x

Apa Kabar Gao Ling? Legenda Bulutangkis China yang Pernah Bikin Jengkel Greysia Polii

Kamis, 20 Juli 2023 12:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Gao Ling, legenda bulutangkis China. (Foto: Instagram@badminton_supreme)

INDOSPORT.COM – Menilik kabar terbaru Gao Ling, legenda bulutangkis ganda putri China yang sempat membuat Greysia Polii kesal.

Siapa yang tak kenal dengan Gao Ling? Salah satu legenda yang namanya masuk dalam sejarah bulutangkis dunia.

Gao Ling merupakan pebulutangkis kelahiran Wuhan, 14 Maret 1979 dan dikenal sebagai pebulutangkis serba bisa karena bermain di dua sektor sekaligus yakni ganda putri dan ganda campuran.

Atlet yang kini berusia 44 tahun itu telah memenangka hampir setiap turnamen papan atas di dunia, dan sampai disebut sebagai salah satu pemain ganda tersukses dalam sejarah bulutangkis putri.

Gelar paling prestisius yang diraihnya ialah dua kali menyabet medali emas di nomor ganda campuran bersama Zhang Jun di Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2024.

Baca Juga

Selain itu, ia sempat meraih medali perunggu bersama Qin Yiyun pada Olimpiade 2000 dan bersama Huang Sui menyabet perak di Olimpiade 2004.

Memulai kariernya di era 1996-an, Gao Ling akhirnya memutuskan gantung raket alias pensiun pada 2008, bersama lima rekannya yakni Zhang Ning, Yang Wei, Zhang Jiewen, Wei Yili dan Chen Yu.

Lama tak terdengar, lantas bagaimana kabar Gao Ling selepas pensiun?

Baca Juga

Melansir dari laman Baike China, setelah pensiun Gao Ling memutuskan menikah dengan rekan sejawatnya yakni Chen Hong selaku mantan tunggal putra nomor 1 dunia pada 2009.

Sejatinya Gao Ling dan Chen Hong telah menjalin asmara sejak 2003, namun baru menikah setelah pensiun. Setahun kemudian dirinya dikaruniai seorang putri pada Oktober 2010.

Selain fokus menjadi seorang ibu rumah tangga, Gao Ling memutuskan untuk mendedikasikan diri kepada negara. Bukan sebagai seorang atlet atau pun pelatih bulutangkis, melainkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca Juga

Lebih tepatnya Gao Ling menjadi seorang polisi sipil di Departemen Politik Biro Keamaan Umum Kota Beijing. Alasannya meninggalkan dunia olahraga karena dirinya ingin lebih menjaga keluarganya sebagai seorang polisi.

Sementara itu, jika mendengar nama Gao Ling terkadang teringat dengan Greysia Polii, karena peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu sempat dibuat jengkel dengan legenda bulutangkis asal China tersebut.


1. Greysia Polii Kesal tapi Terinspirasi Gao Ling

Gao Ling, legenda bulutangkis China. (Foto: Instagram@badminton_supreme)

Diketahui, Gao Ling memiliki julukan Laughing Aunty oleh Badminton Lovers (BL) karena selalu tersenyum saat bertanding.

Ketenangan dan selalu memberikan senyuman ternyata menjadi senjata andalannya untuk menjatuhkan atau sekadar membuat lawannya kesal.

Hal ini ternyata turut dirasakan Greysia Polii, selaku legenda ganda putri Indonesia sekaligus peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Melansir PB Djarum, Greysia Polii mengaku terinspirasi dari Gao Ling sehingga dirinya selalu tersenyum baik saat meraih kemenangan maupun kekalahan.

Hal ini juga membuatnya mendapatkan julukan The Smiling Champions selepas meraih medali emas di Olimpiade 2020 lalu.

Baca Juga

“Saya belajar dari Gao Ling, pemain senior dari China. Dia kalau main mau menang atau kalah senyum terus. Saya berpikir ini orang kok kaya nggak ada beban hidupnya, kok enak banget liatnya,” ungkap Greysia.

“Sampai akhirnya saya lihat dan pelajari. Setelah saya found out, senyuman itu bukan cuma bisa boost diri kita sendiri dan bikin jadi rileks. Tapi senyum itu juga bisa terpancar ke partner sendiri, membantu meringankan beban bersama partner,” lanjut Greysia.

Baca Juga

Greysia sendiri sempat merasa kesal karena melihat Gao Ling tak henti menebar senyuman. Namun pada akhirnya, ia menjadi inspirasi baginya.

“Dan senyum ternyata bisa membuat lawan bingung. Ini pemain udah dimati-matiin dan sebagainya kok senyum terus. Itu yang pernah saya rasakan ketika lawan Gao Ling, jadi sebel,” papar mantan pasangan Apriyani Rahayu tersebut.

“Kok dia kaya enteng banget, di samping dia memang jago dan saya nggak pernah menang lawan dia. Sudah diserang tetep senyum. Itu yang akhirnya saya pelajari dan ambil dari dia,” tandasnya.

Sementara itu, selepas pensiun, Greysia Polii memutuskan untuk fokus sebagai seorang ibu sekaligus pebisnis apparel yang dijalaninya.

Baca Juga
OlimpiadeGreysia PoliiGao LingBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini