x

Mengenang Skandal Asmara Li Yongbo dengan Zhang Ning, Sampai Bikin Dunia Bulutangkis Gempar

Jumat, 29 September 2023 12:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Li Yongbo, mantan pelatih bulutangkis China. (Foto: Instagram@nikmansports1)

INDOSPORT.COM – Mengenang skandal asmara antara Li Yongbo dengan Zhang Ning, sampai buat media China turun tangan.

China merupakan salah satu negara tradisional di cabor bulutangkis yang rutin melahirkan pemain dan pelatih hebat kelas wahid.

Baca Juga

Salah satunya ialah sosok Li Yong Bo, Pemain sekaligus pelatih legendaris yang mampu membawa China merasakan masa kejayaannya.

Li Yongbo pernah membawa China merasakan masa keemasannya dan mendominasi dalam dua dekade terakhir.

Bagaimana tidak, tangan dinginnya dan sosoknya yang sangat disiplin membuat ia mampu mencetak sejumlah pemain ‘monster’.

Para monster yang dicetak Li Yongbo juga telah menyumbangkan sejumlah prestasi di panggung dunia dan sulit terkalahkan.

Baca Juga

Tak mengherankan jika Li Yongbo menjadi peran sentral serta sempat memberikan sederet prestasi gemilang di dunia bulutangkis.

Salah satu yang paling diingat ialah Li Yongbo mampu membuat China menyapu bersih medali emas bulutangkis di Olimpiade London 2012.

Selain itu, ia mampu membawa China memenangkan total 18 medali olimpiade emas, 10 Piala Sudirman, 9 Piala Uber, dan 5 Piala Thomas. Lebih dari 90 juara dunia telah ia cetak.

Namun nama Li Yongbo sempat tercoreng setelah dirinya dikabarkan berselingkuh dengan anak didiknya sendiri yakni Zhang Ning.

Baca Juga

1. Isu Perselingkuhan Li Yongbo-Zhang Ning

Zhang Ning, legenda bulutangkis China. (Foto: Instagram@bwf.official)

Sebagaimana diketahui, Zhang Ning saat itu adalah salah satu pebulutangkis yang bersinar di era kepemimpinan Li Yongbo.

Zhang Ning memiliki prestasi mentereng yakni menjadi tunggal putri yang berhasil meraih medali emas dalam dua edisi berturut-turut, yakni di edisi Olimpiade Athena 2004 dan Olimpiade Beijing 2008.

Baca Juga

Namun tak disangka, Li Yongbo dan Zhang Ning sempat diisukan memiliki hubungan khusus, karena keduanya terciduk pelukan mesra di Olimpiade Athena 2004 silam.

Gosip tersebut memanas setelah Zhang Ning menyatakan rencana dirinya akan segera menikah, dan nama Li Yongbo pun terseret.

Padahal saat itu Li Yongbo sudah memiliki istri dan seorang putra, sehingga hubungannya dengan Zhang Ning dikatakan menjadi sebuah skandal perselingkuhan.

Isu panas ini pun membuat media China, salah satunya Sports Sina langsung ikut turun tangan dengan menyelidiki dan memberikan penjelasan.

Baca Juga

Zhang Ning sendiri sempat mendapat skors 3 bulan dari timnas Bulutangkis China karena terlambat kembali bersama tim selama 10 menit hingga membuat kesempatannya untuk bisa tampil di Olimpiade menjadi buyar.

Hal ini pun membuat Zhang Ning sempat ingin menyerah alias pensiun di 2002, tapi Li Yongbo menentangnya, karena menganggap anak didiknya masih bisa meraih masa kejayaannya.

Rasa percaya Li Yongbo pun berbuah manis di mana Zhang Ning sukses meraih medali emas di Olimpiade Athena 2004 usai mengalahkan Mia Audina di partai pamungkas.

Saat mengetahui dirinya berhasil meraih medali emas, Zhang Ning langsung berselebrasi dan memeluk Li Yongbo sebagai pelatihnya.

Baca Juga

Namun nyatanya pelukan tersebut hanyalah sebuah selebrasi belaka, meski akhirnya memicu munculnya rumor skandal perselingkuhan.

Kini baik Li Yongbo dan Zhang Ning pun telah menjalani kehidupan dengan pasangannya masing-masing.

ChinaZhang NingBulutangkisLi YongboIndepth

Berita Terkini