x

4 Fakta Ajaib Shesar Hiren Rhustavito Gacor ke Perempat Final China Open 2023

Kamis, 7 September 2023 15:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Fakta ajaib Shesar Hiren Rhustavito usai berhasil menembus babak perempat final China Open 2023, salah satunya berangkat ke Changzou di detik-detik terakhir. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Fakta ajaib Shesar Hiren Rhustavito usai berhasil menembus babak perempat final China Open 2023, salah satunya berangkat ke Changzou di detik-detik terakhir.

Ajang bulutangkis China Open 2023 yang berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, menghadirkan sebuah kejutan dari sektor ganda putra.

Baca Juga

Adalah, Shesar Hiren Rhustavito yang mampu lolos ke babak perempat final China Open 2023 usai menaklukkan Ng Tze Yong asal Malaysia, Kamis (07/09/23).

Bertanding dengan persiapan yang minim, Shesar Hiren Rhustavito atau yang akrab disapa Vito, berhasil menang atas Ng Tze Yong dengan skor 18-21, 21-11, dan 22-20.

Tak ayal jika kemenangannya ini dirayakan dengan suka cita oleh sang pelatih, Coach Irwansyah, dengan pelukan hangat di pinggir lapangan usai laga.

Terdapat empat fakta mewarnai keberhasilan Shesar Hiren Rhustavito menembus babak perempat final China Open 2023 berikut ini:

Baca Juga

1. Comeback Manis Shesar Hiren Rhustavito

Hasil di China Open 2023 ini bisa dibilang sebagai comeback manis Shesar Hiren Rhustavito setelah beberapa kali diadang cedera dalam setahun terakhir.

Pemain yang akrab disapa Vito ini hanya memainkan enam turnamen yakni Malaysia Open, India Open, Indonesia Masters, All England, Swiss Open, dan Australia Open.

Pencapaian terjauh Vito hanya mampu sampai di babak kedua atau 16 besar Indonesia Masters 2023, dengan turnamen lainnya selalu kalah di babak pembuka.

Mencapai babak perempat final China Open menjadi comeback yang terlambat tetapi sangat diapresiasi mengingat Vito diyakini masih mampu bersinar seperti rekan lainnya.

Baca Juga

1. 2. Bakal Bertemu Jonatan Christie

Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito di laga perdana All England pada Selasa (14/3/2023) waktu Inggris. (Foto: PBSI)

Hasil di China Open ini membuat Shesar Hiren Rhustavito harus bertemu dengan rekan senegaranya, Jonatan Christie, untuk perebutan tiket semifinal turnamen BWF Super 1000.

Ini akan menjadi sebuah duel menarik sebab hanya satu dari mereka yang akan menjadi tulang punggung tunggal putra Indonesia pada dua putaran terakhir.

Baca Juga

Di atas keras, Vito memang masih kalah unggul dari Jonatan Christie. Mereka sejauh ini sudah bertemu lima kali dengan Vito baru mampu mencuri kemenangan satu kali atas Jonatan.

Kemenangan itu terjadi di ajang China Open 2023. Kala itu, Vito mengalahkan Jonatan secara rubber set untuk melaju ke babak 16 besar.

Jika mengenang lagi pertemuan mereka di turnamen yang sama tahun ini, bukan tidak mungkin Vito bakal mengulangi hal tersebut untuk mengalahkan Jonatan.

3. Tidak Sempat Jajal Lapangan

Fakta menarik lainnya, Shesar Hiren Rhustavito menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang minim persiapan menuju China Open 2023.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Vito mendapatkan undangan tampil di China Open 2023 dengan status pemain cadangan usai mundurnya Juara Dunia 2023, Kunlavut Vitidsarn.

Vito berangkat terlambat dibandingkan rombongan Merah Putih lainnya sehingga dia pun hanya punya waktu persiapan mepet dan tidak sempat jajal lapangan.

“Saya kemudian menyusul tim di Minggu lalu dan ada kabar masuk ke babak utama, sehingga saya baru sampai di China pada sore Minggu,” ujar Vito.

“Hal ini kemudian membuat saya tak sempat mencoba lapangan dan melakukan persiapan yang dilakukan hanya berlatih di Jakarta.”

“Tentu saja, saya siap untuk bertanding, meskipun di laga China Open 2023 kali ini lapangan cukup berangin,” imbuhnya.

Baca Juga

4. Ranking BWF Auto Meroket

Shesar Hiren Rhustavito yang menduduki posisi 45 di ranking BWF, berpotensi untuk meroket hingga belasan tangga usai melaju ke babak perempat final China Open 2023.

Shesar Hiren Rhustavito saat ini berada di posisi ke-45 di ranking BWF, dengan koleksi 28.930 poin, karena absen cukup lama dari turnamen bulutangkis hingga beberapa bulan.

Dengan lolos ke perempat final China Open Super 1000, setidaknya Vito bisa mendapat tambahan 6.600 poin. Angka ini tentu bisa bertambah jika ia lolos semifinal dan final.

Setelah menaklukkan Ng Tze Yong asal Malaysia, Vito akan mengoleksi 35.530 poin, sehingga ia bisa meroket belasan tangga, ke peringkat 33 besar tunggal putra dunia.

Baca Juga
Jonatan ChristieShesar Hiren RhustavitoChina OpenBulutangkisRanking BWF

Berita Terkini