x

7 Fakta Menarik Tentang Akane Yamaguchi, Tunggal Putri Terkaya Sejagat Bulutangkis

Jumat, 11 Agustus 2023 07:00 WIB
Editor: Juni Adi
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Akane Yamaguchi saat ini dinobatkan sebagai tunggal putri terkaya di dunia bulutangkis tahun 2023, berikut sejumlah fakta menarik tentang dirinya.

Pada awal tahun 2023 lalu tepatnya bulan Januari, BWF telah merilis daftar pebulutangkis dunia dengan pendapatan terbanyak di tahun 2022.

Viktor Axelsen memuncaki daftar atlet bulutangkis terkaya dengan penghasilan sebanyak 404.125 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp6,3 miliar.

Sepanjang tahun 2022, Axelsen mengumpulkan enam gelar juara turnamen level Super 500 hingga Super 1000. 

Gelar juara tersebut diraih di All England, Kejuaraan Eropa, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, Kejuaraan Dunia, French Open, dan BWF World Tour Finals.

Baca Juga

Di urutan kedua ada nama wakil Jepang dari sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi. Ia meraup pundi-pundi uang sebesar 286.300 dolar AS atau setara Rp4,1 miliar.

Tak heran jika Akane masuk dalam daftar dua besar, karena ia memang dikenal sebagai salah satu pebulutangkis wanita yang hebat sehingga bisa meraih banyak gelar.

Baca Juga

Sudah cukup sering Akane Yamaguchi dinobatkan sebagai salah satu pebulutangksi terkaya di dunia karena performanya konsisten dalam persaingan gelar setiap tahunnya. Berikut sejumlah fakta menarik tentangnya:

Tunggal Putri Jepang Pertama di Puncak Ranking BWF

Penampilannya yang dikenal lincah dengan skill mumpuni membuatnya menjadi tunggal putri Jepang pertama yang pernah menduduki peringkat satu dunia. 

Penampilannya yang dikenal lincah dengan skill mumpuni membuatnya menjadi tunggal putri Jepang pertama yang pernah menduduki peringkat satu dunia. 

Ia menjadi ratu bulutangkis sejak September 2022 lalu. Ketika itu Akane Yamaguchi menggeser wakil Taiwan, Tai Tzu Ying usai memenangkan gelar Japan Open 2022.

Sebelumnya Akane juga pernah menduduki peringkat satu dunia ranking BWF pada tahun 2018, sebelum akhirnya terlempar lagi dan sempat balik lagi.

Namun performanya mulai menurun di tahun 2023 ini, sehingga ia tergusur dari puncak ranking BWF tunggal putri oleh wakil Korea Selatan, An Se-young.

Saat ini Akane Yamaguchi berada di urutan kedua dengan perolehan 101.917 poin, sementara An Se-young berada di atas dengan 103.914 poin.

Baca Juga

1. Bakat Jadi Pebulutangkis dari Kecil

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Akane Yamaguchi merupakan pemain bulu tangkis kelahiran Prefektur Katsuyama, Jepang, 6 Juni 1997. Atlet dengan tinggi 156 cm ini bergabung dengan klub Kumamoto Siashunkan dan dilatih oleh Choi Sang Beom.

Perempuan 26 tahun ini memulai kariernya di bidang olahraga tepok bulu sedari muda yaitu umur 5 tahun (2002). Dari data yang dihimpun berbagai sumber, Akane diperkenalkan oleh sang kakak yang terlebih dahulu terjun di dunia bulutangkis.

Ia lantas bergabung dalam akademi lokal di Katsuyama, prefektur Fukui. Menurut cerita, Akane kerap kali bertanding dengan para pemain senior. Kemenangan pertamanya ia raih saat Sekolah Dasar.

Disebut Atlet Ajaib

Ia mendapat julukan ajaib karena sempat menjadi pemenang termuda dalam BWF Super Series 2013 silam yang akhirnya mencatat sejarah. 

Sedari tahun 2012 hingga 2014, Akane juga mengondol posisi dua dan satu untuk Kejuaraan Dunia Junior BWF di Jepang, Thailand, dan Malaysia.

Baca Juga

Bawa Jepang Cetak Sejarah di Uber Cup

Salah satu titik penting dalam kariernya terjadi pada tahun 2018. Yamaguchi yang saat itu masih berusia 20 tahun sukses menjungkalkan Tai Tzu-ying dari peringkat satu dunia

Pada tahun yang sama pula, Yamaguchi sukses membukukan sejarah karena membawa Jepang meraih gelar juara Piala Uber 2018.

Baca Juga

Ini merupakan raihan yang mengagumkan lantaran Jepang sudah absen meraih prestasi tersebut selama 37 tahun lamanya.

Dikalahkan Pebulutangkis Bau Kencur dari Indonesia

Akane Yamaguchi, harus menelan pil pahit setelah tumbang dari bintang muda Indonesia, Bilqis Prasista, pada ajang Piala Uber 2022.

Bilqis Prasista yang berada di peringkat 333 dunia itu sukses menumbangkan Akane Yamaguchi lewat dua gim langsung dengan skor 19-21 dan 19-21 di Impact Arena, Thailand.

Baca Juga

Kelebihan Akande Yamaguchi

Sejumlah keunggulan yang dimiliki Akane Yamaguchi ini ialah kelincahannya berlari dengan cepat. Ia juga andal dalam menjangkau pukulan sulit yang biasanya sulit diselamatkan.

Meskipun posturnya kecil, dia adalah sosok pebulu tangkis yang sabar dan konsisten dalam bekerja. Yamaguchi juga jarang membuat kesalahan sendiri.

Sarat Prestasi

Akane Yamaguchi sudah cukup banyak mendulang prestasi di dunai bulutangkis internasional di antaranya 13 gelar BWF World Tour, 5 gelar BWF Superseries, hingga Kejuaraan Dunia BWF sudah pernah ia menangkan.

 
BWFAkane YamaguchiBulutangkis

Berita Terkini