x

Gacor Sabet Emas di SEA Games 2023, Rehan/Lisa Cetak Sejarah Luar Biasa

Selasa, 16 Mei 2023 16:26 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil mencetak sejarah usai meraih medali emas di SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil mencetak sejarah usai meraih medali emas di SEA Games 2023.

Tim bulutangkis Indonesia baru saja mencatatkan prestasi membanggakan melalui Rehan/Lisa yang berhasil mengalahkan wakil Malaysia, Roy King Yap/Cheng Su Yin dengan skor 20-22, 21-8, 21-16.

Dengan hasil ini, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasal mencatatkan prestasi manis dengan meraih medali emas SEA Games 2023 pertama kalinya.

Tak hanya itu, melansir cuitan dari komentator BWF yakni Gillian Clark (Oma Gill), Rehan/Lisa turut mencetak sejarah luar biasa di sepanjang sejarah SEA Games.

“Sejarah kembali tercipta hari ini, untuk pertama kalinya, anak peraih medali emas SEA Games juga meraih emas di turnamen ini,” tulis Oma Gill.

Baca Juga

“Selamat kepada Rehan Naufal Kusharjanto bersama partnernya Lisa Ayu Kusumawati sehingga meniru jejak sang ayah Tri Kusharjanto memenangkan emas pada edisi 1995 bersama Minarti Timur,” tambahnya.

Sekadar informasi, ayah Rehan Nufal yakni Tri Kusharjanto berhasil menyabet emas SEA Games 1995 bersama Minarti Timur mengalahkan Rudi Gunawan/Eliza Natanael.

Baca Juga

Dengan ini, Rehan dan sang ayah yakni Tri Kusharjanto menjadi satu-satunya pebulutangkis yang meraih emas SEA Games dengan status sebagai ayah dan anak.

Sekilasa informasi, Tri Kusharjanto sendiri dikenal sebagai ganda campuran kebanggaan Indonesia pada zamannya bersama Minarti Timur dengan peringkat tertinggi yakni ranking 1 dunia pada Januai 1996.

Ia juga sukses menyabet medali perunggu Olimpiade Atlanta 1996 di sektor ganda campuran usai takluk dari wakil Korea Selatan, Kim Dong-moon/Gil Young-ah.

Baca Juga

1. Lanjutkan Tren Positif

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Badminton Asia Championships 2023. (Foto: PBSI)

Seperti diketahui, ganda campuran memang selalu menjadi andalan Indonesia di pesta olaharag terbesar di Asia Tenggara atau yang akrab disebut SEA Games.

Hampir di setiap edisi, ganda campuran berhasil menyumbangkan medali untuk tim bulutangkis Indonesia. Seperti pada edisi 2023 kali ini.

Ya, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil membalas dendam kekalahan ganda campuran Indonesia di edisi 2021 yang terhenti di babak semifinal.

Menariknya, dalam sejarah SEA Games, ganda campuran Indonesia kerap bersua dengan Malaysia di partai final dan berakhir dengan kemenangan.

Melansir unggahan Twitter @frappuccinooy, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil melanjutkan tren positif kemenangan melawan Malaysia di SEA Games 2023.

Baca Juga

Menariknya, dalam postingan tersebut, tiga ganda campuran yang memenangkan medali emas SEA Games terakhir sama-sama asuhan klub PB Djarum.

Sebut saja seperti Praveen Jordan/Debby Susanto yang berhasil mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan menyabet emas di SEA Games 2015.

Baca Juga

Lalu, pada edisi 2019, Praveen Jordan kembali menyabet medali emas bersama Melati Daeva Oktavianti usai mengalahkan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Sementara itu, tak hanya Rehan/Lisa yang mencatatkan prestasi membanggakan di SEA Games 2023. Seluruh kontingan tim bulutangkis Indonesia berhasil pesta medali emas.

Tercatat, sudah ada tiga medali emas yang diraih kontingen Indonesia di cabor bulutangkis nomor perorangan, yakni adadi sektor ganda campuran, ganda putri dan tunggal putra.

Baca Juga

Sumber: Twitter Oma Gill, @frappuccinooy

BulutangkisBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiSEA Games 2023

Berita Terkini