x

Rujuk dengan BAM, Lee Zii Jia Gabung Tim Asian Games Malaysia Pakai Syarat Aneh

Selasa, 12 September 2023 12:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Tunggal putra independen Malaysia, Lee Zii Jia, akhirnya rujuk dengan federasi bulutangkis negaranya dan bisa berlatih bersama timnas untuk Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - Tunggal putra independen Malaysia, Lee Zii Jia, akhirnya rujuk dengan federasi bulutangkis negaranya dan bisa berlatih bersama tim nasional untuk Asian Games 2022.

Lee Zii Jia dan beberapa pebulutangkis independen lainnya akan memulai sesi latihan dengan para atlet nasional BAM pada 12-23 September.

Baca Juga

Sesi latihan bersama ini dimaksudkan untuk persiapan menjelang pesta olahraga se-Asia bertajuk Asian Games 2022 di Hangzhou, China, pada 23 September - 8 Oktober mendatang.

Melansir dari The Star, Lee Zii Jia dan atlet independen akhirnya diperbolehkan gabung pelatnas BAM setelah konflik pemakaian jersey sponsor diselesaikan antara kedua pihak.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Direktur Administrasi ABM, Michelle Chai, di mana BAM memperbolehkan Lee Zii Jia dan para pemain independen berlatih memakai jersey tanpa merek atau logo.

“Semua pemain akan menghadiri pemusatan latihan dan Lee Zii Jia telah meminta hadir beberapa hari kemudian,” turut Michelle Chai.

Baca Juga

“Mereka (para pemain independen) juga akan diberikan jersey latihan tanpa merek atau logo sehingga terhindar dari masalah sponsorship,” lanjut Michelle.

Sponsorship memang menjadi masalah utama Lee Zii Jia yang bersitegang dengan BAM, setelah sang pemain dimasukkan ke dalam skuat bulutangkis Malaysia untuk Asian Games 2022.

Lee Zii Jia yang berstatus pemain independen saat ini terikat kontrak dengan apparel Victor, sedangkan semua atlet nasional Malaysia menggunakan sponsor Yonex.

BAM pun sempat mengeluarkan ultimatum kepada Lee Zii Jia dan para pebulutangkis independen lain agar mau memakai sponsor mereka atau dilarang bergabung latihan di pelatnas.

Baca Juga

1. Tim Bulutangkis Malaysia untuk Asian Games 2022

Logo Badminton Association of Malaysia (BAM).

Masalah tersebut sempat menjadi sorotan lantaran Lee Zii Jia dan pelatihnya Wong Tat Meng mengangkatnya di depan awak media.

Dengan aturan tak masuk akal jelang Kejuaraan Dunia 2023 tersebut, Lee Zii Jia terlihat meluapkan emosinya dalam salah satu komentar di unggahan Instagram-nya.

Baca Juga

“Jangan bilang saya sombong tidak datang berlatih. Susah banget jadi LZJ (Lee Zii Jia) semua salah saya,” tulis tunggal putra peraih juara All England 2020 itu.

Sementara itu, Asian Games 2022 akan segera dihelat di Hangzhou, China, setelah sempat tertunda satu tahun karena pandemi COVID-19 yang melanda tiga tahun terakhir.

Lee Zii Jia menjadi salah satu pebulutangkis independen, termasuk Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, yang dipanggil memperkuat tim Malaysia untuk Asian Games 2022.

Lee Zii Jia bakal ditemani oleh pemain tunggal putra Malaysia yang juga mulai diakui di kancah dunia, Ng Tze Yong, yang saat ini ada di peringkat 20 di ranking BWF.

Baca Juga

Sementara untuk sektor tunggal putri, Malaysia bakal menurunkan Goh Jin Wei dan pemain yang sedang diorbitkan, yakni Letshanaa Karupathevan yang berusia 19 tahun.

Ganda putra menjadi salah satu sektor yang diunggulkan Malaysia di Asian Games 2023. Pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik  dan juga akan menjadi tulang punggung di ajang ini.

Beranjak ke sektor ganda putri, Malaysia mengandalkan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan di ajang multievent terbesar di Asia, yakni Asian Games 2023 di Hangzhou.

Ganda campuran Malaysia juga semakin bersinar di bawah tangan dingin pelatih Indonesia, Nova Widianto. Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei tentu akan jadi andalan. 

Baca Juga
Asian GamesMalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaAsian Games 2022

Berita Terkini