x

Kim Won-ho, Pebulutangkis Tersibuk di Piala Sudirman 2023

Senin, 22 Mei 2023 15:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis Korea Selatan, Kim Won-ho, layak dinobatkan sebagai pemain tersibuk selama gelaran Piala Sudirman 2023. Mengapa demikian?

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Korea Selatan, Kim Won-ho, layak dinobatkan sebagai pemain tersibuk selama gelaran Piala Sudirman 2023. Mengapa demikian?

Berakhir sudah ajang supremasi beregu campuran bertajuk Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China, pada 14-21 Mei 2023 kemarin.

China, untuk ke-13 kalinya dinobatkan sebagai juara Piala Sudirman setelah mengalahkan Korea Selatan 3 dalam babak final yang berlangsung Minggu (21/05/23).

Ini merupakan gelar ketiga China berturut-turut sejak 20190 sekaligus menegaskan dominasi di turnamen yang pertama kali digelar pada 1989 tersebut.

Ada pun bagi Korea Selatan, hasil ini membuat tim Negeri Gingseng tersebut gagal mengakhiri penantian gelar juara sejak  2017 silam.

Baca Juga

Meski demikian, Korea Selatan tetap boleh berbangga hati karena salah satu pemainnya menjadi sorotan karena fleksibilitasnya di turnamen ini.

Dia adalah Kim Won-ho yang merupakan pemain spesialis ganda setelah memainkan dua sektor berbeda, yakni nomor ganda putra dan ganda campuran.

Baca Juga

Pebulutangkis kelahiran 2 Juni 1999 tersebut berpasangan dengan Choi Sol-gyu dan menduduki peringkat ke-9 dunia di sektor ganda putra.

Sementara di ganda campuran, Kim Won-ho berpasangan dengan Jeong Na-eun juga menduduki peringkat ke-9 dunia.

Melansir dari Badminton Eropa di Twitter, Kim Won-ho selalu menyumbang poin bagi Korea Selatan, sejak babak penyisihan grup hingga semifinal dengan 3 pasangan berbeda.

Baca Juga

1. Kim Won-Ho Cetak Rekor Langka di Piala Sudirman

Ganda putra Korea, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho.

Badminton Eropa mencatat Kim Won-ho telah memenangkan lima pertandingan yang dia mainkan di sepanjang Piala Sudirman 2023.

Dari lima pertandingan tersebut, Kim Won-ho bahkan berhasil mengalahkan dua pasangan nomor 2 dunia dari dua sektor berbeda.

“Sebuah pencapaian! Dia juga mencetak rekor langka dengan mengalahkan dua peringkat dunia dari dua sektor berbeda dalam satu turnamen,” tulis Badminton Eropa.

Dimulai pada laga pertama penyisihan Grup D, Kim Won-ho berpasangan dengan Jeong Na-eun turun di nomor ganda campuran saat Korea Selatan menghadapi Prancis.

Pasangan peringkat 9 dunia tersebut berbuah kemenangan 21-18, 21-17 atas Thom Gicquel/Delphine Delrue. Hasil ini membuka jalan kemenangan 4-1 Korea atas Prancis.

Baca Juga

Sehari setelahnya, Kim Won-ho kembali diturunkan ketika Korea Selatan menghadapi Inggris. Kali ini Kim berpasangan dengan Chae Yu-jung di ganda campuran.

Pasangan dadakan ini menujukkan chemistry-nya dengan mengalahkan Marcus Ellis/Lauren Smith dua set langsung 21-16 dan 21-7. Hasil ini juga membuka kemenangan 4-1 Korea atas Inggris.

Kim Won-ho kembali dipasangkan dengan Jeong Na-eun di laga terakhir penyisihan Grup D antara Korea vs Jepang. Hasilnya, Kim/Jeong menaklukkan Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 19-21, 21-15, 21-5 sekaligus membuka kemenangan 5-0 Korea atas Jepang.

Baca Juga

Di nomor ganda putra, Kim Won-ho dimainkan dengan Na Sung-seung saat Korea menghadapi Chinese Taipei di babak perempat final Piala Sudirman 2023.

Pertandingan Kim Won-ho/Na Sung-seung melawan Lee Yang/Ye Hong Wei berakhir di tengah jalan dengan skor 21-19, 11-3.

Kim Won-ho memainkan laga terakhirnya di semifinal. Dia kembali tampil moncer bersama Na Sung-seung. Kim/Na mengalahkan Juara Dunia 2022 asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 21-12, 21-11.

Usai jadi tulang punggung Korea di Piala Sudirman 2023, Kim Won-ho selanjutnya akan tampil di Malaysia Masters 2023. Namun kali ini Kim Won-ho akan berpasangan dengan Choi Sol-gyu di sektor ganda putra.

Baca Juga
Korea SelatanPiala SudirmanBulutangkisBerita BulutangkisKim Won-ho/Jeong Na-eunKim Won-ho

Berita Terkini