x

Apriyani/Fadia Amankan Final Kejuaraan Dunia 2023 Usai Libas Ganda Putri Korea

Sabtu, 26 Agustus 2023 18:11 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti mengamankan final Kejuaraan Dunia Bulutangkis usai menang atas Kim So-yeong/Kong Hee-yong. (Foto: PBSI).

INDOSPORT.COM - Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti suskes mengamankan tiket final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 usai menang atas Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Bertanding di Royal Arena, Copenhagen, Denmark (26/08/23), Apriyani/Fadia menaklukkan unggulan ketiga dari Korea Selatan itu secara straight game berdurasi 52 menit dengan skor 21-8, 22-20.

Baca Juga

Apriyani/Fadia langsung tampil spartan sejak menit pertama. Bahkan, mereka mampu meraup rentetan angka hingga unggul jauh 7-2 atas Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Pengembalian servis Fadia mengenai net namun berujung lucky ball untuk pasangan Indonesia. Mereka semakin unggul di interval pertama 11-5.

Apriyani/Fadia semakin menunjukkan agresivitasnya dalam mengejar shuttlecock. Serangan bertubi-tubi mereka lakoni membuat Kim So-yeong/Kong Hee-yong kerap error. Skor kini 17-8.

Apriyani/Fadia mencapai gamepoin berkat kesalahan lawan. Mereka akhirnya memenangkan set pertama 21-8 usai smash dropshot Kim gagal menyebrang.

Baca Juga

Pada set kedua, pertarungan justru berubah sengit karena Kim So-yeong/Kong Hee-yong mulai bisa mengimbangi permainan galak Apriyani/Fadia.

Apriyani/Fadia yang sempat unggul 4-2, 7-3, 9-5 mulai dikejar oleh pasangan Korea tersebut di angka 10-6, 10-7 hingga interval gim kedua 11-7.

Kim So-yeong/Kong Hee-yong tampak belum menyerah meski tertinggal. Beberapa taktik berhasil mengecoh Apriyani/Fadia dan menyamakan skor 14-14.

Di titik ini, kedua pasangan saling berebut poin hingga laga berlanjut ke deuce 20-20. Beruntung, Fadia memenangkan dua angka terakhir untuk merebut set kedua 22-20.

Hasil ini memastikan Apriyani/Fadia mencapai final Kejuaraan Dunia Bulutangkis di mana mereka sudah ditunggu unggulan pertama Chen Qingchen/Jia Yifan.

Baca Juga

1. Apriyani/Fadia Jaga Harapan untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Japan Open 2023. (Foto: PBSI).

Untuk diketahui, final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 ini membuat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mencatat rekor dalam karier mereka.

Apriyani/Fadia menjadi pasangan ganda putri pertama yang mampu mencapai final Kejuaraan Dunia Bulutangkis sejak Finarsih dan Lili Tampi pada 1995.

Baca Juga

Artinya, kemenangan Apriyani/Fadia atas Kim So-yeong/Kong Hee-yong ini mengakhiri penantian Indonesia selama 28 tahun untuk capaian tersebut.

Selain itu, Apriyani/Fadia dipastikan akan menjadi ganda putri ketiga yang menjadi finalis di Kejuaraan Dunia setelah Finarsih/Lili Tampi (1995) dan Verawaty Fajrin/Imelda Wiguna (1980).

Selain itu, khusus untuk Apriyani Rahayu, ia juga mencatatkan statistik mencengangkan usai dipastikan meraih medali di Kejuaraan Dunia 2023.

Ya, Apriyani berhasil menorehkan sejarah dalam kariernya dengan selalu meraih medali pada keikutsertaannya dalam tiga edisi Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

Dua edisi sebelumnya Apriyani berpasangan dengan Greysia Polii. Mereka meraih perunggu di edisi 2018, dan kemudian perunggu kedua pada edisi Basel 2019.

Terlepas dari hal itu, Apriyani/Fadia mampu menjaga asa Indonesia untuk memenangkan medali emas atau setidaknya perak saat mereka beraksi di final turnamen besok Minggu (26/08/23)

Namun, langkah Apriyani/Fadia untuk mewujudkan harapan tersebut akan sangat berat karena mereka akan bertemu sang juara bertahan, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Chen Qingchen/Jia Yifan yang menjadi juara bertahan adalah pasangan ganda putri China yang berstatus unggulan pertama di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Di atas kertas, Chen Qingchen/Jia Yifan masih terlalu unggul untuk Apriyani/Fadia, di mana pasangan ini sudah bertemu lima kali sebelumnya.

Namun Apriyani/Fadia baru sekali berhasil mengalahkan Chen Qingchen/Jia Yifan yang tidak terkalahkan dalam tiga pertemuan terakhir keduanya. 

Baca Juga
BulutangkisKim So-yeong/Kong Hee-yongKejuaraan Dunia BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiHasil Bulutangkis

Berita Terkini