x

Rival Susy Susanti dan 8 'Bocil Kematian' Bulutangkis China yang Putuskan Pensiun Dini

Kamis, 7 September 2023 16:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ada sembilan wonderkid bulutangkis putri China yang putuskan pensiun dini, termasuk Wang Shixian. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Ada sembilan wonderkid bulutangkis putri China yang putuskan pensiun dini, salah satunya ialah rival Susy Susanti.

China merupakan salah satu negara tradisional bulutangkis yang terkenal dengan deretan pelatih dan pemain hebat.

Baca Juga

Sudah sejak lama bahkan era 1990-an, China mulai mendominasi turnamen bulutangkis bergengsi di berbagai penjuru dunia.

Bahkan sejak era tersebut sudah ada pebulu tangkis China yang duduk di peringkat satu dunia pada ranking BWF.

Salah satunya ialah Huang Hua, yang terkenal sebagai ratu bulutangkis China sekaligus musuh bebuyutan Susy Susanti pada masa lalu.

Huang Hua menjadi salah satu pebulu tangkis China yang sempat menduduki peringkat satu dunia di ranking BWF.

Baca Juga

Namun sayang, Huang Hua memutuskan untuk tak menikmati masa kejayaannya karena putuskan pensiun dini dari ajang tepok bulu.

Huang Hua, yang meraih medali perunggu di Olimpiade Barcelona 1992, memutuskan untuk pensiun satu tahun kemudian.

Huang Hua yang merupakan musuh bebuyutan Susy Susanti itu pensiun pada awal tahun 1993 atau pada usia tergolong muda yakni 24 tahun.

Namun nyatanya, beberapa tahun kemudian Huang Hua bukan satu-satunya wonderkid putri China yang putuskan pensiun dini.

Baca Juga

Tercatat ada delapan superstar bulutangkis putri China yang putuskan gantung raket di usia muda alias pensiun dini.

Rata-rata atlet yang pensiun di usia muda sebagian besar karena harga diri yang tinggi. Beberapa ada yang merasa sudah tidak seproduktif seperti saat di masa jayanya, belum lagi karena cedera.

Untuk lebih lengkapnya, berikut delapan pebulu tangkis putri China yang pensiun dini selain Huang Hua selaku rival bebuyutan Susy Susanti:


1. 8 Wonderkid Putri China yang Putuskan Pensiun Dini

Tunggal putri Tiongkok Wang Yihan saat berlatih bersama rekannya Wang Shixian.

1. Wang Xiaoli

Wang Xiaoli salah satu superstar yang bermain di ganda putri bersama Ma Jin dan Yu Yang, serta pernah menduduki peringkat 1 di ranking BWF pada 22 Mei 2014.

Wang Xiaoli berhasil mengemas sejumlah gelar bergengsi. Namun sayangnya ia memutuskan pensiun lantaran masalah cedera yang tak kunjung pulih pada Desember 2015.

Baca Juga

2. Wang Shixian

Wang Shixian merupakan istri dari tunggal putra China yakni Chen Long pernah menduduki peringkat satu dunia pada 13 Januari 2011.

Namun ia putuskan pensiun pada usia 26 tahun atau 2016, karena demi mengejar studinya untuk gelar master di Beijing Sport University serta usai gagal lolos Olimpiade 2016.

3. Bao Yixin

Bao Yixin yang juga duduk di posisi puncak ranking BWF (23 Oktober 2014) pensiun pada 2017 tetapi tak diketahui secara pasti alasannya pensiun di usia 25 tahun.

Baca Juga

4. Huang Sui

Huang Sui terkenal sebagai salah satu ratu ganda putri pada masanya, namun ia putuskan pensiun di usia muda dan mengundurkan diri dari CBA pada 2007 karena ingin merawat ayahnya yang menderita kanker pada usia 25 tahun.

5. Yu Xiaohan

Sama seperti lainnya, Yu Xiaohan putuskan pensiun diusia muda 25 tahun, yakni gantung raket pada 2019 dan tidak diketahui secara rinci alasannya.

6. Wang Lin

Wang Lin memutuskan gantung raket lantaran mengalami cedera lutut parah yang membuat dirinya tak bisa bermain seperti biasanya pada usia 24 tahun.

Baca Juga

7. Li Yinhui

Li Yinhui juga menjadi salah satu pebulu tangkis yang pensiun muda pada usia 24 tahun pada 2022 karena mengalami kelainan jantung.

8. Tang Yuanting

Tang Yuanting menjadi pebulu tangkis putri China termuda yang putuskan pensiun pada usia 22 tahun atau pasca Olimpiade 2016 usai.

Alasannya dikabarkan pensiun untuk menghindari hukuman yang diberikan BWF kepada pebulu tangkis yang mangkir dari pertandingan.

ChinaSusy SusantiBulutangkisHuang HuaIndepth

Berita Terkini