☰
x

Awas Fajar/Rian! Media China Sesumbar Liu/Ou Kudeta Puncak Ranking BWF

Rabu, 31 Mei 2023 17:22 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Media China, Sohu, percaya diri Liu Yuchen/Ou Xuanyi dapat kudeta peringkat satu ranking BWF yang bisa menjadi ancaman bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM – Media China, Sohu, percaya diri Liu Yuchen/Ou Xuanyi dapat kudeta peringkat satu ranking BWF yang bisa menjadi ancaman bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Diketahui, terdapat beberapa perubahan ranking BWF di sektor ganda putra. Liu Yuchen/Ou Xuanyi berhasil cetak sejarah merangkak ke peringkat 2.

Liu Yuchen/Ou Xuanyi berhasil menggeser posisi Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang turun ke posisi ketiga usai gagal mempertahankan poin Malaysia Masters 2023.

Liu/Ou sendiri berhasil mengoleksi 77.808 poin usai ikut serta dengan skuat China yang berhasil meraih gelar juara di Piala Sudirman 2023.

Dengan caatatan ini, Liu Yuchen/Ou Xuanyi semakin dekat perolehan poin dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di posisi puncak ranking BWF.

Baca Juga

Berhasil mencapai ranking tertinggi di sejak dipasangkan pada 2022 lalu, Media China, Sohu, lantas sesumbar dapat mencapai peringkat satu menggantikan Fajar/Rian.

“Di nomor ganda putra, pasangan Indonesia Alfian/Ardianto masih menempati peringkat pertama. Liu Yuchen/Ou Xuanyi berhasil ke posisi kedua dan bisa saja menggeser mereka (Fajar/Rian),” tulis Sohu.

Baca Juga

Bukan hal yang mustahil jika Liu/Ou dapat menggeser Fajar/Rian di posisi puncak ranking BWF karena ganda putra China ini memiliki tren baik dalam beberapa turnamen bulutangkis.

Belum lama dipasangkan, Liu/Ou sukses mengoleksi tiga gelar juara yakni di BWF World Tour Finals, Australian Open, dan Indonesia Open 2022.

Tentu, hal ini menjadi ancaman bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang baru saja terhenti di babak pertama Malaysia Masters 2023.

Baca Juga

1. Hati-hati Fajar/Rian

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Foto: PBSI.

Seperti diketahui, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi ganda putra nomor satu dunia terhitung sejak Desember 2022.

Selain Fajar/Rian, dua ganda putra Indonesia juga berhasil tembus top 10 ranking BWF yakni Ahsan/Hendra (8) dan Leo/Daniel (9).

Namun, ganda putra yang akrab dijuluk FajRi ini harus waspada. Pasalnya, ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi semakin menunjukkan peningkatan dari segi ranking BWF.

Apalagi performa Fajar/Rian bisa dibilang kurang maksimal dalam beberapa turnamen terakhir usai menyabet gelar di All England 2023.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto selalu terhenti di babak perempat final dua turnamen setelah All England 2023 yakni di Spain Masters dan Badminton Asia Championships.

Baca Juga

Sementara di turnamen terakhir, Fajar/Rian harus terhenti langkahnya di babak 32 besar Malaysia Masters dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Oleh sebab itu, meski masih terpaut jauh untuk Liu Yuchen/Ou Xuanyi menggeser posisi puncak, Fajar/Rian harus tetap hati-hati dan harus kembali mengembalikan performa seperti di awal musim.

Baca Juga

Turnamen selanjutnya yang bakal diikuti FajRi dan Liu/Ou adalah Singapore Open 2023 yang digelar pada 6 hingga 11 Juni mendatang.

Di Singapore Open 2022 sendiri Fajar/Rian berhasil melaju hingga final meski akhirnya gagal juara usai takluk dari rekan senegara, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sementara Liu Yuchen/Ou Xuanyi sendiri terhenti di babak pertama pada Singapore Open 2022 dari Fajar/Rian.

Tentu, jika berhasil melaju lebih jauh di edisi kali ini akan menjadi kesempatan mereka untuk mendongkrak poin ranking BWF.

Baca Juga

Sumber: Sohu

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisLiu Yuchen/Ou XuanyiRanking BWF

Berita Terkini