x

Gagal Total di Singapore Open, Herry IP Bongkar Habis Kelemahan Ganda Putra Indonesia

Jumat, 9 Juni 2023 16:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Herry IP memberikan kalimat menohok usai ganda putra Indonesia termasuk Leo/Daniel gagal total di ajang bulutangkis Singapore Open 2023.

INDOSPORT.COMHerry IP memberikan kalimat menohok usai ganda putra Indonesia termasuk Leo/Daniel keok di ajang bulutangkis Singapore Open 2023.

Indonesia dipaksa harus gigit jari karena asa meraih gelar di nomor ganda putra harus sirna, usai semua wakilnya tersingkir di Singapore Open 2023.

Sektor ganda putra memang menjadi salah satu nomor yang diandalkan untuk meraih gelar juara di ajang Super 750 tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia mengirimkan enam pasangan ganda putra sekaligus yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Lalu ada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Baca Juga

Namun sayangnya, Fajar/Rian tersingkir di babak pertama. Kemudian empat wakil lainnya, Kevin/Marcus, Ahsan/Hendra, Pramudya/Yeremia dan Bagas/Fikri terhenti di babak kedua Singapore Open 2023.

Sedangkan Leo/Daniel menjadi salah satu dari dua wakil Indonesia selain Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil lolos ke babak perempat final.

Baca Juga

Namun sayangnya, Leo/Daniel tidak bisa melanjutkan asa untuk lolos ke babak selanjutnya, karena kalah dari unggulan ketiga asal Malaysia yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Leo/Daniel kalah lewat pertandingan ketat yang berakhir dengan skor 21-18, 16-21 dan 20-22 dari Aaron/Wooi Yik di perempat final pada Jumat (09/06/23).

Di saat banyak yang merasa kecewa atas kekalahan ganda putra Indonesia, terutama Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Herry IP malah memberikan kalimat menohok untuk para haters usai anak didiknya semuanya tersingkir di Singapore Open 2023.

Baca Juga

1. Herry IP Tetap Apresiasi Penampilan Ganda Putra Indonesia

Pelatih bulutangkis Indonesia, Herry IP.

Herry IP sendiri selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI tetap memberikan apresiasi kepada para anak didiknya meski semuanya tersingkir di Singapore Open 2023.

Salah satunya ialah membongkar alasan mengapa Leo/Daniel bisa tersingkir dan tetap memberikan pujian meski hasilnya kurang baik.

“Performa Leo/Daniel di pertandingan ini saya katakan memang cukup baik. Walau kalah, secara head-to-head dengan lawan, Leo/Daniel memang sering menang-kalah,” kata Herry IP.

“Karena dua kesalahan Leo/Daniel dalam teknik pukulan atau buangan bola di poin-poin akhir, lawan malah bisa menang. Padahal dari segi keterampilan dan teknik, bisa dikatakan seimbang. Tadi lawan juga mendapat keberuntungan saat shuttlecock bergulir di net,” tambahnya.

Herry IP juga mengatakan bahwa Leo/Daniel telah tampil luar biasa dan bahkan bisa memberikan perlawanan. Namun dirinya tak menampik bahwa penampilan apiknya tidak dibarengi oleh hasil apik.

Baca Juga

Lebih lanjut Herry IP juga menyoroti ganda putra lainnya yang sudah tersingkir, dan mengatakan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak didiknya tersingkir lebih cepat.

“Performa para pemain yang lain, juga lagi tidak bagus di Singapore Open. Setiap pemain memiliki kendalanya yang berbeda dan tidak sama. Ada kendala cedera, gerakan jadi tidak cepat, ada juga faktor usia, dan performanya lagi menurun. Ini memang harus dipikir matang, tidak bisa dipaksakan,” ucapnya.

Baca Juga

Herry IP juga mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya berharap pada hasil melainkan melihat proses yang telah ditunjukkan oleh para pemain ganda putra.

“Kami tidak saja harus mengejar hasil tetapi juga jangan lupakan prosesnya. Masih banyak turnamen di depan. Saat kalah, jangan panik dan harus dicari apa penyebabnya. Bila menang, ya disyukuri dan tetap harus dievaluasi,”

“Setelah ini, pemain akan tampil ke Indonesia Open. Semoga dengan dukungan penonton, para pemain lebih termotivasi dan lebih bersemangat lagi untuk tampil lebih baik di Jakarta. Semoga semua pemain bisa tampil maksimal dan bisa juara,” jelasnya.

Selanjutnya skuat Garuda akan tampil di turnamen kandang Indonesia Open 2023 yang berlangsung pada 13-18 Juni 2023 di Istora, Jakarta.

Baca Juga
Herry IPBulutangkisSingapore Open

Berita Terkini