x

Meramal Peruntungan Kevin/Rahmat di Kumamoto Masters 2023, Bisa Juara?

Selasa, 14 November 2023 14:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Meramal peruntungan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat, meraih gelar juara perdana di Kumamoto Masters 2023.(Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM – Meramal peruntungan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat, meraih gelar juara perdana di Kumamoto Masters 2023.

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat tengah tampil di Kumamoto Masters 2023 yang digelar di Kumamoto Prefectural Gymnasium mulai 14-19 November 2023.

Baca Juga

Ini menjadi turnamen kedua mereka setelah Korea Masters 2023, sejak dipasangkan sebagai pasangan ganda putra baru Indonesia.

Diketahui, Kevin Sanjaya dan Rahmat Hidayat dipasangkan sebagai ganda putra lantaran Marcus Gideon kala itu masih dibekap cedera kaki yang memaksanya operasi.

Awalnya, Kevin/Rahmat diproyeksikan debut di ajang Indonesia International Challenge 2023 di Medan, namun rencana ini urung  terwujud.

PBSI justru memutuskan untuk mendaftarkan Kevin/Rahmat ke turnamen yang levelnya lebih tinggi alias di level BWF World Tour dengan debut di Korea Masters.

Baca Juga

Sayangnya, Kevin/Rahmat hanya melakoni dua pertandingan di turnamen itu pekan lalu karena mereka tersingkir di babak 16 besar.

Kali ini Kevin/Rahmat akan menjajal peruntungan mereka lagi dengan tampil di Kumamoto Masters 2023 meski harus melalui jalur kualifikasi.

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat berhasil mengamankan tiket ke babak 32 besar Kumamoto Masters 2023 yang dengan mengalahkan wakil Chinese Taipei, Chiang Chien-Wei/Wu Hsuan-Yi, 21-13, 21-13 hanya dalam tempo 28 menit.

Lantas seberapa besar peluang Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat meraih gelar perdana mereka di Kumamoto Masters 2023? Simak ramalan INDOSPORT di halaman kedua berita ini:

Baca Juga

1. Head to Head Lawan di Kumamoto Masters

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat jalani debut di Korea Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat akan menghadapi ganda putra Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin  di babak 32 besar Kumamoto Master 2023, Rabu (15/11/23) besok.

Menatap duel tersebut, Kevin/Rahmat tidak hanya ingin mengejar peruntungan, namun juga berusaha memantapkan komunikasi dan saling pengertian masing-masing.

Baca Juga

“Untuk menghadapi pertandingan berikut, fokus saya di lapangan rasanya harus ditambah. Yang jelas, komunikasi dan saling pengertian saya dengan Mas Kevin juga makin bagus. Ini bisa jadi modal,” pungkas Rahmat Hidayat.

Meski memiliki modal dan chemistry yang apik, Kevin/Rahmat tetap harus mengantisipasi Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di pertandingan nanti.

Pasalnya, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin memiliki performa membaik sejak rujuk di US Open  pada Juli lalu. Mereka juga mengantongi tiga gelar juara di US Open, Kaohsiung Masters dan Abu Dhabi Masters.

Bagi Sanjaya, ini menjadi pertemuan ketiganya melawan Sze Fei/Nur Izzuddin. Dua pertemuan sebelumnya terjadi ketika Kevin berpasangan dengan Marcus Gideon.

Baca Juga

Jika mampu mengalahkan Sze Fei/Nur Izzuddin, Kevin/Rahmat akan bertemu lawan lebih tangguh yakni antara He Ji Ting/Ren Xian Yu dari China atau Chiu Hsian Chieh/Yang Ming-Tse dari Chinese Taipei.

Di babak perempat final, jika Kevin/Rahmat mampu lolos maka berpotensi bertemu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan atau Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Kesimpulannya, Kevin/Rahmat peluang untuk menciptakan kejutan di Kumamoto Masters memang terbilang sangat sulit karena mereka akan diadang lawan-lawan yang sangat tangguh. 

Meski demikian, Kevin/Rahmat bisa menjaga peluang tersebut dengan menerapkan dua faktor yang tersaji di halaman berikutnya berita ini:

Baca Juga

2. 1. Chemistry Sudah Makin Klop

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat jalani debut di Korea Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat memiliki modal bagus menatap 32 besar Kumamoto Masters 2023 berkat chemistry yang sudah padu.

“Saya lihat ada kemajuan dari cara main kami. Ada improve dari apa yang saya tampilkan bersama Rahmat di lapangan. Semoga hal positif ini bisa terus membaik di pertandingan selanjutnya,” imbuh Kevin Sanjaya.

Baca Juga

Rahmat Hidayat menambahkan selain kemenangan, dia merasa adaptasi lapangan dan rekan seperjuangan jadi kunci mereka mengawali turnamen dengan baik.

“Syukur alhamdulillah saya bisa bermain bagus hari ini. Bukan hanya soal menang, tetapi saya juga sudah bisa beradaptasi dengan lapangan dan sudah makin mengerti bagaimana cara bermain,” kata Rahmat Hidayat.

“Di pertandingan ini saya juga lebih siap. Ini merupakan pertandingan ketiga yang kami jalani sejak dipasangkan. Chemistry-nya bermain bareng Mas Kevin juga makin bagus,” tambahnya.

2. Belajar dari Kekalahan di Korea Masters

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat tampaknya semakin siap menjalani Kumamoto Masters 2023 setelah melakukan evaluasi dari kegagalan mereka di Korea Masters 2023 kemarin.

Baca Juga

Di Korea Masters, Kevin/Rahmat harus mengakui keunggulan pasangan Chinese Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, yang menjadi juara di turnamen tersebut.

Kevin/Rahmat sebenarnya bisa mendominasi dan menang di game pertama, tetapi mereka justru kalah tragis saat game kedua, dan berlanjut alami hal serupa di gim ketiga.

"Masih banyak yang harus kami tingkatkan kalau mau setidaknya bersaing di top 10. Kami akan coba lagi di turnamen berikutnya," ucap Kevin Sanjaya.

Dari laga tersebut, Kevin/Rahmat menyadari mereka masih kurang dalam adaptasi gaya bermain, serta tidak boleh terlambat mengubah pola permainan.

"Saya harus lebih berani dan terus menekan di bola belakangnya, tidak terlalu banyak placing. Ke depannya juga saya harus menambah power saya," ujar Rahmat Hidayat.

Baca Juga
BulutangkisKevin Sanjaya/Rahmat HidayatKumamoto Masters

Berita Terkini