x

'Kerja Rodi' ke Final BAC 2023, Anthony Ginting Bicara Persiapan Lawan Loh Kean Yew

Minggu, 30 April 2023 08:19 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, lolos ke final Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, 'kerja rodi' sampai akhirnya lolos ke final Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Setelah melalui babak perempat final BAC 2023 dengan susah payah menaklukkan Li Shi Feng, Jumat malam, Anthony Sinisuka Ginting kembali dipaksa bermain pada Sabtu sore.

Beruntung, berkat kerja keras seluruh tim Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting sukses menaklukkan babak semifinal tunggal putra BAC 2023 dengan mulus.

Bertanding di Al-Nasr Club, Dubai, Sabtu (29/04/23) sore, Anthony Sinisuka Ginting berhasil membekuk Kanta Tsuneyama asal Jepang dengan skor 21-13, 21-16.

Ia pun mengaku sempat kewalahan karena hanya memiliki waktu recovery yang singkat. Maka dari itu, kemenangan ini laksana keajaiban.

Baca Juga

"Pertama, mengucap syukur karena bisa menyelesaikan permainan dengan baik dan tanpa cedera. Memang sangat singkat waktu recovery yang ada dari pertandingan kemarin,

"Tapi saya mau mengucapkan terima kasih untuk tim ofisial PBSI yang sudah membantu semaksimal mungkin untuk memulihkan kondisi dari laga panjang di perempatfinal."

Baca Juga

"Pasti capek, tapi saya tidak mau menyerah begitu saja, tetap harus mengatasi semua masalah yang ada," ungkap Ginting usai laga sengit melawan Kanta Tsuneyama.

"Sekali lagi saya bersyukur punya pelatih, baik pelatih teknik maupun fisik, tim medis, masseur dan fisioterapis yang sigap dan siap setiap saat," ujar atlet 26 tahun itu.

Dengan demikian, Anthony Sinisuka Ginting selangkah lagi menuju juara Badminton Asia Championships 2023. Ia pun ditantang Loh Kean Yew (Singapura) di babak final nanti.

Baca Juga

1. Kunci Kemenangan Anthony Ginting

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, lolos ke final Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Foto: PBSI.

Berbicara soal pertandingan semifinal BAC 2023 antara Anthony Sinisuka Ginting vs Kanta Tsuneyama, nampak tidak ada kesulitan dari pemain Indonesia.

Padahal, secara head to head, Kanta Tsuneyama lebih unggul dari Anthony Ginting. Wakil Jepang memenangkan tiga dari lima pertemuan mereka sebelumnya.

Bahkan di pertemuan terakhir di Malaysia Open 2023, Anthony Ginting harus dihajar oleh Kanta Tsuneyama dalam pertarungan dua gim, dengan skor akhir 14-21, 16-21.

Menurut Anthony Ginting, salah satu kunci kemenangannya atas Tsuneyama di BAC 2023 adalah belajar dari kesalahannya, fokus, dan bermain tenang di arena.

"Saya tidak terlalu banyak memikirkan tentang pertandingan hari ini, kami sudah sama-sama tahu, sudah sering bertemu juga," ungkap Anthony Ginting usai laga.

Baca Juga

"Saya kalah di pertemuan terakhir, tapi kondisi di sini berbeda, dan saya pastinya punya kesempatan lagi untuk menang."

"Tadi saya hanya mencoba bermain lebih tenang dan tidak banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri."

Berkat ketenangan tersebut, Anthony Ginting pun melaju ke final BAC 2023.

Baca Juga

Pebulutangkis tunggal putra peringkat dua di dunia itu tak mau sesumbar meski unggul secara head to head atas Loh Kean Yew.

Dari empat pertemuan mereka di tahun 2022, Anthony Ginting memenangkan tiga pertandingan beruntun atas Loh Kean Yew.

"Senang bisa ke final karena ini pertama kali di Kejuaraan Asia," ucap Anthony Ginting.

"Untuk babak final, saya mau fokus dulu menyiapkan pikiran, menyiapkan badan, dan semacamnya. Kita lihat besok di lapangan seperti apa," tukas atlet asal Cimahi itu.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingAnthony GintingBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisLoh Kean Yew

Berita Terkini