x

Hariyanto Arbi Respons Desakan Publik Agar PBSI Ubah Regulasi Pemain Non-Pelatnas

Jumat, 27 Oktober 2023 12:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, memberi respons terhadap desakan publik agar PBSI segera mengubah regulasi peserta non-pelatnas ikut turnamen.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi, memberi respons terhadap desakan publik agar PBSI segera mengubah regulasi soal peserta non-pelatnas ikut turnamen.

Sebagaimana diketahui, PBSI belakangan menjadi sorotan karena regulasi soal pembatasan ranking atlet di ajang Indonesia International Challenge dan Indonesia Masters Super 100

Baca Juga

Menurut regulasi PBSI, atlet bulutangkis Indonesia harus memiliki ranking BWF 1 sampai 200 untuk bisa mengikuti ajang berlevel International Challenge.

Regulasi PBSI tersebut berlaku untuk seluruh atlet bulutangkis Indonesia yang mengikuti turnamen level apapun, dari Future Series sampai BWF World Tour Super.

Akan tetapi, regulasi ini malah menjadi bumerang untuk PBSI. Banyak pemain Indonesia non-ranking memilih tampil di turnamen luar negeri daripada di ajang yang digelar di Indonesia.

Akun @G_minton sudah sejak lama bersuara keras soal regulasi pembatasan pemain ini. Hal ini juga dikeluhkan oleh akun-akun Badminton Lovers lainnya.

Baca Juga

Namun, PBSI tampaknya masih belum menggubris suara para Badminton Lovers. Respons pertama justru datang dari legenda Hariyanto Arbi.

“Akan segera dibenahi,” tulis Hariyanto Arbi menjawat cuitan akun @G_minton dan akun @Bulutangkis.Net di Twitter baru-baru ini.

Mengacu pada dua turnamen yang digelar di Surabaya, Indonesia diketahui hanya mengirimkan 44 wakil pada ajang Indonesia IC dan 45 wakil di ajang Indonesia Masters S100.

Namun pada  turnamen pertama tersebut, tuan rumah harus menelan pil pahit yakni tanpa gelar juara karena tidak ada satu pun wakil yang lolos ke final.

Sementara di turnamen kedua yang tengah digelar pekan ini, tuan rumah hanya meloloskan 9 ke babak perempat final dari 45 wakil yang dibawa.

Baca Juga

1. Badminton Lovers Peduli Regenerasi Bulutangkis Indonesia

Smash Sui Li Yang mampu dikembalikan Alwi Farhan dengan sempurna di babak 16 besar Indonesia Master II 2023. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

Bandingkan saja dengan turnamen India International Challenge, negara tuan rumah mengirimkan 141,5 pemain, terbanyak dibanding negara peserta lainnya.

Respons dari Hariyanto Arbi ini pun langsung mendapat tanggapan dari sejumlah Badminton Lovers. Mereka meminta agar regulasi pembatasan pemain segera dievaluasi.

Baca Juga

“Jangan lama lama om,...,” tulis akun @matiikiridi****.

“Terima kasih Om. Semoga Olimpiade Los Angeles 2028 dapet emas minimal 1 dari PBSI,” tulis akun @BulutangkisNet.

“Ini cuma masalah waktu.. Andai bisa sama2 menyimak perwakilan-perwakilan indonesia master 100 skrg, dan menyaksikan betapa gagahnya mereka bertanding, jujur .. peringkat bukan sesuatu yang besar yang harus mereka kejar.. Sedari masih junior seharusnya atlet-atlet sudah diberi pendidikan betapa hadiah2 yang ditawarkan luar biasa.. ada yang 850k usd, ada yang 1000k+ usd.. biar terbentuk mental uang adalah segalanya.. Masalah peringkat atau stand pasti mengikuti andai mereka terus juara..,” akun @dodojo**** menambahkan komentarnya.

Untuk diketahui regulasi pembatasan pemain non-pelatnas ikut turnamen yang dikeluarkan PBSI pada pembaharuan Peraturan Organisasi (PO) No. 15 tahun 2022.

Baca Juga

Ini berawal dari teguran BWF karena ada pemain Indonesia tampil di turnamen internasional dengan kualitas di bawah standar sehingga kalah dengan skor mencolok.

Putri Syaikah, ganda putri yang baru terdegradasi dari PBSI pada awal 2023 sempat mengisyaratkan kesedihannya dengan regulasi tersebut.

Sempat berjaya dengan Nita Violina Marwah di top ranking BWF sebelum dihantam cedera, saat ini Putri Syaikah ada di posisi  ke-181 ganda putri.

Ranking tersebut mungkin masih bisa membuatnya tampil di Indonesia Surabaya International Challenge 2023, tetapi masih susah ke BWF World Tour.

Baca Juga
PBSIHariyanto ArbiBulutangkisIndonesia Masters Super 100Badminton Lovers (BL)

Berita Terkini