x

Strategi Fajar/Rian Hadapi Ganda Korsel di 8 Besar Denmark Open, Auto Podium Lagi?

Jumat, 20 Oktober 2023 07:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke perempat final Denmark Open 2023 (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi Jin Yong/Na Sung Seung di Denmark Open 2023.

Fajar Alfian/Rian Ardianto melaju ke perempat final Denmark Open 2023, usai kalahkan Ben Lane/Sean Vendy asal Inggris pada Jumat (20/10/23) dinihari WIB.

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung selama 70 menit itu, Fajar/Rian dipaksa untuk meladeni permainan alot dan tangguh Ben Lane/Sean Verdy hingga menang 19-21, 21-19, dan 21-19.

Pada laga yang digelar di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark, dua pasangan bertanding sengit sejak awal, bahkan game pertama sempat berimbang di angka 10-10.

Namun, Ben Lane/Sean Vendy unggul dan berhasil pertahankan situasi itu sampai akhir. Fajar/Rian harus mengakui keunggulan pasangan Inggris dengan skor tipis 19-21.

Memasuki game kedua, Fajar/Rian mencoba bangkit sekaligus membalas kekalahan. Tetapi sebenarnya keunggulan mereka hanya tipis saja, 11-10 hingga 14-11.

Baca Juga

Lane/Vendy sempat membalikkan keadaan menjadi 16-18. Fajar/Rian menyusul lagi 19-19, dan mampu menyudahi game kedua dengan kemenangan 21-19 atas pasangan Eropa itu.

Fajar/Rian awali game ketiga dengan lebih baik, mereka langsung memimpin 6-2. Bahkan, keunggulan wakil Indonesia cukup telak menjadi 11-5 ketika interval.

Namun, Lane/Vendy tak mudah dikalahkan. Pasangan Inggris sempat menyusul di angka 17-17. Beruntung Fajar/Rian mencapai match point lebih dulu dan menang identik 21-19.

Hasil ini memastikan Fajar/Rian melangkah ke perempat final Denmark Open 2023 dan menantang ganda Korea Selatan, Jin Yong/Na Sung Seung.

Baca Juga

1. Komunikasi Jadi Kunci Kemenangan

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Foto: PBSI

Fajar Alfian mengaku tidak mudah untuk merebut tiket perempat final Denmark Open 2023 ini, mengingat pasangan Ben Lane/Sean Vendy memberi perlawanan yang luar biasa.

"Tidak mudah kami menangkan pertandingan hari ini. Lawan bermain sangat baik, mereka sangat percaya diri, karena mungkin melihat unggul rekor pertemuan atas kami," ungkap Fajar.

Baca Juga

"Ben (Lane) benar-benar bisa mengatur ritme permainan sehingga menyulitkan kami," ucap pebulu tangkis kelahiran 7 Maret 1996 itu.

Sementara Rian Ardianto menuturkan bahwa kunci kemenangan mereka adalah komunikasi yang baik, dan saling mendukung, terutama di poin-poin kritis.

"Kunci kemenangan kami adalah komunikasi yang terus dijaga. Kami saling mengingatkan dan meyakinkan di setiap poinnya," ungkap Rian selepas pertandingan.

Memasuki babak perempat final Denmark Open 2023, Fajar/Rian akan menghadapi ganda putra asal Korea Selatan, Jin Yong/Na Sung Seung.

Baca Juga

Di atas kertas, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto unggul sebagai nomor 2 di ranking BWF, sementara Jin Yong/Na Sung Seung masih merangkak di peringkat 37 dunia.

Demikian pula pada pertemuan pertama mereka di Thomas Cup 2022 lalu, Fajar/Rian berhasil menjegal Jin Yong/Na Sung Seung. Namun kali ini, Fajar/Rian tidak mau lengah.

"Tidak mengejutkan sebenarnya Jin Yong/Na Sung Seung bisa melangkah ke perempat final Denmark Open," ungkap Fajar Alfian.

"Mereka adalah pasangan muda yang ulet dan mempunyai kecepatan, jadi kami harus mewaspadai itu, juga kami harus siap capek lawan mereka besok," tukas juara bertahan Denmark Open tersebut.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoDenmark OpenBulutangkisBerita BulutangkisBen Lane/Sean VendyYong Jin/Na Sung Seung

Berita Terkini