x

Para 'Ratu' Medali Kuasai Daftar Unggulan BAC 2023, Siapa Melaju Paling Jauh?

Kamis, 27 April 2023 11:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Akane Yamaguchi dan P.V. Sindhu sama-sama berada di daftar unggulan BAC 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ada hal menarik di daftar tunggal putri Badminton Asia Championships (BAC) 2023, di mana seluruh pemain di dalamnya adalah para peraih podium.

Sebagaimana diketahui, turnamen bulutangkis BAC 2023 saat ini tengah bergulir di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) sejak 25 April lalu.

Daftar unggulan tunggal putri sendiri diisi oleh para peraih medali di edisi-edisi sebelumnya, termasuk Wang Zhi Yi yang meraih emas pada 2022 lalu.

Di final 2022, pebulutangkis asal China tersebut menghempas Akane Yamaguchi (Jepang) di final. Kini, dua-duanya sama-sama ada di daftar unggulan.

Akane Yamaguchi sendiri meraih pencapaian tertingginya di Badminton Asia Championships (BAC) di edisi 2019 lalu, saat ia menumbangkan He Bing Jiao (China).

Baca Juga

Di Badminton Asia Championships (BAC) 2023, Akane Yamaguchi menjadi unggulan pertama, disusul An Se-yong (Korea Selatan) yang meraih perunggu di edisi 2022.

Selanjutnya ada Chen Yu Fei (China), peraih perak edisi 2018; kemudian Tai Tzu-ying (Chinese Taipei), pemenang edisi 2017 dan 2018 beruntun.

Baca Juga

Di bawahnya menyusul duo China yakni He Bing Jiao yang menggondol medali perak edisi 2019, dan Wang Zhi Yi, sang peraih emas 2022.

Di dua terbawah ada Ratchanok Intanon (Thailand) dengan medali emas BAC 2015 sudah ada dalam genggaman, dan juga PV Sindhu yang meraih perunggu 2014 dan 2022.

Dari daftar tersebut, sayangnya sudah ada yang harus gugur saat turnamen BAC 2023 memasuki hari ketiga pada 27 April ini. Seperti apa ulasannya?

Baca Juga

1. Ratchanok Intanon Mundur

Pebulutangkis Thailand, Ratchanok Intanon. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Ratchanok Intanon menjadi salah satu pemain di daftar unggulan tunggal putri yang memilih mundur dari turnamen.

Kondisi tubuhnya dikabarkan belum fit setelah terserang flu. Mundurnya pebulutangkis asal Thailand ini pun membuka pintu bagi Komang Ayu untuk promosi ke drawing utama.

Namun pertandingan pada hari Kamis ini akan sangat menarik untuk disimak karena para unggulan di tunggal putri memiliki kenangan-kenangan manis di Dubai.

Salah satunya adalah Tai Tzu-ying yang meraih dua gelar BWF Super Series Finals di tempat ini pada tahun 2014 dan 2016.

Meski sempat mengaku kesulitan dengan ukuran venue yang kecil, ia tidak masalah beradaptasi dan ingin fokus dengan pertandingan-pertandingan yang sudah menanti.

Baca Juga

“Fokus saya adalah bermain bagus dan mendapat poin yang layak menuju Olimpiade Paris,” ujarnya seperti dikutip dari laman Badminton Asia.

Di Badminton Asia Championships (BAC) 2023, Tai Tzu-ying baru saja memenangkan pertandingan babak pertamanya melawan wakil Singapura, Yeo Jia Min.

Baca Juga

Selanjutnya, ia akan menghadapi Natsuki Nidaira, pemain nonunggulan asal Jepang, di Court 1 hari ini, Kamis (27/04/23).

Selain Tai Tzu-ying, Dubai juga menjadi tempat bersejarah bagi PV Sindhu setelah kesuksesan skuad India meraih perunggu di ajang Mixed Team Championships bulan Februari.

Juga akan bertanding hari ini, PV Sindhu akan bersua wakil China yakni Han Yue, setelah mengalahkan pebulutangkis Chinese Taipei, Hsu Wen Chi.

Baca Juga

2. Sepak Terjang Para Unggulan Tunggal Putri

Tunggal putri China, Wang Zhi Yi. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Selain nama-nama di atas, Wang Zhi Yi sang peraih emas BAC 2022 sudah menginjakkan kaki di fase perempat final.

Seru! Ia pun berpeluang menghadapi unggulan pertama BAC 2023 yakni Akane Yamaguchi, yang pada hari ini dijadwalkan bersua Sung Shuo Yun dari Chinese Taipei.

Sementara itu, unggulan ketiga yakni Chen Yu Fei akan berhadapan dengan Aya Ohori (Jepang) hari ini, begitu pula He Bing Jiao yang bersua Nguyen Thuy Linh (Vietnam).

Minus Ratchanok Intanon, para ‘ratu’ medali di daftar unggulan tunggal putri BAC 2023 masih mampu bertahan dan melanjutkan perjuangan mereka hingga hari ketiga.

Berdasarkan drawing, selain potensi big match antara Wang Zhi Yi dan Akane Yamaguchi, Tai Tzu-ying dan He Bing Jiao juga bisa bersua di perempat final.

An Se-young pun berpeluang menghadapi PV Sindhu, sedangkan Chen Yu Fei jika menang akan bersua salah satu wakil Indonesia yakni Gregoria Mariska atau Komang Ayu.

Tidak ayal, partai-partai yang bakal tersaji hari ini akan sangat menarik di sektor tunggal putri. Apakah para unggulan hebat ini mampu melalui hadangan mereka selanjutnya?

Jadwal Badminton Asia Championships (BAC) 2023 hari ini bisa mulai disaksikan para badminton lover Indonesia pada pukul 14.00 WIB.

Berikut rekap unggulan tunggal putri BAC 2023 dan statusnya sampai hari ini, Kamis (27/04/23).

1. Akane Yamaguchi - main hari ini lawan Sung Shuo Yun

2. An Se-young - main hari ini lawan Busanan Ongbamrungphan

3. Chen Yu Fei - main hari ini lawan Aya Ohori

4. Tai Tai Tzu-ying - main hari ini lawan Natsuki Nidaira

5. He Bing Jiao - main hari ini lawan Nguyen Thuy Linh

6. Wang Zhi Yi - sudah ke perempat final

7. Ratchanok Intanon - mundur

8. PV Sindhu - main hari ini lawan Han Yue

Sumber: Badminton Asia

Ratchanok IntanonAkane YamaguchiBadminton Asia ChampionshipsChen YufeiPV. SindhuTai Tzu YingBulutangkisHe BingjiaoAn Se-youngBerita BulutangkisWang Zhi Yi

Berita Terkini