x

Fajar/Rian Tak Bakal Balik Jadi WR 1 di Ranking BWF usai Denmark Open, Kok Bisa?

Sabtu, 21 Oktober 2023 15:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto nampaknya tidak bisa kembali lagi mencicipi peringkat satu di ranking BWF apa pun hasilnya di Denmark Open 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto nampaknya tidak bisa kembali lagi mencicipi peringkat satu di ranking BWF apapun hasilnya di Denmark Open 2023.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi salah satu dari dua wakil Indonesia yang berhasil tembus babak semifinal Denmark Open 2023.

Baca Juga

Fajar/Rian akan menjalani perang saudara melawan juniornya sendiri yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri pada Sabtu (21/10/23).

Fajar/Rian pun berharap bisa meraih tiket untuk final keduanya dalam 12 ajang terakhir, setelah sempat melempem di beberapa turnamen.

Tembus babak pemungkas bisa membuka asa Fajar/Rian untuk mempertahankan gelar status juara bertahan, setelah sebelumnya sempat naik podium di Denmark Open 2022.

Selain itu, bisa menjadi juara setidaknya bisa menyelamatkan posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ranking BWF.

Baca Juga

Sekadar informasi, Fajar/Rian sendiri tidak akan kembali menduduki peringkat pertama di ranking BWF lagi meski menjadi juara di Denmark Open 2023.

Hal ini karena status Fajar/Rian sebagai defending champion, sehingga tidak akan mendapatkan poin sekalipun menjadi juara di ajang BWF Super 750 ini.

Namun, jika gagal mempertahankan gelar juara maka poinnya akan berkurang, dan posisinya bisa lengser.

Hal ini juga telah diungkapkan oleh sejumlah Badminton Lovers yang menjelaskan pertanyaan apakah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa kembali duduk di peringkat pertama ranking BWF usai Denmark Open 2023.

Baca Juga

1. Head-to-Head Fajar/Rian vs Bagas/Fikri

Pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Foto: PBSI)

Meski lebih diunggulkan dan sama-sama mengincar kemenangan, tetapi Fajar/Rian lebih unggul ketimbang Bagas/Fikri jelang semifinal Denmark Open 2023.

Laga ini bakal menjadi pertemuan ketujuh sepanjang karier Fajar/Rian dan Bagas/Fikri di panggung bulutangkis internasional.

Baca Juga

Dalam enam pertemuan sebelum semifinal Denmark Open 2023, Fajar/Rian lebih unggul dengan meraih lima kemenangan.

Sedangkan Bagas/Fikri tercatat hanya satu kali menang, yakni pada pertemuan pertama mereka di ajang Indonesia Masters 2021.

Sisanya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto selalu meraih kemenangan beruntun dalam lima pertemuan keduanya yakni di Indonesia Open 2021, Korea Open 2022.

Lalu Fajar/Rian juga sukses mengalahkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Indonesia Open 2022, India Open 2023 dan All England 2023.

Baca Juga

Selain itu berdasarkan ranking BWF, pasangan berjuluk FajRi itu juga berada di atas kertas karena merupakan peringkat kedua, sedangkan Bagas/Fikri berada di posisi ke-14.

Meski Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lebih unggul, tetapi tetap saja mereka patut mewaspadai Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang bisa saja memberikan kejutan di semifinal Denmark Open 2023 nanti.

Siapa pun yang akan menang baik Fajar/Rian atau Bagas/Fikri, selanjutnya mereka akan bertemu dengan pemenang antara Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) di final Denmark Open 2023, Minggu (22/10/23).

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoDenmark OpenBulutangkisRanking BWF

Berita Terkini