x

2 Legenda Resmi Pensiun, Oma Gill Bongkar Statistik di Luar Nalar Bulutangkis China

Jumat, 2 Juni 2023 14:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Gillian Clark atau Oma Gill membongkar statistik mengerikan para atlet bulutangkis China yang putuskan pensiun termasuk Wang Yi Lyu dan Du Yue.

INDOSPORT.COMGillian Clark atau Oma Gill membongkar statistik mengerikan para atlet bulutangkis China yang memutuskan pensiun, termasuk Wang Yilyu dan Du Yue.

BWF baru-baru ini mengumumkan dua pebulutangkis China spesialis ganda, Wang Yilyu dan Du Yue resmi gantung raket pada Kamis (1/6/23).

“Wang Yilyu dan Du Yue ucapkan selamat tinggal” tulis pengumuman BWF.

Meski demikian, BWF tidak menjelaskan secara detail alasan di balik keputusan kedua pebulutangkis China itu pensiun.

Pensiunnya Wang Yilyu dan Du Yue tentu menarik banyak perhatian mengingat keduanya bisa dibilang masih dalam performa terbaiknya.

Baca Juga

Termasuk Oma Gill selaku komentator kondang BWF, yang membeberkan fakta unik sekaligus statistik mengerikan pebelutangkis China.

Sekadar informasi, Wang dan Du menjadi pebulutangkis kelima dan keenam yang memutuskan untuk pensiun dari bulutangkis.

Baca Juga

Sebelumnya ada Chen Long, Zhang Nan, Liu Cheng dan Li Junhui yang lebih dulu memutuskan pensiun, dan melakukan seremoni perpisahan di Piala Sudirman 2023.

Oma Gill sendiri mebeberkan statistik mencengangkan dari keenam pemain yang putuskan pensiun.

Oma Gill menjabarkan bahwa dari keenam pemain tersebut yakni Chen Long, Zhang Nan, Liu Cheng, Li Junhui, Wang Yilyu dan Du Yue memiliki catatan di luar nalar.

Baca Juga

1. Statistik di Luar Nalar 6 Legenda China

Pebulutangkis tunggal putra andalan China, Chen Long putuskan pensiun.

Melalui cuitannya, Oma Gill menjelaskan bahwa pensiun dininya Chen Long, Zhang Nan, Liu Cheng, Li Junhui, Wang Yilyu dan Du Yue membawa prestasi mencengangkan.

Jika prestasi keenamnya digabungkan, maka total sudah ada delapan medali Olimpiade yang diraih, dengan rincian empat medali emas, dua perak dan dua perunggung.

Selain itu keenamnya juga sudah meraih 21 medali Kejuaraan Dunia Bulutangkis, rinciannya yakni delapan medali emas, dua perak dan 11 perunggu.

Tak hanya itu, catatan mengejutkan lain ialah jika digabungkan keenamnya sudah memiliki 128 gelar di turnamen internasional dari 230 final yang dilakoni.

Sebanyak 128 gelar tersebut sudah mencakup semua level turnamen dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Super Series, Grand Prix Gold, Tur Dunia, International Challenge dan lainnya.

Baca Juga

Jika dihitung selama 11 tahun dari era Super Series (SS) dan Grand Prix Gold (GPG), ada 142 ajang SS dan 108 GPG , atau total ada 250 event SS/GPG.

Jadi total mereka meraih 128 gelar dari 230 final. Enam pemain China yang baru saja pensiun ini memenangi pertandingan secara equivalent lebih dari 50 persen dari jumlah turnamen yang diadakan selama era SS & GPG.

Baca Juga

Pencapaian Chen Long, Zhang Nan, Liu Cheng, Li Junhui, Wang Yi Lyu dan Du Yue yang memutuskan pensiun muda pun membuat Badminton Lovers (BL) merasa takjub.

“Mereka benar-benar monster saat di lapangan” @ul******

“Cuma berlaku di China” @im******

Baca Juga

“CBA (Asosiasi Bulutangkis China) bukan kaleng-kaleng” @fe*******

“A Class of Legends” @Wa******

ChinaWang Yilyu/Huang DongpingBulutangkisBerita BulutangkisDu Yue/Li YinhuiGillian Clark

Berita Terkini