x

Komang Ayu: Harapan Indonesia Akhiri Puasa Emas Tunggal Putri di SEA Games

Jumat, 12 Mei 2023 10:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mengenal Komang Ayu, tunggal putri andalan Indonesia yang jadi harapan kontingen Merah Putih untuk akhiri puasa emas di nomor perorangan SEA Games.

INDOSPORT.COM – Mengenal Komang Ayu, tunggal putri andalan Indonesia yang jadi harapan kontingen Merah Putih untuk akhiri puasa emas di nomor perorangan SEA Games.

Nama Komang Ayu memang jadi sorotan sepanjang gelaran SEA Games 2023 ini, lantaran dirinya merupakan tumpuan tim putri Indonesia untuk raih emas cabor bulutangkis.

Komang memikul beban bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023 lantaran dua unggulan Tanah Air, Gregoria dan Putri KW harus absen lantaran gabung di skuad Piala Sudirman 2023.

Meski baru berusia 20 tahun, namun Komang tampil begitu cemerlang saat membawa tim putri Indonesia menembus final nomor beregu putri bulutangkis SEA Games 2023.

Komang menyumbang poin saat Indonesia mengalahkan Kamboja di babak perempat final.  Tampil perdana, Komang menang 21-4, 21-4 atas Phnon Chenda.

Baca Juga

Kemudian di babak semifinal yang berlangsung Rabu (10/05/23) lalu, Komang menyumbang poin dengan menang 21-13, 21-5 atas wakil Filipina De Guzman Mikaela Joy.

Indonesia pada akhirnya mampu meraih kemenangan 3-0 atas Filipina, sekaligus memastikan tiket ke final dan menghadapi Thailand demi medal emas.

Selain di nomor beregu, kehadiran Komang Ayu juga diharapkan bisa akhiri kutukan Indonesia yang belum lagi bisa meraih medali emas SEA Games di cabor bulutangkis perorangan putri.

Baca Juga

Tercatat, terakhir kali wakil tunggal putri Indonesia naik podium di SEA Games terjadi pada tahun 2013 melalui Bellaetrix Manuputty.

Pada saat itu, Bellaetrix Manuputty berhasil mengalahkan wakil Thailand yang juga merupakan unggulan kedua turnamen, Busanan Ongbamrungphan dengan rubber game 9-21, 21-13 dan 21-13.

Kini setelah sepuluh tahun lamanya absen meraih emas SEA Games, harapan besar muncul usai penampilan gemilang Komang Ayu di nomor beregu putri.

Secara statistik, penampilan Komang Ayu sebelum mentas di SEA Games terbilang cukup apik dengan meraih dua kali runner up di ajang BWF International Challenge.

Komang Ayu berhasil meraih juara dua di event Bahrain International tahun 2021 lalu, serta Indonesia International setahun berselang.

Melansir dari laman BWF, diketahui bahwa Komang Ayu mencatatkan rekor menang sebanyak 62 kali dan menelan kekalahan 29 kali sejak 15 November 2022.

Baca Juga

Sementara di dalam negeri, Komang Ayu pernah mengharumkan nama Bali setelah meraih medali emas dalam gelaran PON XX Papua 2021.

Gelar tersebut merupakan yang pertama kali diraih atlet Bali setelah 73 tahun tidak memenangkan medali di ajang PON.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan SEA GAMES 2023 dan Ayo Semangat Lagi bareng Indomie!

IndonesiaBulutangkisKomang Ayu Cahya DewiIndomieSEA Games 2023

Berita Terkini