x

4 Pensiunan Bulutangkis yang Memilih Tak Lanjutkan Karier di Dunia Tepok Bulu

Kamis, 28 September 2023 20:03 WIB
Editor: Juni Adi
Legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Sejumlah mantan pebulutangkis Tanah Air ternyata memutuskan untuk tidak melanjutkan kariernya di dunia bulutangkis dan memilih profesi lain.

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga paling bergengsi di dunia khususnya kawasan Asia termasuk Indonesia. Hal itu karena cabor ini paling sering mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

Baca Juga

Beberapa prestasi bergengsi yang pernah diraih oleh para pebulutangkis Indonesia seperti Kejuaraan Dunia, All England, Piala Sudirman, hingga Olimpiade.

Tak heran jika Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang diperhitungkan di dunia bulutangkis, karena banyak atlet hebat yang dilahirkan.

Bulu tangkis Tanah Air pun memiliki sederet legenda yang sampai sekarang namanya selalu dielu-elukan berkat prestasinya di masa lampau, dan masih dikenang hingga era sekarang.

Sayangnya tidak semua mantan pebulutangkis memilih untuk melanjutkan kariernya di olahraga yang membesarkan namanya. 

Baca Juga

Mereka pun memiliki berbagai kesibukan beragam dan memiliki profesi baru. Ada yang jadi pebisnis, politikus hingga Youtuber. Berikut beberapa pebulutangkis yang punya profesi berbeda:

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat adalah salah satu tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia, karena dirinya pernah meraih banyak prestasi termasuk meraih medali emas Olimpiade tahun 2004 lalu.

Setelah pensiun sebagai pebulu tangkis, Taufik Hidayat memilih mengerahkan energinya untuk mencari talenta muda. Ia pun membangun sport center Taufik Hidayat Arena (THA) di Ciracas. 

Bersama Yonex, ia juga kerap melakoni coaching clinic bersama para legenda bulu tangkis dunia lainnya.

Tetapi Taufik Hidayat juga pernah terjun ke dunia politik. Dirinya sempat mencoba peruntungan dengan masuk partai politik tahun 2018. Ia bergabung dengan partai Demokrat.

Taufik Hidayat sempat berada dalam daftar calon legislatif sementara dapil Jawa Barat II untuk DPR RI dengan menempati nomor urut 2.

Hanya saja saat daftar caleg tetap diumumkan nama Taufik Hidayat menghilang. Ia juga pernah masuk dalam jajaran pejabat di Kemenpora. Saat ini, waktunya lebih banyak dihabiskan sebagai narasumber podcast atau membangun akun media sosialnya seperti Youtube.

Baca Juga
 

1. Simon Santoso

Menengok Kembali Aksi Simon Santoso, Tunggal Putra Terakhir Juara Indonesia Open.

Flashback sejenak. Simon Santoso adalah tunggal putra Indonesia yang bersinar pada masanya. Pencapaian tertingginya adalah menapaki top tiga ranking BWF pada tahun 2010.

Beberapa gelar individu yang diraih Simon Santoso adalah menyabet emas SEA Games 2009 dan 2011. Dalam turnamen Super Series, dia pernah menyabet gelar juara Singapore Open 2008.

Baca Juga

Kemudian Simon Santoso menyabet gelar juara turnamen bulutangkis Indonesia Open 2012, Singapore Open 2014, dan masih banyak lagi.

Sampai akhirnya Simon Santoso memutuskan untuk gantung rkaet pada tahun 2016 setelah mengalami cedera di Thailand Open 2016.

Setelah pensiun, Simon Santoso enggan untuk kembali di bulutangkis. Dia kemudian bergelut dengan dunia bisnis dengan mengelola toko material di daerah Cipayung, Jakarta Timur.

Alasan logis dari keputusan Simon Santoso menggeluti bisnis adalah hobinya berdagang, dan dia bertekad untuk serius mendalami.

Baca Juga

Icuk Sugiarto

Icuk Sugiarto merupakan juara dunia bulutangkis tunggal putra tahun 1983. Ia gantung raket pada 1989.

Setelah pensiun, Icuk sempat menjadi pelatih di PB Pelita Bakrie dan masuk dalam pengurus PBSI. Pria asal Solo ini juga pernah menjadi staf ahli menpora era Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla.

Icuk juga sempat mencoba menjadi anggota DPR pada 2019 melalui partai Hanura. Namun, ia gagal lolos ke Senayan karena hanya mengumpulkan 7.972 suara.

Greysia Polii 

Setelah pensiun pada pertengahan tahun 2022,  Greysia Polii memilih menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga. 

Ia juga menjadi Presiden Komite Atlet BWF untuk periode 2022-2025. Ia juga berencana mengembangkan brand sepatunya yang bernama 'Fine Counsel', dan juga banyak menghiasi dunia hiburan Tanah Air.

Baca Juga
Simon SantosoGreysia PoliiTaufik HidayatBulutangkis

Berita Terkini