x

Makin Diakui Dunia, Dewa Hendra Setiawan Jadi Diplomat Bulutangkis di Singapore Open

Minggu, 4 Juni 2023 16:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra veteran Indonesia, Hendra Setiawan, makin memantapkan namanya di dunia usai resmi didapuk sebagai diplomat bulutangkis jelang Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra veteran Indonesia, Hendra Setiawan, makin memantapkan namanya di dunia usai resmi didapuk sebagai diplomat bulutangkis jelang Singapore Open 2023.

Selepas Thailand Open 2023, BWF akan melanjutkan seri World Tour 2023 dengan menggelar Singapore Open pada 6-11 Juni 2023 di Singapore Indoor Stadium.

Tiga hari menjelang turnamen tersebut, Sabtu (03/06/23), tuan rumah menggelar “Badminton Diplomacy” di Santec Convention Center Hall, sebagaimana dilansir dari Badpal.net.

Acara ini turut mengundang tiga bintang bulutangkis legendaris, yakni pemain ganda putra veteran Indonesia Hendra Setiawan, legenda Korea Selatan Yoo Young-sung, dan legenda Jepang, Hiroyuki Endo.

Acara “Badminton Diplomacy” tersebut diprakarsai oleh menteri Singapura, Maliki Osman, dan dihadiri perwakilan Kedutaaan Besar Malaysia, Indonesia, Polandia, Korea Selatan, Jepang dan beberapa negara lain.

Baca Juga

Selain mengundang tiga legenda bulutangkis dunia, acara ini juga dihadiri Juara Dunia 2022 Loh Kean Yew dan mantan pemain timnas, Derek Wong.

Peran Hendra Setiawan sangat vital dalam acara ini. Bersama dengan Endo dan Young-sung, ketiga sosok ini menyampaikan pesan sportivitas pertandingan kepada penonton.

Baca Juga

Selain itu, mereka juga memberi nasihat kepada anak muda di Singapura yang bermimpi menjadi atlet bulutangkis di masa depan.

Kehadiran Yoo Young-sung, Hiroyuki Endo sendiri nantinya bakal memberikan dukungan untuk atlet negara asal mereka di ajang Singapore Open 2023.

Ada pun Hendra Setiawan akan mengambil bagian di acara ganda putra Singapore Open 2023 bersama pasangan mainnya, Mohammad Ahsan.

Baca Juga

1. Kejar Poin Olimpiade Paris 2024

Ganda Indonesia, Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil melaju ke babak kedua Indonesia Master 2022 usai mengalahkan pasangan Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede 21-12 dan 21-19 di Istora Senayan, Selasa (07/06/22).

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan akan memulai perjuangannya di Singapore Open 2023 dengan menghadapi wakil Chinese Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan di babak 32 besar.

Singapore Open 2023 akan menjadi pertemuan ketiga bagi Hendra/Ahsan melawan Lee/Yang dengan The Daddies unggul head to head 2-1 atas lawan. .

Kemenangan terakhir Hendra/Ahsan atas Lee/Yang terjadi di babak 16 besar Malaysia Masters 2023, di mana mereka menang dua set langsung 21-17, 21-14.

Ini akan menjadi turnamen kedua yang diikuti Hendra/Ahsan dalam rangka memperjuangan poin untuk menembus kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Dipahami. Hanya akan ada dua wakil setiap negara di 8 besar klasemen Race to Paris yang bisa lolos ke ke pesta olahraga empat tahunan tersebut tahun depan.

Baca Juga

Sejauh ini, Hendra/Ahsan sudah memulainya sejak Malaysia Masters meski mereka harus terhenti di babak perempat final usai kalah dari Man Wei Chong/Tee Kai Wun dari Malaysia.

Beberapa waktu lalu, Hendra Setiawan juga mengungkapkan alasannya masih ingin bersaing memperebutkan tiket menuju Olimpiade Paris 2024 bersama Mohammad Ahsan.

Baca Juga

“Kami akan lebih fokus di setiap turnamen karena menurut saya, lebih baik dari awal (kualifikasi) bisa mendapatkan hasil yang baik sehingga bisa lolos lebih cepat,” ujar Hendra kepada Daddies Archive

“Motivasi terbesar saya adalah mendapatkan medali olimpiade bersama Ahsan” sambung pemain berusia 39 tahun tersebut.

Sekadar informasi, Hendra Setiawan sendiri sudah pernah meraih medali emas saat berpasangan dengan almarhum Markis Kido di Olimpiade 2008 silam.

Baca Juga
Hendra SetiawanHendra Setiawan/Mohammad AhsanBulutangkisSingapore OpenBerita Bulutangkis

Berita Terkini