x

Prediksi Ranking BWF usai Singapore Open: Minions Naik, Fajar/Rian Rawan Tergusur

Senin, 12 Juni 2023 11:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto rawan tergusur di ranking BWF paska Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Prediksi ranking BWF usai Singapore Open 2023 semakin sengit, khususnya di sektor ganda putra. Minions naik satu tingkat, Fajar/Rian rawan tergusur.

Indonesia berhasil mengamankan satu gelar juara dari ajang Singapore Open 2023, yakni di sektor tunggal putra, dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan kualitasnya sebagai peringkat 2 di ranking BWF, Anthony Sinisuka Ginting pun berhasil menjegal Anders Antonsen di final dengan cukup mudah, skor 21-16, 21-13.

Anthony Ginting mendapat tambahan 11.000 poin, sehingga kini mengantongi 86.211 poin. Ia semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu tunggal terbaik dunia.

Sementara di posisi puncak masih dihuni oleh Viktor Axelsen asal Denmark, yang kini mengumpulkan total 103.005 poin, meski ia tak berpartisipasi di Singapore Open 2023.

Baca Juga

Beranjak ke sektor ganda putra, terdapat perubahan yang sangat signifikan. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gugur di babak pertama Singapore Open 2023 lalu.

Fajar/Rian memang masih bertahan sebagai ganda putra nomor satu di ranking BWF, dengan koleksi 94.379 poin. Namun posisi mereka rawan disalip Liang Wei Keng/Wang Chang.

Baca Juga

Pasangan ganda putra asal China, Liang Wei Keng/Wang Chang tampil konsisten tahun ini, dan lolos ke final Singapore Open 2023. Kini mereka mengoleksi 83.091 poin.

Jika Fajar/Rian kembali gugur di babak awal Indonesia Open 2023, sementara Liang Wei Keng/Wang Chang masih konsisten, maka posisi Fajar/Rian akan disalip pekan depan.

Persaingan akan semakin ketat, karena Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) juga sedang dalam tren positif di ranking BWF.

Baca Juga

1. Minions Naik, Ganda Putra Makin Ketat

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon naik di ranking BWF. (Foto: PBSI)

Masih dari sektor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tetap di peringkat 8 ranking BWF, disusul Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di peringkat 10 besar.

Pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga konsisten di peringkat ke-13 ranking BWF, disusul Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di urutan ke-15.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon alias Minions naik satu tingkat dari sebelumnya, setelah bermain di 16 besar Singapore Open 2023.

Demikian pula dengan Pramudya/Yeremia, pasangan muda yang bermain di 16 besar, naik satu tingkat ke 25 besar ranking BWF.

Dari sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung masih tertahan di posisi ke-9. Tapi ia berpeluang besar menyalip Ratchanok Intanon di 8 besar.

Baca Juga

Sayangnya, ada penurunan di sektor ganda putri. Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti turun ke posisi 6 ranking BWF, disalip Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Penurunan ini juga dirasakan oleh Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di posisi ke-12, digusur oleh Mathias/Boje yang baru saja menjuarai Singapore Open 2023.

Baca Juga

Saling sikut juga terjadi di ganda campuran. Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja berada di urutan ke-15, sementara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas kini naik ke peringkat 16.

Kejutan juga diberikan oleh Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, yang meroket naik lima peringkat menuju ranking 28 dunia.

Ranking BWF akan terus berubah di setiap pekan. Para pemain Merah Putih ditantang untuk meningkatkan capaian mereka di Indonesia Open 2023, 13-18 Juni nanti.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoRian Ardianto/Fajar AlfianKevin Sanjaya/Marcus GideonMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianBulutangkisSingapore OpenBerita BulutangkisLiang Wei Keng/Wang ChangRanking BWF

Berita Terkini