x

Wow! Cetak Sejarah di Ranking BWF, Ganda China OTW Sundul Fajar/Rian

Jumat, 19 Mei 2023 15:30 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi, cetak sejarah ke ranking tiga BWF dan berpotensi pepet Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak.

INDOSPORT.COM – Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi, cetak sejarah ke ranking tiga BWF dan berpotensi pepet Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak.

Seperti diketahui, China berhasil melaju ke babak perempat final Piala Sudirman 2023 dan menambah perolehan poin beberapa pemain yang sukses cetak sejarah di ranking BWF.

Yakni ada di sektor ganda putra, Liu Yuchen/Ou Xuanyi, yang berhasil naik ke posisi ketiga ranking BWF menggeser Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sebagaimana diinformasikan akun Twitter @badmintoneropa, Liu/Ou resmi menjadi ranking tiga dunia per Selasa (23/05/23) mendatang.

Selamat! Liu Yuchen/Ou Xuanyi (China) akan naik dua tingkat dan menjadi nomor 3 dunia yang baru! Ini menjadi puncak karier baru mereka,” tulis @badmintoneropa.

Baca Juga

Hasil ini dicapai Liu/Ou karena penampilan gemilang mereka di babak penyisihan grup Piala Sudirman 2023. Kerja bagus,” sambungnya.

Dengan ini, ganda putra nomor satu China itu berada di bawah Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan bukan tidak mustahil untuk mengudeta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak.

Baca Juga

Pasalnya, Liu Yuchen/Ou Xuanyi sendiri memiliki tren yang cukup positif dengan meraih gelar juara di BWF World Tour Finals dan Indonesia Open 2022.

Selain Liu/Ou yang mencetak sejarah di ranking BWF, ganda putra China lainnya yakni Liang Weikeng/Wang Chang turut menorehkan sejarah gemilang.

Liang Weikeng/Wang Chang turut naik peringkat di posisi keempat naik dua strip. Yang membuat ganda Indonesia hanya menyisakan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di top 5 ranking BWF.

Baca Juga

1. Posisi Fajar/Rian Aman?

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Sudirman 2023. (Foto: PBSI)

Meski dua ganda putra China berhasil mencetak sejarah di ranking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih aman di posisi puncak.

Pasalnya, Fajar/Rian berhasil tampil gemilang di turnamen bulutangkis awal musim dengan menyabet dua gelar super 1000 yakni Malaysia Open dan All England.

Oleh sebab itu, meski Liu Yuchen/Ou Xuanyi dan Liang Weikeng/Wang Chang berhasil mencetak sejarah di ranking BWF, posisi Fajar/Rian masih aman untuk beberapa pekan ke depan.

Fajar/Rian sendiri masih bersaing di Piala Sudirman 2023 di babak perempat final melawan China yang menurunkan Liang Weikeng/Wang Chang.

Jika berhasil menang atas Liang/Wang, pasangan nomor satu dunia itu akan semakin mengokohkan diri di posisi puncak ranking BWF.

Baca Juga

Sementara itu, dua ganda putra Indonesia lainnya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan posisinya tergeser di posisi keenam ranking BWF.

Sementara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang semula berada di ranking 10 besar kini terlempar karena performa mereka yang kurang maksimal di turnamen Eropa lalu.

Baca Juga

Ganasnya ganda putra China di ranking BWF sukses membuat badminton lovers terheran. Belum lama dipasangkan, dua wakilnya bisa tembus top 5.

waduhh ngerii boss, china makin mepet 5 besar,” @mat****.

Perasaan MD China tau lalu gada yg muncul,tiba tiba top 3,” @tho****.

Baca Juga

Sumber: Twitter @badmintoneropa

BWFChinaPiala SudirmanFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisLiu Yuchen/Ou Xuanyi

Berita Terkini