x

Jawara Korea Open An Se-young Fix Jadi Tunggal Putri Paling Alien Tahun Ini

Minggu, 23 Juli 2023 17:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putri Korea Selatan, An Se-young, layak dinobatkan sebagai tunggal putri paling alien setelah keluar sebagai juara turnamen bulutangkis Korea Open 2023.

INDOSPORT.COM - Tunggal putri Korea Selatan, An Se-young, layak dinobatkan sebagai tunggal putri paling alien setelah keluar sebagai juara turnamen bulutangkis Korea Open 2023.

Si Anak Ajaib - julukan An Se-young - memastikan gelar turnamen Super 500 ini usai menumbangkan wakil Chinese Taipei, Tai Tzu Ying secara straight game 21-9, 21-15, di Yeosu, Minggu (23/07/23).

Kemenangan tersebut diwarnai dengan rekor mengerikan An Se-young. Sebab, dia kini mengantongi 6 gelar dari 9 final dalam 10 turnamen yang dia jalani musim ini.

Satu-satunya turnamen di mana An Se-young gagal mencapi final adalah Indonesia Open 2023. Saat itu, An Se-young hanya mampu melaju hingga babak semifinal.

Ada pun 6 gelar juara yang berhasil dia menangkan yakni Korea Open, Singapore Open, Thailand Open, All England, Indonesia Masters dan India Open.

Baca Juga

Sedangkan 3 final lainnya berakhir dengan status runner-up yakni di ajang Badminton Asia Championships, German Open dan Malaysia Open.

Dengan demikian, An Se-young memastikan diri sebagai satu-satunya pemain tunggal paling dominan sepanjang 2023 atau layak dijuluki sebagai Alien.

Baca Juga

Sembilan final yang sudah dicapainya itu juga membuat An Se-young menyamai torehan Tai Tzu Ying (10 kali final di tahun 2018) dan Li Xue Rui ( 9 kali final di tahun 2012).

Bukan hanya itu saja, dengan memenangi Korea Open 2023 maka pundi-pundi poin ranking BWF An Se-young akan semakin bertambah.

Meski demikian, An Se-young masih belum bisa menjadi tunggal putri nomor satu dunia pada update peringkat dunia BWF pekan depan. Mengapa demikian?

Baca Juga

1. Belum Bisa Salip Akane Yamaguchi

Pebulutangkis Korea Selatan, An Se-yong berhasil menjadi juara sektor tunggal putri Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Minggu (29/01/23).

Melansir Badminton Eropa, An Se-young masih akan bertengger di posisi kedua pada ranking BWF terbaru meski menjuarai Korea Open 2023.

Namun, perolehan poin An Se-young akan berjarak tipis dengan penghuni ranking 1 BWF yakni Akane Yamaguchi dari Jepang. An Se-young mengantongi 102,264 poin sedangkan Akane 104,517 poin.

Melansir akun Twitter @andrepradana27, An Se-young belum bisa mengkudeta posisi 1 ranking BWF tunggal putri dari Akane lantaran poinnya tidak bertambah secara signifikan.

Hal ini disebabkan menurut regulasi perhitungan 10 poin tertinggi pada turnamen BWF, poin terendah An Se-young adalah 9,200.

Sementara An Se-young sendiri mendapatkan 9,200 poin dari kemenangannya di Korea Open 2023 sehingga  praktis tidak ada penambahan poin.

Baca Juga

Meski demikian, An Se-young memiliki kesempatan besar menggusur posisi Akane Yamaguchi di turnamen Japan Open 2023 yang akan digelar pekan depan, 25-30 Juli 2023.

Sekedar pengingat, di turnamen Japan Open 2022, An Se-young hanya puas menjadi runner-up setelah dikalahkan sang tuan rumah Akane Yamaguchi di babak final.

Baca Juga

Gelar Korea Open yang diraih An Se-young ini menyelamatkan gengsi tuan rumah setelah wakil lainnya di sektor ganda putri, Kim So-yeong/Kong Hee-yong harus puas menjadi runner-up.

Kim So-yeong/Kong Hee-yong gagal mengamankan gelar juara usai ditaklukkan unggulan pertama dari China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, tiga set 21-10, 17-21, 21-7.

Ada pun Indonesia gagal membawa pulang gelar juara setelah satu-satunya wakil Fajar Alfian/Rian Ardianto dikalahkan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag, 21-17, 13-21, 14-21.

Baca Juga
Akane YamaguchiBulutangkisAn Se-youngKorea OpenRanking BWF

Berita Terkini