x

Ahsan/Hendra Kalah! 2 Pemain Tertua yang Cetak Sejarah di BWF World Tour 2023

Selasa, 7 November 2023 13:29 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Terdapat dua pemain yang menjadi pebulutangkis tertua yang cetak sejarah di BWF World Tour 2023, namun sosok tersebut bukanlah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Terdapat dua pemain yang menjadi pebulutangkis tertua yang cetak sejarah di BWF World Tour 2023, namun sosok tersebut bukanlah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sebagaimana diketahui Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi salah satu pebulutangkis senior yang masih aktif bermain di turnamen bulutangkis internasional.

Baca Juga

Mohammad Ahsan sendiri saat ini berusia 36 tahun, sedangkan Hendra Setiawan berumur lebih tua yakni 39 tahun.

Meski tak lagi muda dan hampir kepala empat, namun Ahsan/Hendra mampu tampil gemilang diberbagai turnamen bergengsi.

Namun sayangnya, pada musim 2023 ini, pasangan berjuluk The Daddies itu belum berhasil meraih satu pun gelar juara.

Pencapaian terbaik Ahsan/Hendra ialah menjadi runner-up di ajang All England 2023 pada bulan Maret lalu.

Baca Juga

Padahal jika mampu menjadi juara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bisa mencetak sejarah dengan menjadi pebulutangkis tertua yang meraih gelar di ajang BWF World Tour 2023.

Namun sayangnya, The Daddies belum mampu mewujudkan rekor tersebut yang kini sudah direbut oleh pemain lainnya.

Terdapat dua pemain yang berhasil mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pemain tertua yang meraih gelar juara di BWF World Tour 2023 ini.

Kedua pemain itu ialah Chou Tien Chen selaku tunggal putra asal Chinese Taipei, dan Beiwen Zhang yang merupakan tunggal putri asal Amerika Serikat.

Baca Juga

1. Chou Tien Chen dan Beiwen Zhang Jadi Pemain Tertua yang Juara BWF World Tour 2023

Tunggal China Taipe, Chou Chien Tien.

Pencapaian ini diraih oleh Chou Tien Chen dan Beiwen Zhang saat sama-sama meraih gelar juara di ajang Hylo Open 2023 pada pekan lalu.

Chou Tien Chen yang merupakan unggulan pertama sukses mengalahkan unggulan kedua asal Hong Kong, Lee Cheuk Yiu dengan skor 21-23, 21-17 dan 21-10 di partai final ajang BWF S300 tersebut.

Baca Juga

Hasil ini membuat Chou Tien Chen menjadi pemain tertua yakni berusia 33 tahun yang memenangi gelar di BWF World Tour 2023.

Selain itu Chou Tien Chen juga mencetak rekor mentereng lainnya, yakni menjadi tunggal putra tersukses sepanjang sejarah ajang S300.

Pemain asal Chinese Taipei itu sukses menembus 17 kali final dengan meraih 10 gelar juara dan tujuh kali runner-up di ajang S300.

Ia melampaui para legenda tunggal putra lainnya yakni Lee Hyun Il, Lin Dan bahkan hingga Lee Chong Wei.

Baca Juga

Selain itu, Chou Tien Chen juga menjadi pemain keempat diera Superseries/Grand Prix Gold/World Tour setelah Lee Chong Wei, Lin Dan dan Chen Long yang memenangkan empat atau lebih gelar di dua turnamen berbeda, di mana ia juga memenangkan empat gelar di Taipei Open.

Di sisi lain, ada Beiwen Zhang yang juga menorehkan rekor serupa, yakni menjadi pemain tertua yang meraih gelar di BWF World Tour 2023, di mana saat ini dirinya berusia 33 tahun.

Beiwen Zhang berhasil meraih gelar juara di Hylo Open 2023, usai mengalahkan Line Hojmark (Denmark) dengan skor 21-18, 16-21 dan 21-16.

Ini merupakan gelar keduanya pada tahun ini, setelah sempat menjadi juara di ajang Australia Open 2023 dengan mengalahkan Kim Ga-Eun.

Selain itu, pada musim ini Beiwein Zhang juga meraih dua runner-up yakni di Orleans Masters dan Taipei Open 2023, di mana dua-duanya merupakan ajang S300.

Baca Juga
Chou Tien ChenMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisBeiwen ZhangBWF World Tour

Berita Terkini