x

Rexy Mainaky Diagungkan Legenda Bulutangkis Malaysia di Asian Games 2022

Kamis, 28 September 2023 06:15 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Rexy Mainaky dipuji setinggi langit legenda bulutangkis Malaysia, Tan Boon Heong, jelang berlaga di Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM – Rexy Mainaky dipuji setinggi langit legenda bulutangkis Malaysia, Tan Boon Heong, jelang berlaga di Asian Games 2022.

Cabang olahraga bulutangkis menjadi salah satu tontonan yang patut untuk disaksikan di Asian Games 2022 yang digelar di Hangzhou, China.

Baca Juga

Sejumlah negara akan berlaga di pesta olahraga terakbar se-Asia itu. Sebut saja seperti China, Korea Selatan, Indonesia hingga Malaysia.

Malaysia sendiri bisa menjadi kuda hitam untuk meraih prestasi setinggi-tingginya yakni medali emas lewat Aaron Chia/Soh Wooi Yik di sektor ganda putra.

Bukan tanpa sebab, Aaron Chia/Soh Wooi Yik sendiri pernah gemilang meraih medali perak di Kejuaraan Dunia 2022 usai mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Kegemilangan Aaron/Soh sendiri tak lepas dari peran sang pelatih yakni Rexy Mainaky yang dikenal sebagai legenda bulutangkis ganda putra Indonesia.

Baca Juga

Kiprah Rexy di Asian Games bersama tim Malaysia rupanya tak hanya terjadi pada edisi kali ini. sebelumnya, mantan partner Ricky Subagja itu berhasil membawa harum tim Negeri Jiran.

Tepanya pada edisi 2006, Rexy Mainaky berhasil mengantarkan ganda Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong meraih medali emas.

Tan Boon Heong sendiri mengungkapkan kekagumannya dengan Rexy yang berhasil mengantarkan dia meraih medali emas di Asian Games 2006.

“Sangat penting bagi kami untuk percaya pada pelatih kami (Rexy) karena dia selalu mendukung kami dan membuat kami lebih percaya diri,” kata Tan, dilansir The Star.

Baca Juga

1. Ambisi Rexy Mainaky di Asian Games 2022

Pelatih bulutangkis Thailand, Rexy Mainaky.

Nama Rexy Mainaky tentu tidak asing lagi di kalangan pecinta bulutangkis (Badminton Lovers). Ya, ia merupakan legenda ganda putra Indonesia.

Berpasangan dengan Ricky Subagja, Rexy berhasil mengharumkan nama Indonesia usai menyabet medali emas di Olimpiade Atalanta 1996.

Baca Juga

Kini, legenda ganda putra Indonesia itu menjadi sosok penting di balik keberhasilan tim bulutangkis Malaysia dalam beberapa turnamen.

Ia menjadi sosok penting di balik kemenangan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong menyabet emas di Asian Games 2006 usai mengalahkan pasangan Indonesia.

Tak hanya itu, Rexy juga berhasil mengantarkan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik meraih medali emas di Kejuaraan Dunia 2022.

Sementara itu, Rexy Mainaky sendiri mengungkapkan ambisinya di Asian Games 2022 kali ini meski penampilan Aaron/Soh tengah menurun.

Baca Juga

Menilik penampilan mereka yang kurang begitu memuaskan di 2023, Rexy Mainaky tak menargetkan tinggi kepada Aaron/Soh di Asian Games 2022 kali ini.

“Mudah-mudahan (saya) bisa membawa keberuntungan lagi kepada tim Malaysia,” kata Rexy Mainaky.

“Saya tidak ingin memberi terlalu banyak tekanan pada Aaron/Wooi Yik tetapi saya ingin mereka termotivasi dengan pengalaman saya membimbing Koo Kien Keat/Tan Boon Heong meraih emas di 2006,” ungkap Rexy, dilansir The Star.

“Saya yakin itu bukan hanya harapan kita saja, masih mada pemain lain seperti Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, ganda putri (Pearly/Thinaah), tunggal putra (Lee Zii Jia) dan ganda campuran (Chen Tang Jie/Toh Ee Wei),” sambungnya.

Baca Juga
Rexy MainakyAsian GamesMalaysiaKoo Kien Keat/Tan Boon HeongBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini