x

Gregoria Mariska Cetak Sejarah Gila Usai Tembus Perempat Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Jumat, 25 Agustus 2023 09:25 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Atlet bulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, mencatat sejarah usai menembus perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Atlet bulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska, mencatat sejarah usai menembus perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Prestasi membanggakan ditorehkan atlet bulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Pemain kelahiran Wonogiri tersebut berhasil melaju ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis untuk pertama kalinya.

Baca Juga

Kepastian tersebut didapat usai Gregoria Mariska mengalahkan wakil Cina, Han Yue, dengan skor 13-21, 21-19, 21-11. Ia pun menembus perempat final untuk pertama kalinya sepanjang mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Kemenangan Gregoria Mariska tak diraih dengan mudah. Ia sempat kalah di gim pertama diakibatkan angin yang cukup kencang di lapangan.

"Saya sejujurnya kurang nyaman. Angin cukup kencang di lapangan. Sehingga dalam mengontrol bola tak leluasa," kata Gregoria Mariska, dikutip dari rilis resmi PBSI.

Beruntung, Gregoria mampu bangkit di gim kedua dan membukukan skor 21-19, sekaligus memaksa pertandingan berlanjut ke gim ketiga.

Baca Juga

"Saat unggul di gim kedua (15-9), bukannya bermain lepas, saya malah tegang dan bermain lebih hati-hati. Lawan juga bisa menyamakan angka. Saat kedudukan 19-19, akhirnya saya bisa bermain lebih tenang dan lawan malah salah sendiri," ujarnya.

Di gim penentuan, Gregoria Mariska pun kian bertekad memenangi pertandingan dan merebut tiket ke perempat final. Upayanya berhasil saat berhasil memenangi gim pemungkas dengan skor 21-11.

"Gim ketiga saya hanya bermain untuk mengurangi kesalahan. Juga tak gampang memberi poin ke lawan," katanya menambahkan.

Hasil ini membawa Gregoria ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, yang menjadi prestasi terbaiknya selama berkompetisi di ajang Grade 1 ini. Lawan yang akan dihadapinya sama sekali tidak mudah, yakni Akane Yamaguchi.

Baca Juga

1. Optimistis Lawan Akane Yamaguchi

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Akane Yamaguchi sendiri bukanlah lawan yang asing bagi Gregoria Mariska. Kedua pemain telah bertemu sebanyak 15 kali di level internasional.

Berbicara soal rekor pertemuan, Gregoria Mariska tertinggal jauh dengan hanya menyabet empat kemenangan. Sedangkan Akane Yamaguchi unggul dengan mengemas 11 kemenangan atas Gregoria Mariska.

Baca Juga

Namun, Gregoria Mariska punya modal bagus. Pertemuan terakhir dengan Akane Yamaguchi pada Japan Open 2023 berakhir dengan kemenangan wakil Indonesia. Akane Yamaguchi, yang saat itu berstatus unggulan pertama dan tuan rumah, dipermalukan dengan skor 11-21, 21-11, 18-21.

Hasil ini sekaligus membuat Gregoria Mariska sukses membalaskan dendamnya setelah takluk di final Malaysia Masters 2023 dari wakil Jepang tersebut.

"Dua pertandingan sebelumnya, saya selalu bermain rubber game. Jadi saya perlu istirahat yang maksimal setelah ini (pertandingan melawan Han Yue)," ujar Gregoria Mariska.

"Saya mau terapi dan fokus menghadapi pertandingan besok. Untuk melawan Akane, saya akan tampil lebih rileks. Target saya ingin tampil maksimal. Semoga hasilnya juga maksimal," pungkasnya.

Baca Juga

Sejauh ini, Gregoria Mariska Tunjung telah tampil sebanyak lima kali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, yakni pada 2018, 2019, 2021, 2022, dan 2023.

Dari lima kesempatan tersebut, Gregoria Mariska baru sekali melangkah ke babak perempat final, yakni pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Sebelumnya, prestasi terbaik Gregoria Mariska adalah melaju ke babak 16 Besar pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 di Basel, Swiss.

Gregoria Mariska bahkan pernah juga terhenti di pertandingan pertama, yakni saat berlaga di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 di Huelva, Spanyol. 

Baca Juga

Berikut ini rekor Gregoria Mariska di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

2023 (Kopenhagen, Denmark)

2022 (Tokyo, Jepang) 

2021 (Huelva, Spanyol)

2019 (Basel, Swiss)

2018 (Nanjing, Cina)

Baca Juga
Gregoria MariskaBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini