x

Sangar! Bungkam Ginting dan Kodai, Shi Yuqi Comeback ke Jajaran Elite Tunggal Putra

Minggu, 21 Mei 2023 16:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Shi Yuqi berhasil comeback di jajaran tunggal putra papan atas usai menaklukkan Anthony Sinisuka Ginting dan Kodai Naraoka di Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM - Shi Yuqi berhasil comeback di jajaran tunggal putra papan atas usai menaklukkan Anthony Sinisuka Ginting dan Kodai Naraoka di Piala Sudirman 2023.

Saat ini, Shi Yuqi menjadi tumpuan tim bulutangkis China di ajang Piala Sudirman 2023. Dia bahkan membawa tim menembus partai final ajang beregu campuran dua tahunan ini.

Shi Yuqi tercatat lima kali tampil tak terkalahkan dari enam babak yang dilakoni China dari babak penyisihan sampai final.

Pada babak penyisihan grup, Shi mampu mengandaskan wakil Mesir, Adham Hatem Elgamal, dan wakil Singapura, Jia Heng Jason Teh. Semuanya dimenangkan secara dua set langsung.

Di babak perempat final saat China bertemu Indonesia, Shi Yuqi sukses mengandaskan Anthony Sinisuka Ginting yang berperingkat 2 dunia dengan skor 22-20, 21-14.

Baca Juga

Kemudian di babak semifinal, Shi Yuqi ditantang wakil Jepang, Kodai Naraoka, yang berperingkat 3 dunia. Shi menang setelah berduel secara tiga set 13-21, 21-15, 21-17.

Nah, keberhasilan mengalahkan Anthony Ginting dan Kodai Naraoka inilah yang mendongkrak raihan poin Shi Yuqi untuk naik empat strip dari posisi sebelumnya.

Baca Juga

Melansir dari unggahan Badminton Eropa di Twitter, Shi Yuqi nantinya akan kembali ke posisi 8 besar, tepatnya di urutan ketujuh pada ranking BWF terbaru, Selasa (23/05/23) pekan depan.

Sebelumnya, Shi Yuqi memang sempat terlempar ke peringkat 44 dunia pada Oktober 2022 lalu karena skorsing satu tahun dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Namun, Shi Yuqi kembali dengan penampilan impresif hingga dia mampu memperbaiki posisi ke peringkat 10 dunia hanya dalam kurun enam bulan saja.

Baca Juga

1. Shi Yuqi Sumbang Poin di Final Sudirman

Pebulutangkis tunggal putra China, Shi Yuqi, kembali ke jajaran tunggal putra top dunia.

Penampilan impresif Shi Yuqi tak berhenti di situ saja. Di babak final Piala Sudirman 2023, ia juga berhasil menyumbang poin untuk China yang menghadapi Korea Selatan.

Pemain 27 tahun itu sukses membawa timnya makin meninggalkan jauh Korea Selatan 2-0 di final yang digelar di Suzhou Olympic Centre, Minggu (21/05/23).

Hal ini dipastikan setelah Shi Yuqi sukses mengalahkan wakil Korsel, Lee Yun-gyu, dengan dengan skor 21-13 dan 21-17 dalam waktu 55 menit.

Ini menjadi pertemuan pertama kali bagi mereka. Namun dengan performa tengah on fire, tidak sulit bagi Shi Yuqi menghentikan perlawanan wakil Korea ini.

Sebelumnya, poin pertama China dipersembahkan oleh Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang turun di nomor ganda campuran menghadapi Seo Seung-jae/Chae Yu-jung.

Baca Juga

Selanjutnya, di partai ketiga, ada duel di nomor tunggal putri. Korsel menurunkan An Se-oung. Sementara China mengandalkan jagoannya yakni Chen Yu Fei.

Bagi Shi Yuqi, penampilan apiknya di Piala Sudirman 2023 kali ini menjadi modal penting baginya berjuang memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

Setelah Piala Sudirman 2023, Shi Yuqi nantinya akan mengalihkan fokus ke turnamen individu. Dimulai dengan Thailand Open (30 Mei-4 Juni) dan Singapore Open (06-11 Juni 2023).

Atas pencapaian terbarunya pada ranking BWF, Shi Yuqi mendapatkan apresiasi dari para penggemar dan pencinta bulutangkis seluruh dunia.

Sumber: twitter/badminton eropa

BWFChinaAnthony Sinisuka GintingPiala SudirmanBulutangkisShi YuqiBerita BulutangkisKodai Naraoka

Berita Terkini