu yang serius,” sambung Amon Sunaryo.

“Saya berpesan kepada Rehan untuk fokus pada penyembuhan dan lanjut penguatannya nanti,” tambahnya.

Baca Juga

1. 2 Ganda Campuran Indonesia Melaju ke Babak Kedua BAC

Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Foto: PBSI.

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dipastikan tersingkir lebih awal di babak pertama Badminton Asia Championships 2023 akibat cedera Rehan.

Tentunya, retired jadi keputusan yang tepat bagi pasangan ini. Rehan akan memiliki waktu lebih banyak untuk menjalani pemulihan sebelum menatap turnamen berikutnya.

Jika pulih tepat waktu, Rehan/Lisa bakal langsung berangkat ke Kamboja untuk berburu medali emas SEA Games 2023 yang akan berlangsung 4-17 Mei 2023 mendatang.

Sementara itu, dua ganda campuran independen Indonesia melaju ke babak 16 besar BAC 2023. Mereka adalah Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Kedua pasangan ini merupakan besutan klub PB Djarum. Mereka kompak menang dua gim langsung pada pertandingan babak  32 besar.

Baca Juga

Praveen/Melati lebih dulu tampil sukses menundukkan pasangan Jepang, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya, dengan skor 21-17, 21-16.

Sementara itu, Dejan/Gloria memetik kemenangan 21-18, 2114 atas unggulan keenam, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, dari China.

Baca Juga

Selanjutnya, Praveen/Melati akan berhadapan dengan ganda campuran Malaysia yang tengah naik daun sejak juara Orleans Masters, yakni Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Sementara itu, Dejan/Gloria akan menghadapi pasangan Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran.

Baca Juga
PBSIBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Berita Terkini