x

Termasuk Wang Xiaoli, 8 Superstar Bulutangkis Putri China yang Putuskan Pensiun Dini

Jumat, 2 Juni 2023 17:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Wang Xiaoli, legenda bulutangkis China.

INDOSPORT.COM – Terdapat delapan superstar bulutangkis putri China yang memutuskan pensiun dini salah satunya Wang Xiaoli.

Baru-baru ini dunia bulutangkis tengah digemparkan dengan pensiunnya Wang Yilyu dan Du Yue pada Kamis (1/6/23) malam WIB.

Nama Du Yue pun mengejutkan banyak pihak, mengingat dirinya terhitung masih muda yakni berusia 25 tahun namun sudah memutuskan untuk gantung raket.

Meski demikian, Du Yue bukan satu-satunya pebulutangkis putri asal China yang memutuskan untuk pensiun muda.

Menurut informasi tambahan dari Badminton Lovers (BL), @ghfrrr_ di Twitter, setidaknya ada delapan pebulutangkis China yang pensiun dini meski sedang di puncak kariernya selain Du Yue.

Baca Juga

Delapan pebulutangkis putri China tersebut ialah Wang Xiaoli yang pensiun pada usia 26 tahun, lalu Wang Shixian (26), Bao Yixin (25), Huang Sui (25).

Lalu Yu Xiaohan yang gantung raket pada usia 25 tahun, Wang Lin (24), Li Yinhui (24) dan terakhir Tang Yuanting yang menjadi yang termuda alias pensiun pada 22 tahun.

Baca Juga

Rata-rata atlet yang pensiun di usia muda sebagian besar karena harga diri yang tinggi. Beberapa ada yang merasa sudah tidak seproduktif seperti saat di masa jayanya, belum lagi cedera yang biasanya menjadi penghalang besar.

Contohnya saja Wang Xiaoli sendiri merupakan superstar yang bermain di ganda putri bersama Ma Jin dan Yu Yang, serta pernah menduduki peringkat 1 di ranking BWF pada 22 Mei 2014.

Wang Xioli juga berhasil meraih semua medali, dengan rincian dua medali emas di Kejuaraan Dunia 2011 dan 213, dua medali perak pada 2010 dan 214, serta perunggu di 2009. Namun ia hanya salah satu dari deretan pemain putri China yang pensiun dini seperti Du Yue.

Baca Juga

1. Alasan Putuskan Pensiun Diusia Belia

Ou Dongni (belakang kiri) dan Yu Xiaohan.

Wang Xioli sendiri memutuskan pensiun sebagai pebulutangkis profesional karena mengalami cedera yang tak kunjung pulih, dan diumumkan pada Desember 2015.

Lalu Wang Shixian yang pernah menjadi tunggal putri peringkat 1 pada 13 Januari 2011, namun istri Chen Long ini putuskan pensiun pada 2016, karena dilaporkan mengejar studinya untuk gelar master di Beijing Sport University serta usai gagal lolos Olimpiade 2016.

Bao Yixin yang sempat menduduki peringkat pertama di ganda putri (23 Oktober 2014) dan posisi kedua (3 Desember 2015) itu pensiun pada 2017 namun tak diketahui secara pasti alasannya pensiun.

Huang Sui sendiri dikenal sebagai ratu ganda putri pada masanya, namun ia putuskan pensiun diusia muda dan mengundurkan diri dari CBA pada 2007 karena ingin merawat ayahnya yang menderita kanker.

Yu Xiaohan juga putuskan pensiun diusia muda, pemain peringkat kesembilan yang jadi posisi tertinggi di ranking BWF ganda putri gantung raket pada 2019 dan tidak diketahui secara rinci alasannya.

Baca Juga

Wang Lin sendiri putuskan untuk pensiun karena dikabarkan mengalami cedera lutut parah yang membuat dirinya tak bisa bermain seperti biasanya.

Sedangkan Li Yinhui juga menjadi salah satu pebulutangkis yang pensiun muda pada usia 24 tahun pada 2022 karena mengalami kelainan jantung.

Baca Juga

Terakhir ada Tang Yuanting selaku pebulutangkis termuda yang pensiun pada 22 tahun atau pasca Olimpiade 2016 usai.

Tang Yuanting dikabarkan pensiun untuk menghindari hukuman yang diberikan BWF kepada pebulu tangkis yang mangkir dari pertandingan.

Baca Juga
ChinaWang ShixianBulutangkisBerita BulutangkisDu Yue/Li YinhuiYu Yang/Wang Xiaoli

Berita Terkini