x

3 Pebulutangkis Dunia Kembar Identik Sampai Bingungkan Lawan, Ada dari Indonesia

Minggu, 12 November 2023 10:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Menilik 3 atlet bulutangkis dunia yang kembar identik sampai bingungkan lawan, termasuk dari Indonesia, Syahrozi-Syahrizal, dan legenda China Luo Ying/Luo Yu.

INDOSPORT.COM – Mengulik tiga atlet bulutangkis dunia yang kembar identik sampai bingungkan lawan, termasuk dari Indonesia, Syahrozi-Syahrizal, dan legenda China Luo Ying/Luo Yu.

Dalam dunia bulutangkis, atlet yang kembar identik memang bukan fenomena baru meskipun sangat langka terjadi. Keberadaan mereka menambah serbamenjadi pasangan ganda.

Baca Juga

Di bawah ini, INDOSPORT mengulas setidaknya pemain bulutangkis yang kembar identik, dari Syahrozi Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli, Kim Min Ji-Kim Min Sun, dan Luo Ying-Luo Yu.

1. Syahrozi Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli (Indonesia)

Daftar pebulutangkis kembar identik pertama adalah Syahrizal Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli dari Indonesia.

Dilansir dari laman BWF, Syahrozi Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli diketahui lahir di Blitar pada 9 Desember 2000.

Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli yang mencintai bulutangkis sejak kecil, pada 2018 lalu diketahui bergabung di Badminton Academy Surabaya.

Baca Juga

Sebagai anak kembar, Syahrizal dan Syahrozi membentuk duet ganda putra, dan kekompakan sukses mengantarkan mereka dipinang pelatnas usai menjuarai Kejurnas PBSI 2018.

Di pelatnas, Syahrizal dan Syahrozi pernah tampil di berbagai ajang bulutangkis internasional seperti kala terjun di Badminton Asia Junior Championships 2018.

Sayangnya usai berlaga di Vietnam international Challenge 2019, Syahrizal dan Syahrozi sudah sangat jarang terjun di tur internasional. Ranking BWF mereka juga macet di posisi ke 308 dunia.

Baca Juga

1. 2. Kim Min Ji – Kim Min Sun (Korea Selatan)

Termasuk Luo Ying/Luo Yu, Deretan Pebulutangkis Kembar Identik.

Seperti Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli, pebulutangkis muda Korea Selatan, Kim Min Ji dan Kim Min Sun adalah dua pemain bulutangkis yang terlahir kembar identik.

Lahir pada 2 Januari 2006,  wajah mereka terlihat sama persis ketika di lapangan, dan mungkin sering membingungkan para rekan hingga lawan saat pertandingan.

Baca Juga

Meski kembar identik, secara fisik sebenarnya Kim Min Ji dan Kim Min Sun memiliki perbedaan yang mudah untuk ditemukan.

Dilansir dari kanal Youtube WOW Video, disebutkan jika Kim Min Ji adalah pemain tangan kanan, sementara Kim Min Sun lebih piawai menggunakan tangan kiri alias kidal.

Saat ini Kim Min Ji dan Kim Min Sun sedang menggetoli sektor ganda putri dilatih orang tua mereka sendiri. Kesuksesan duet mereka seperti menjuarai Korea Junior Open International Challenge 2019.

Selain itu, Kim Min Ji dan Kim Min Sun juga mencoba peruntungan di sektor tunggal putri. Tahun ini Kim Min Ji pernah menjuarai Dutch Junior International usai kembarannya, Kim Min Sun, retired.

Baca Juga

3. Luo Ying – Luo Yu (China)

Menyusul Dafandi Arafixqli – Syahrizal Dafandi Arafixqli dan Kim Min Ji-Kim Min Sun, sosok ganda putri top China, Luo Ying-Luo Yu juga merupakan pemain bulutangkis kembar identik.

Dilansir dari laman BWF, Luo Ying-Luo Yu lahir di Shandong pada 11 Januari 1991. Sebagai atlet berwajah kembar, Luo Ying/Luo Yu pertama kali ditandemkan di ganda putri pada 2010 silam.

Tak hanya fisik yang kembar hingga sering membingungkan lawan, chemistry serta bakat Luo Ying-Luo Yu membuat mereka menyabet beragam prestasi bergengsi.

Seperti kala berhasil meraih medali emas Asian Games 2014,  Malaysia Open 2015, hingga Dubai World Superseries Finals.

Puncaknya Luo Ying-Luo Yu bahkan sukses menapaki ranking satu dunia sekitar 2016, dan kini keduanya sudah memutuskan pensiun dari bulutangkis.

Baca Juga
Luo Ying / Luo YuTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisSyahrozi Dafandi Arafixqli/Syahrizal Dafandi Arafixqli

Berita Terkini