x

3 PR Besar Gregoria Mariska Jika Tak Ingin Numpang Lewat di World Tour Finals 2023

Selasa, 28 November 2023 18:17 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Terdapat tiga ‘pekerjaan rumah’ (PR) besar Gregoria Mariska agar tidak ingin numpang lewat saja di ajang BWF World Tour Finals 2023 pada Desember mendatang.

INDOSPORT.COM – Terdapat tiga ‘pekerjaan rumah’ (PR) besar Gregoria Mariska agar tidak ingin numpang lewat saja di ajang BWF World Tour Finals 2023 pada Desember mendatang.

2023 menjadi tahun penuh kesan bagi Gregoria Mariska sebagai atlet bulutangkis lantaran dirinya yang tidak berhenti mengukir sejarah mengagumkan.

Gelar di Spain  Masters hingga Kumamoto Masters menjadi bukti nyata dari kebangkitan Gregoria Mariska di antara lesunya prestasi tunggal putri Indonesia sejak puluhan tahun terakhir.

Bisa dibilang, Gregoria Mariska adalah tunggal putri Indonesia pertama yang sukses meroketkan namanya menembus top 10 di ranking BWF.

Baca Juga

Terbaru, Gregoria Mariska berpeluang untuk memperpanjang catatan apiknya dengan kelolosannya menembus kualifikasi BWF World Tour Finals 2023.

Ya, Gregoria Mariska akan bersaing dengan delapan atlet tunggal putri lainnya yang lolos kualifikasi BWF World Tour Finals 2023 pada 13-17 Desember di Hangzhou, China.

Pesaing Gregoria Mariska tersebut adalah An Se-young, Chen Yufei, Carolina Marin, Tai Tzu Ying, Beiwen Zhang, Kim Ga-eun, dan Han Yue.

Membaca para pesaingnya, meski berat, tentu Gregoria Mariska sangat berpeluang untuk memberikan kejutan di BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga

Belum lagi jika berkaca dari penampilannya di BWF World Tour 2022 lalu saat dia sukses memberikan kejutan demi kejutan.

Sekadar diketahui, di BWF World Tour musim 2022 lalu, Gregoria Mariska di fase grup sukses menumbangkan Chen Yufei hingga menyulitkan An Se-young dan Akane Yamaguchi.

Meski optimis sangat perlu, namun rasa mawas diri atau waspada juga agaknya penting untuk dilakukan Gregoria Mariska.

Jadi, jika tidak mau hanya sekadar numpang lewat di BWF World Tour Finals 2023, Gregoria Mariska harus mengatasi tiga PR besar. Apa saja?

Baca Juga

1. 3 PR Gregoria Mariska

3 PR Gregoria Mariska Jelang BWF World Tour Finals 2023.

1. Fisik

Harus diakui jika fisik menjadi faktor paling krusial bagi atlet bulutangkis Indonesia yang belakangan memang sering maraton mengikuti turnamen.

Gregoria Mariska pun sebenarnya belakangan ini cukup terkuras fisiknya usai mengikuti Korea Masters, Kumamoto Masters, dan China Masters, hingga kulit di telapak kakinya robek.

Jika tidak segera recovery cepat, tentu fisik akan bisa menggangu penampilan Gregoria Mariska di BWF World Tour Finals 2023.

Legenda bulutangkis ganda putra Indonesia, Ade Chandra, saat dihubungi redaksi INDOSPORT beberapa waktu lalu pun  mengaku bahwa saat ini pertandingan bukan hanya adu teknis, namun juga adu fisik.

Baca Juga

“Pertandingan bulutangkis sekarang ini bukan hanya adu teknis saja, tapi juga fisik. Soalnya terlalu dekat waktunya (dari turnamen satu ke yang lain). Hampir seminggu sekali ada (turnamen),” tutur Ade Chandra.

Kalau fisik gak ditingkatkan, jangan mengharapkan lagi kitab isa menjadi juara dunia. Kedua kondisi makannya juga harus dijaga. Harus bergizi,” pungkas Ade Chandra.

2. Mental

Selain fisik, PR besar Gregoria Mariska agar tidak numpang lewat saja di BWF World Tour Finals 2023 adalah mental.

Mental juara yang terbangun melalui bantuan psikologi, tentu sangat berpengaruh besar bagi seorang atlet termasuk Gregoria Mariska untuk menghadapi siapapun lawannya.

Baca Juga

3. Konsistensi

Legenda bulutangkis tunggal putri asal Indonesia, Yuni Kartika, beberapa waktu lalu juga memberikan sebuah wejangan soal konsistensi kepada Gregoria Mariska untuk terus bersaing di papan atas.

“Sekarang dia di (ranking) 7 ya. Tapi masalah Grego itu di konsistensi. Kita masih enggak tahu kalau dia pindah lapangan, pindah venue (apakah masih konsisten),” ucap Yuni Kartika dilansir dari kanal Youtube PB INA.

“Menurutku kalau ada venue-venue yang enggak comfortable bagi dia, dia masih sering kalah sama (pemain) yang enggak-enggak (di bawah kekuatan) ya. Ya meskipun memang lebih baik juga kayak grego, dia bisa kalah, namun bisa juga ngalahin yang atasnya,” sambungnya.

“Nah jika mau keempat (ranking BWF) itu, dia (Gregoria Mariska) harus nambah satu lagi (syaratnya) yaitu konsistensi. Menurutku (juara Kumamoto Masters 2023) ini titik awal buat dia," pungkas Yuni Kartika.

Jika PR soal konsistensi bisa diatasi oleh Gregoria Mariska, akan jadi jaminan besar baginya untuk bisa melaju jauh di turnamen yang diikuti, termasuk BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga
Gregoria MariskaTRIVIABWF World Tour FinalsBulutangkisBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini