x

Cuma Buat 5 Negara Saja, Beregu Campuran SEA Games 2023 Picu Diskusi Panas BL

Senin, 8 Mei 2023 12:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Kebijakan baru SEA Games 2023 yang mempertandingkan beregu campuran bulutangkis khusus lima negara, tidak termasuk Indonesia, picu komentar julid BL.

INDOSPORT.COM - Kebijakan baru SEA Games 2023 yang mempertandingkan beregu campuran bulutangkis khusus lima negara, tidak termasuk Indonesia, picu komentar julid BL.

Cabang olahraga (cabor) bulutangkis SEA Games 2023 yang berlangsung pada 8-16 Mei di Kamboja, untuk pertama kalinya menambahkan nomor baru yakni beregu campuran khusus untuk lima negara.

Lima negara yang berpartisipasi adalah Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Myanmar. Sementara tim-tim seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Vietnam dilarang ikut.

Sektor beregu campuran bulutangkis di SEA Games 2023 Kamboja ini menggunakan format pertandingan seperti Piala Sudirman.

Artinya sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda campuran, dan ganda putri dalam satu tim akan diadu dengan tim lain untuk mencari yang terbaik.

Baca Juga

Peraturan khusus ini berarti bulutangkis akan memiliki satu set medali tambahan untuk lima negara yang berpartisipasi di SEA Games 2023.

Seorang pejabat Delegasi Olahraga Vietnam mengatakan bahwa penambahan nomor beregu campuran ini telah disetujui oleh seluruh negara peserta cabor bulutangkis SEA Games 2023.

Baca Juga

“Baru kali ini nomor khusus ini dimasukkan dalam sistem kompetisi bulutangkis di festival olahraga regional, kontinental, dan Olimpiade,” ucap Kepala Departemen Bulutangkis dan Olahraga Umum, Mr Khoa Trung Kien melansir Zing News.

Nomor beregu campuran ini bertujuan agar tim-tim ‘lemah bulutangkis di SEA Games 2023, bisa memiliki kesempatan untuk menyabet medali.

Meski demikian, agaknya aturan ini masih jadi pro dan kontra di kalangan pecinta bulutangkis atau badminton lovers (BL), khususnya Indonesia. Di media sosial, protes pun bertebaran.

Baca Juga

1. Jadi Sorotan BL

Penambahan nomor beregu campuran SEA Games 2023 picu diskusi panas BL di media sosial.

Adanya nomor beregu campuran yang dipertandingkan di SEA Games 2023 khusus untuk lima negara saja, tak pelak memicu komentar julid badminton lovers (BL).

Di tiap linimasa, baik di instagram maupun twitter, BL melontarkan beragam komentar pro dan kontra mengenai aturan baru ini.

Seperti dilansir dari twitter berikut, BL Indonesia ini menjadi salah satu yang mempertanyakan aturan baru SEA Games 2023 bulutangkis.

“Masih tidak habis pikir dengan aturan yang dibuat tuan rumah Kamboja yang tidak memperbolehkan Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina mengikuti Mixed Team Badminton,” tulis @bayu****

Unggahan BL Indonesia itu pun langsung diberondong komentar bragam dari yang lainnya yang pro dan kontra dengan aturan baru bulutangkis SEA Games 2023 ini.

Baca Juga

“Makanya banyak2 baca berita sebelum komen itu mereka bikin team mixed buat negarq2 yg kurang familiar badminton untuk memberi semangat negara2 seperti Kamboja, Timor Leste, Brunei, dan Myanmar,” tulis @jam*******

“Yg bikin aturan pasti penganut extreme food,” tulis @alf******

Baca Juga

“Filipina cuyyy kenapa ngk dibolehin juga,” tulis @ob******

“Lah kenapa Filipina kagak? Memangnya Filipina secara badminton bisa masuk tier satu? Ini definisi tier satunya gimana dulu nih?” tulis @pen******

“Filipina kena scam,” tulis @sir********

Baca Juga

Sumber: ZIng News, Twitter

SEA GamesBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2023

Berita Terkini