x

H2H Jonatan Christie vs Lee Zii Jia Jelang Kejuaraan Dunia Bikin Fans Panas-Dingin

Sabtu, 12 Agustus 2023 06:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie akan berhadapan dengan Lee Zii Jia di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Head to head Jonatan Christie vs Lee Zii Jia jelang pertemuan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 nanti, membuat Badminton Lovers ketar-ketir.

Jonatan Christie dan Lee Zii Jia memiliki basis fans cukup besar di Tanah Air. Maka dari itu, banyak yang kecewa karena kedua pemain ini harus bersua di babak 64 besar.

Baca Juga

Hasil drawing ini terjadi lantaran Jonatan Christie masih bertahan dari daftar top 5 tunggal putra terbaik dunia, sementara Lee Zii Jia terus merosot ke posisi 13 di ranking BWF.

Hal tersebut membuat Lee Zii Jia tidak dihitung sebagai pemain unggulan, dan memungkinkan untuk bertemu pemain top level.

Lee Zii Jia pernah menjadi pebulutangkis tunggal putra terbaik Malaysia. Salah satu prestasi terbaiknya adalah menjuarai All England 2021.

Sementara Jonatan Christie, salah satu pencapaian terbaiknya adalah meraih medali emas Asian Games 2018.

Baca Juga

Khususnya di tahun 2023, Jonatan Christie telah menjuarai Indonesia Masters 2023, dan menjadi runner up Japan Open 2023.

Jonatan Christie masih bisa konsisten di papan atas, sementara Lee Zii Jia mulai merosot karena konflik dengan Asosiasi Bulutangkis Malaysia dan pelatihnya.

Lee Zii Jia mengaku sempat kehilangan feeling bermain bulutangkis dan absen di sejumlah turnamen, namum kini ia telah insaf dan bersiap untuk mengejar prestasi di Kejuaraan Dunia.

Maka dari itu, posisi Jonatan Christie semakin terancam, karena jika melihat rekor head to head dalam tujuh pertemuan, Jojo memiliki rekor minor dari Lee Zii Jia.

Baca Juga

1. Head to Head Jonatan Christie vs Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Jonatan Christie akan menghadapi wakil tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia di babak 64 besar pentas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 di Copenhagen, Denmark.

Secara head to head dari 7 pertemuan di ajang BWF, Jonatan Christie memang pernah meraih empat kemenangan atas Lee Zii Jia, tapi pencapaian itu sudah cukup lama berlalu.

Baca Juga

Jonatan Christie berhasil menaklukkan Lee Zii Jia di Malaysia Open 2018, Thomas Cup 2018, Swiss Open 2019, dan Singapore Open 2019.

Namun dari tiga pertemuan terakhir, Lee Zii Jia selalu mencuri kemenangan atas Jojo. Pebulu tangkis unggulan Malaysia itu comeback di All England 2020.

Selepas pandemi, Lee Zii Jia kembali menaklukkan Jonatan Christie di ajang Badminton Asia Championships 2022.

Pertemuan terakhir di Denmark Open 2022, Jonatan Christie juga kandas dari Lee Zii Jia dengan skor 16-21, 21-18, 18-21. 

Baca Juga

Naasnya, lokasi pertandingan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 sama dengan venue Denmark Open 2022 lalu, yakni di Royal Arena Copenhagen. 

Badminton Lovers mulai ketar-ketir karena Jonatan Christie pernah takluk dari Lee Zii Jia di sana. Apalagi kali ini Lee semakin ambisius untuk mengejar perolehan poin.

Lee Zii Jia baru saja mengangkat pelatih baru, Wong Tat Meng. Target jangka pendek mereka adalah mengumpulkan poin supaya naik di ranking BWF dan lolos ke Olimpiade 2024.

Badminton Lovers berharap Jonatan Christie dapat menemukan formula untuk menaklukkan Lee Zii Jia.

Baca Juga
Jonatan ChristieBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsBadminton Lovers (BL)

Berita Terkini