x

Tommy Sugiarto, sang Titisan Icuk Sugiarto bak Anak Tiri di Taipei Open 2023

Rabu, 21 Juni 2023 09:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, sempat ketinggalan di daftar nama kontestan Taipei Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Tommy Sugiarto seolah jadi anak tiri di Taipei Open 2023, padahal ia punya potensi mengulangi kejayaan 12 tahun silam, saat naik podium tertinggi.

Turnamen bulutangkis Taipei Open 2023 dilangsungkan pada 20-25 Juni 2023, bertempat di Tian-Mu Arena, University of Taipei, live streaming di Youtube BWF TV.

Baca Juga

Ada alasan khusus mengapa Tommy Sugiarto terasa seperti seorang anak tiri. Pasalnya, namanya tidak tertulis dalam rilis resmi PBSI soal pemain yang diboyong ke Taipei Open.

PBSI hanya menuliskan nama Chico Aura Dwi Wardoyo sebagai pemain tunggal putra Indonesia yang tampil di Taipei Open 2023, padahal Tommy Sugiarto juga terdaftar.

Alhasil, PBSI akhirnya membuat klarifikasi bahwa nama Tommy Sugiarto terlewat, dan pebulutangkis peringkat 95 di ranking BWF itu tetap akan bertanding di Taipei Open.

Baca Juga

"Mohon maaf ada kekurangan di sektor tunggal putra, di mana Tommy Sugiarto juga ikut turun berlaga," klarifikasi PBSI melalui kolom komentar di Instagram, tetapi tidak merevisi poster yang dirilis.

Jika dibandingkan dengan tunggal putra lainnya, Tommy Sugiarto sejatinya memiliki potensi besar untuk naik podium, sebab ia pernah menjuarai Taipei Open 2011 silam.

Baca Juga

Bahkan, setelah Tommy Sugiarto, belum ada lagi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang bisa menjadi juara Taipei Open. Kini sudah 12 tahun belum ada penerusnya.

Kala itu, Tommy Sugiarto berjuang bersama beberapa pemain tenar Indonesia, seperti Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Sony Dwi Kuncoro, hingga Alamsyah Yunus.

Tommy melaju ke babak final usai menjegal Sony Dwi Kuncoro. Di partai puncak, anak Icuk Sugiarto itu menaklukkan Tanongsak Saensomboonsuk dari Thailand, dan keluar sebagai juara.

Baca Juga

1. Kisah Ayah dan Anak di Taipei Open 2023

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, turut berjuang di Taipei Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Meski sempat ketinggalan oleh PBSI di daftar nama peserta Taipei Open 2023, Tommy Sugiarto memiliki catatan rekor yang mengagumkan.

Tommy Sugiarto pernah menjuarai Taipei Open 2011, sekaligus meneruskan jejak sang ayah, Icuk Sugiarto, yang pernah menjuarai Taipei Open 1983 dan 1988.

Tahun ini, Tommy berpeluang untuk meraih trofi kedua dari Taipei, seperti sang ayah yang dua kali naik podium tertinggi.

Di babak pertama, Tommy Sugiarto akan menghadapi Chen Chi Ting asal Taipei. Jika lolos ke babak kedua, ia berpotensi bersua pemain unggulan, Prannoy HS, asal India.

Tommy juga berpotensi bertemu pemain unggulan lainnya seperti Ng Ka Long Angus, Chou Tien Chen, hingga Kenta Nishimoto jika lolos ke babak berikutnya.

Baca Juga

Ada pula kemungkinan Tommy bertemu sesama pemain Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo. Meski berat, anak dari Icuk Sugiarto itu unggul dalam hal pengalaman.

Selain Tommy, sejatinya masih ada pemain Indonesia yang berpotensi untuk menjuarai Taipei Open 2023, meneruskan jejak sang ayah. Ia adalah Rehan Naufal Kusharjanto.

Baca Juga

Diketahui, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati turun di sektor ganda campuran Taipei Open 2023, sebagai unggulan kedua.

Ayah dari Rehan, yakni Tri Kusharjanto pernah menjuarai Taipei Open 2002, saat berduet dengan Emma Ermawati di sektor ganda campuran.

Dengan statusnya sebagai ganda campuran terbaik Indonesia dan pemilik peringkat 12 di ranking BWF, Rehan/Lisa diunggulkan dalam perebutan gelar di Taipei Open 2023.

Baca Juga
Tommy SugiartoIcuk SugiartoBulutangkisBerita BulutangkisTri KusharjantoRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiTaipei OpenTaipei Open 2023

Berita Terkini