x

Kejuaraan Asia Junior: Tengil Lawan Wakil China, Alwi Farhan Diledek Christian Adinata

Minggu, 9 Juli 2023 15:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, mendapat ledekan dari Christian Adinata usai menghadapi wakil China di ajang beregu Badminton Asia Junior Championships. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, mendapat ledekan dari Christian Adinata usai menghadapi wakil China di ajang beregu Badminton Asia Junior Championships 2023.

Alwi Farhan diturunkan sebagai tunggal putra pertama di laga kedua Grup A babak penyisihan grup Kejuaraan Asia Junior antara Indonesia vs China.

Tampil di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (09/07/23), Alwi Farhan berhadapan dengan tunggal putra China, Hu Zhe An.

Setelah saling sikut di set pertama yang dimenangkan Alfi Farhan dengan skor 21-19, Alwi Farhan menang lagi di set kedua dengan skor 21-11 dalam tempo 46 menit.

Pertandingan itu sendiri berlangsung sangat seru. Terdapat beberapa momen di mana Alwi Farhan terlibat psywar dengan Hu Zhe An.

Baca Juga

Kapten tim bulutangkis Indonesia tersebut menunjukkan mentalitasnya saat pemain China sempat mengulur-ulur waktu dengan meminta penanganan medis saat tertinggal 7-0.

Hu bisa mendapatkan angka berkat aksi tersebut namun Alwi Farhan tak kekurangan akal dengan membalas aksi yang sama hingga dirinya unggul 11-4.

Baca Juga

Menuju detik-detik kemenangan, Alwi Farhan hanya melakukan dorongan kecil dari servis Hu untuk menyeberangkan shuttlecock di dekat net.

Aksi tak terduga Alwi Farhan ini pun membuat Hu terkejut membuat pengembalian shuttlecocknya menyangkut net.

Permainan Alwi Farhan tak pelak mengundang decak kagum pada pendukung dan juga seniornya sesama tunggal putra di pelatnas PBSI, Christian Adinata.

Baca Juga

1. Alwi Farhan Bawa Indonesia Juara Grup

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, jelang SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Melalui akun Twitter-nya, Christian Adinata menyamakan permainan Alwi Farhan seperti badut mampang saking menghiburnya.

“Atraktif sekali Alwi, seperti badut mampang,” tulis Christian Adinata.

Ya. Alwi Farhan memang menunjukkan permainan berbeda dibandingkan permainan tunggal putra Indonesia lainnya yang dikenal kalem dan menegangkan.

BL bahkan menduga permainan Alwi Farhan tertular ketengilan pada pemain ganda putra seperti Kevin Sanjaya, Mohammad Ahsan atau juga Daniel Marthin.

Sementara itu, kemenangan Alwi Farhan ini membawa Indonesia berbalik unggul atas China 2-1, setelah sebelumnya kedudukan sempat imbang 1-1.

Baca Juga

Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu menyumbang angka pertama untuk Indonesia namun China membalas usai wakilnya mengalahkan Mutiara Ayu Puspitasari.

Indonesia kemudian meraih dua poin berikutnya berkat kemenangan di nomor ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani dan ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin.

Baca Juga

Dengan demikian, Indonesia mengalahkan China 4-1 dan lolos ke babak perempat final Badminton Asia Junior Championships sebagai juara A.

Menurut hasil drawing, tim bulutangkis junior Indonesia akan dipertemukan dengan India yang mampu lolos ke babak yang sama sebagai runner-up Grup C di belakang Malaysia.

India bisa dibilang tim yang patut diwaspadai karena mereka mampu meraih dua kemenangan sempurna atas Bangladesh dan Hong Kong sebelum dihajar Malaysia dengan skor 5-0.

Baca Juga
Jawa BaratBulutangkisChristian AdinataAlwi FarhanKejuaraan Asia Junior

Berita Terkini