☰
x

Ranking WTA Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Melejit Usai Wimbledon 2023

Jumat, 14 Juli 2023 18:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi diambang mencetak rekor ranking WTA tertinggi dalam kariernya usai tampil memuaskan di ajang Grand Slam Wimbledon 2023.

INDOSPORT.COM - Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi diambang mencetak rekor ranking WTA tertinggi dalam kariernya usai tampil memuaskan di ajang Grand Slam Wimbledon 2023.

Aldila Sutjiadi baru saja mengharumkan bangsa setelah menjadi petenis Indonesia pertama yang mencapai semifinal Wimbledon 2023.

Petenis berusia 28 tahun tersebut lolos ke semifinal nomor ganda campuran Wimbledon bersama pemain berpaspor Belanda, Matwe Middelkoop.

Sayangnya, langkah Aldila Sutjiadi/Matwe Middelkoop terhenti alias gagal menembus final karena kalah dari pasangan Joran Vliegen/Xu Yifan dengan skor akhir dengan skor 1-6, 6-3, dan 3-6.

Meski gugur di semifinal Wimbledon 2023, ini merupakan pencapaian back-to-back dari Aldila Sutjiadi setelah sebelumnya mencapai semifinal French Open di Roland Garros.

Baca Juga

Bukan hanya itu saja, torehan Aldila Sutjiadi ini diprediksi bakal mengantarkan sang petenis melejit posisinya di ranking WTA terbaru pekan depan.

Diketahui, Aldila Sutjiadi saat ini berada di top 40 ranking WTA untuk nomor ganda, tepatnya berada di peringkat 32 dunia dengan mengantongi 2.160 poin.

Baca Juga

Aldila Sutjiadi nantinya akan mendapatkan tambahan 780 poin dari pencapaiannya ke semifinal ganda campuran Wimbledon 2023, sehingga posisinya akan kembali ke top 30 pekan depan.

Selain turun di nomor ganda campuran, Aldila Sutjiadi juga tampil di nomor ganda putri bersama petenis Jepang, Miyu Kato.

Duet Aldila/Kato hanya mampu sampai di babak 16 besar. Meski demikian ini tetap memberi tambahan poin ranking WTA untuk Aldila sebesar 240 poin.

Baca Juga

1. Agenda Aldila Sutjiadi setelah Wimbledon 2023

Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, saat menghadiri pembukaan FIKS Tennis Open 2022 The Oldest National Junior Turnament di Bandung, Sabtu (17/12/22).

Masih belum dipastikan dimana posisi Aldila Sutjiadi pada ranking WTA terbaru, namun INDOSPORT memprediksi Aldila akan menempat peringkat sekitar 28 hingga 25 dunia.

Sekedar  informasi, sistem peringkat tenis ditentukan berdasarkan sistem poin yang menjumlahkan 18 hasil terbaik dalam 52 pekan sebelumnya.

Untuk mendapatkan poin peringkat, pemain tenis harus berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Federasi Tenis Internasional (ITF), ATP, dan WTA. Jumlah poin yang diperoleh tergantung pada putaran kekalahan pemain.

Sebelum tampil di Wimbledon 2023, Aldila Sutjiadi juga mencuri perhatian kala bermain di French Open 2023 di nomor ganda putri dan ganda campuran.

Baca Juga

Di ganda putri, Aldila yang juga berduet dengan Miyu Kato terpaksa didiskualifikasi dari perempat final karena provokasi lawan terhadap wasit usai Miyu Kato tidak sengaja memukul ball girl dengan bola tenis.

Aldila kemudian melanjutkan kiprahnya di Roland Garros bersama Matwe Middelkoop. Keduanya mampu mencapai semifinal turnamen lapangan tanah liat tersebut.

Selanjutnya Aldila Sutjiadi akan menjalani sejumlah turnamen di Amerika Serikat. Puncaknya Aldila itu akan kembali berlaga di ajang Grand Slam, US Open 2023 yang akan digelar pada 28 Agustus hingga 10 September mendatang.

Baca Juga
WimbledonWTAAldila SutjiadiTenis

Berita Terkini