x

Bak Malaikat di French Open, Irwansyah Beri 'PR Kejam' untuk Jonatan dan Ginting

Senin, 30 Oktober 2023 13:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Nama pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, kini dielu-elukan setelah ia memberikan afirmasi positif untuk Jonatan Christie di final French Open 2023. (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Nama pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah kini dielu-elukan setelah ia memberikan afirmasi positif untuk Jonatan Christie di final French Open 2023.

Jonatan Christie berhasil menaklukkan Li Shifeng asal China di partai puncak French Open 2023, Minggu (29/10/23) malam WIB lewat babak rubber, skor 16-21, 21-15, 21-14.

Baca Juga

Sejak game pertama, pertandingan berjalan super sengit. Li Shifeng sempat unggul 7-11 saat interval. Pada akhirnya game ini berakhir dengan kemenangan 16-21 untuk wakil China.

Set kedua lebih sengit lagi, Li Shifeng unggul saat interval 9-11. Jonatan pontang-panting dan berhasil membalikkan skor hingga 15-13. Jojo semakin percaya diri dan menang 21-15.

Memasuki babak rubber, duel berlangsung sangat ketat. Jonatan Christie dan Li Shifeng saling balas mencetak poin. Jonatan hanya bisa unggul tipis 11-10 saat interval ketiga.

Setelah itu, Li Shifeng terlihat mulai kendor karena kelelahan, sementara Jonatan adalah ahlinya rubber game. Wakil Indonesia tancap gas unggul 18-12, dan menang telak 21-14.

Baca Juga

Satu hal yang mencuri perhatian, bagaimana Coach Irwansyah memberi masukan positif untuk Jonatan. Sang pelatih meminta Jojo untuk fokus meraih poin satu per satu.

Kemudian, Coach Irwansyah juga meminta Jonatan memberi pukulan yang jauh kepada Li Shifeng agar ia kelelahan. Terbukti, atlet asal China itu terpaksa menyerah di game ketiga.

Ketika Jonatan Christie bisa meraih poin terakhir dan pastikan gelar juara, Irwansyah tertangkap kamera melakukan sujud syukur, sebelum akhirnya memeluk sang pemain.

Jonatan Christie tentu saja menaruh respek pada sang pelatih. Ia pun mengajak Coach Irwansyah untuk naik podium French Open.

Baca Juga

1. Jonatan Diminta Asah Mental

Li Shifeng (China) dan Jonatan Christie (Indonesia) di podium juara French Open 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

Kemenangan di French Open 2023 pastikan Jonatan Christie meraih gelar perdana di level Super 750, dan berpotensi naik ke posisi 4 besar di ranking BWF tunggal putra dunia.

Sementara Anthony Sinisuka Ginting yang lebih dulu gugur di babak perempat final French Open, sejauh ini masih bisa bertahan di posisi kedua ranking BWF, di bawah Viktor Axelsen.

Baca Juga

Coach Irwansyah mengaku bangga pada kedua anak asuhnya itu. Namun, ia memiliki satu PR untuk masing-masing pemain.

"Alhamdulillah Jonatan bisa juara di French Open 2023. Dari keseluruhan, hasilnya sangat memuaskan," ungkap Irwansyah via rilis resmi PP PBSI, Senin (30/10/23).

"Ginting pun walau terhenti di delapan besar, tapi dari keseluruhan permainannya sudah menunjukkan kemajuan," kata pelatih tunggal putra Indonesia itu.

Setelah ini, Jonatan Christie dan Anthony Ginting absen dari Hylo Open 2023. Mereka akan bertanding kembali di ajang Kumamoto Masters, pada 14-19 November 2023 nanti.

Baca Juga

Irwansyah memberikan PR agar Anthony Ginting bisa menguatkan otot kakinya, dan Jonatan diminta untuk menguatkan mental, karena sejauh ini ia dikenal tidak konsisten.

"Hanya memang nanti selesai dari French Open ini, (Anthony) pulang ke Jakarta mau dikuatkan lagi kekuatan otot kakinya," jelas Coach Irwansyah.

"Jonatan juga saya berharap dari hasil juara di sini, semoga lebih konsisten terus di setiap kejuaraan, dan semoga kepercayaan dirinya lebih naik lagi," tukasnya.

Kumamoto Masters akan dihelat pada 14-19 November 2023. Berdasarkan hasil drawing, Jonatan Christie mendapat bye dan berjumpa Srikanth Kidambi di babak 16 besar.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingJonatan ChristieAnthony GintingIrwansyahFrench OpenBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini