x

Skandal Shi Yuqi Coreng Euforia Kemenangannya dari Momota di Korea Open 2023

Jumat, 21 Juli 2023 14:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Momen miris saat skandal Shi Yuqi pada 2020 mencoreng euforia kemenangannya dari Kento Momota di partai perebutan tempat perempat final Korea Open 2023.

INDOSPORT.COM – Momen miris saat skandal Shi Yuqi pada 2020 mencoreng euforia kemenangannya dari Kento Momota di partai perebutan tempat perempat final Korea Open 2023.

Shi Yuqi, raja bulutangkis China yang saat ini menghuni nomor enam di ranking BWF, berhasil menaklukkan tantangan di babak 16 besar Korea Open 2023.

Bertanding di Jinnam Stadium, Yeosu, Kamis (21/07/23), Shi Yuqi sukses mengalahkan musuh bebuyutannya dari Jepang, Kento Momota, dengan skor akhir 21-16, 21-16.

Kemenangan itu tak hanya sekadar untuk mempertipis head-to-head-nya dengan Kento Momota menjadi 5-6 dari total 11 pertemuan mereka.

Karena bagaimana pun, Kento Momota dulunya adalah raja bulutangkis di top satu ranking BWF sebelum akhirnya merosot tajam karena penurunan performa.

Baca Juga

Sayangnya dilansir dari kolom komentar instagram BWF, beberapa netizen justru teringat dengan skandal Shi Yuqi saat menghadapi Kento Momota di Piala Thomas 2020 lalu.

“Saya teringat terakhir kali Kento Momota vs Shi Yuqi. Saat tu Kento mencapai match point 20 dan tiba-tiba Shi Yuqi bilang ke wasit untuk retired. Dan banyak BL yang mengatakan tidak respek karena tinggal 1 poin lagi dia minta retired,” tulis @meg******

Sekadar mengingatkan, Shi Yuqi di semifinal Piala Thomas 2020 lalu sempat mendapatkan kecaman publik di media sosial karena ulahnya mundur pada skor 20-22 dan 5-20 jumpa Kento Momota.

Baca Juga

Dalam wawancara selepas laga, Shi Yuqi menyebut dirinya belum kalah secara teknis dari Kento Momota karena keputusannya retired.

Seusai itu, Asoasiasi Bulutangkis China (CBA) mengeluarkan sanksi internal larangan bertanding internasional selama setahun bagi Shi Yuqi.

Sanksi internal itu dicabut lebih cepat atas banyak pertimbangan, sehingga Shi Yuqi bisa comeback di Kejuaraan Dunia 2022 lalu dan kini berdiri di perempat final Korea Open 2023.

Baca Juga

1. Kritik dan Pujian BL untuk Shi Yuqi

Kritik dan Pujian BL untuk Shi Yuqi.

Terlepas adanya komentar yang mengingatkan skandal masa lalu itu, banyak Badminton Lovers (BL) juga yang memberikan pujian atas penampilan apik Shi Yuqi dan Kento Momota di Korea Open 2023.

Dari sisi Shi Yuqi, dia memang menunjukkan kebangkitan luar biasa sejak comeback dari hukuman internal yang harus dijalani.

Sejak comeback, Shi Yuqi sudah menyegel gelar juara di Denmark Open 2022 dan Australian Open 2022, serta runner-up All England 2023.

Sementara Kento Momota yang sedang merosot performanya sejak beberapa waktu terakhir, di Korea Open 2023 ini menunjukkan permainan luar biasa menembus 16 besar.

“Momota is on fire,” tulis @dio********

Baca Juga

“Yuqi pemain yang bagus, tetapi selalu berada di bawah bayang-bayang Lin Dan dan Cheng Long pada waktu lalu,” tulis @ef******

“Jika konsisten, Shj Yuqi akan jadi nomor satu dunia,” tulis @ah******

Baca Juga

“Permainan yang baik Yuqi. Comeback stronger Momota,” tulis @_My****

“Jatuh cinta padamu Kento Momota. Kamu selalu tersenyum di sepanjang pertandingan,” tulis @gan*****

Selanjutnya di babak perempat final Korea Open 2023 pada Jumat (21/07/23), Shi Yuqi akan menghadapi perlawanan kompatriotnya, Lu Guang Zu.

Baca Juga
Kento MomotaBulutangkisShi YuqiBerita BulutangkisKorea Open

Berita Terkini