x

Cuci Tangan Kisruh Taufik Hidayat-Lee Chong Wei, Cara Bijak Lin Dan Sikapi Hall of Fame BWF

Rabu, 7 Juni 2023 14:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Legenda Bulutangkis China, Lin Dan, mengungkapkan pesan bijak setelah resmi masuk dalam daftar Hall of Fame BWF.(Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

INDOSPORT.COM - Legenda Bulutangkis China, Lin Dan, mengungkapkan pesan bijak setelah resmi masuk dalam daftar Hall of Fame BWF.

Lin Dan (China) bersama rivalnya Lee Chong Wei (Malaysia) diketahui mendapatkan penghargaan dari BWF dengan masuk Hall of Fame pada 26 Mei 2023 kemarin.

Tak sembarang atlet bulutangkis bisa masuk Hall of Fame. Penghargaan diberikan kepada insan bulutangkis yang dianggap memiliki prestasi maupun jasa besar terhadap perkembangan olahraga itu.

Lee Chong Wei dan Lin Dan yang  mendominasi sektor tunggal putra di era yang sama, menjadi salah satu alasan Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer, memberikan penghargaan pada mereka.

Akan tetapi masuknya dua member Big Four Kings tunggal putra bulutangkis tersebut menimbulkan polemik, khususnya dialami olah Lee Chong Wei.

Baca Juga

Polemik tersebut berawal dari kritikan legenda Indonesia, Taufik Hidayat, yang mempertanyakan kelayakan Lee Chong Wei mendapat Hall of Fame padahal tidak pernah juara Olimpiade.

Torehan Lee Chong Wei hanya tiga kali medali perak Olimpiade, sedangkan Taufik Hidayat mendapat satu medali emas Olimpiade Athena dengan Lin Dan dua kali juara di Beijing dan London.

Baca Juga

Menanggapi kritikan Taufik Hidayat ini, BWF memberikan pernyataan tegas bahwa Lee Chong Wei layak mendapatkan anugerah ini karena prestasi dan kontribusinya untuk bulutangkis.

Seolah-olah tak mau memanaskan situasi tersebut, Lin Dan mengaku sangat menghargai anugerah Hall of Fame yang diberikan oleh BWF sebagaimana dilansir dari Aiyuke.

Selain itu, Lin Dan menyatakan bahwa penghargaan ini akan dia persembahkan kepada Asosiasi Bulutangkis China (CBA) yang sudah menjadi wadah untuk dirinya berprestasi selama kariernya.

Baca Juga

1. Lin Dan Akan Mengabdi untuk Bulutangkis China

Lee Chong Wei dan Lin Dan terima penghargaan Hall of Fame BWF. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

Setelah Lin Dan dilantik ke dalam Hall of Fame, dia menyebutkan berkali-kali ucapan terima kasihnya kepada tim bulu tangkis China. Berkat karier 20 tahun di tim nasional, dia memperoleh banyak hal.

Lin Dan menyebutkan salah satu jasa terbesar CBA adalah ketika dirinya kandas di babak awal Olimpiade Athena 2004. CBA memberinya suntikan mental agar jangan menyerah.

Hasilnya, Lin Dan benar-benar bangkit pada dua edisi Olimpiade berikutnya. Dirinya berhasil meraih medali emas di Beijing 2008 dan London 2012 semuanya menang atas Lee Chong Wei.

“Saya selalu merasa bahwa jika saya hanya memenangkan kejuaraan, itu mungkin kemampuan pribadi saya, tetapi karier saya bisa bertahan selama 20 tahun, itu pasti karena saya di tim bulu tangkis Tiongkok,” tutur Lin Dan.

“Keluarga besar ini telah banyak membantu dan mendukung saya, pada tahun 2004 setelah kekalahan di Olimpiade Athena, saya masih tidak menyerah.”

Baca Juga

“Banyak anggota staf dan pelatih memberi saya banyak bantuan, membiarkan saya keluar dari juarang dalam secepat mungkin, dan membiarkan saya tahu kekuatan tim,” kenang Lin Dan.

Lin Dan, yang lahir di Fujian pada 1983, bergabung di tim nasional China sejak 2000 dan memutuskan gantung raket pada 2020 silam.

Baca Juga

Selama  20 tahun kariernya, Lin Dan memenangkan 20 gelar turnamen internasional. Dia juga memenangkan Kejuaraan Dunia 5 kali, 2 kali Piala Dunia, empat kali Juara Asia, 3 kali Asian Games,  sekali emas SEA Games.

Selain itu, Lin Dan sangat berjasa dalam mempertahankan dominasi China di turnamen beregu putra dan campuran, yakni memenangkan 6 kali trofi Piala Thomas dan 5 kali trofi Piala Sudirman.

Setelah pensiun, Lin Dan melakukan banyak pekerjaan promosi bulutangkis, melibatkan pelatihan untuk anak muda, dan jelajah kampus untuk pengenalan bulutangkis.

Baca Juga
Lee Chong WeiChinaLin DanTaufik HidayatBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)BWF Hall of Fame

Berita Terkini