x

Fajar/Rian Dijegal Liang/Wang, Tiket Final BWF World Tour Finals 2023 Lenyap Sudah

Sabtu, 16 Desember 2023 14:21 WIB
Penulis: Miranti | Editor:
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyegel tiket puncak BWF World Tour Finals 2023 usai ditumbangkan Liang Wei Keng/Wang Chang dari China.

INDOSPORT.COM – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyegel tiket puncak BWF World Tour Finals 2023 usai ditumbangkan Liang Wei Keng/Wang Chang dari China.

Bertanding di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium pada Sabtu (16/12/23) siang WIB, Fajar/Rian dari Indonesia dikalahkan bintang bulutangkis Liang Wei Keng/Wang Chang, 20-22, 21-12, 16-21.

Baca Juga

Meski kalah, namun Fajar/Rian tidak cukup memberikan perlawanan terbaik pada ganda putra ranking satu dunia asal China itu.

Mengulas jalannya laga, baik Fajar/Rian maupun Liang Wei Keng/Wang Chang langsung terlibat adu serangan, dan keduanya silih berganti meraih poin. Skor imbang 1-1.

Fajar/Rian sempat tertinggal 5-6, dan Liang Wei Keng/Wang Chang semakin percaya diri bermain di hadapan pendukung sendiri yang memadati arena.

Situasi semakin memanas saat Fajar/Rian menikung 12-11, namun Liang Wei Keng/Wang Chang kembali berbalik unggul 12-13.

Sejak saat itu, kedua pasangan terus kejar-kejaran dan tikung-menikung, hingga Fajar/Rian yang kehilangan fokus di poin kritis, harus kandas 20-22 atas Liang/Wang di gim pertama.

Baca Juga

Memasuki gim kedua babak semifinal BWF World Tour Finals 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang tak mau menyerah langsung tancap gas memaksa reli. Wakil Indonesia unggul 3-1.

Sejak saat itu, laju angka Fajar/Rian tidak pernah bisa terbendung oleh Liang Wei Keng/Wang Chang, sehingga pebulutangkis Indonesia itu mampu memenangkan gim kedua 21-12 dan memaksakan rubber.

Di gim penentuan, Fajar/Rian justru antiklimaks, sementara Liang Wei Keng/Wang Chang semakin on fire meraih angka demi angka, sehingga membuat wakil Indonesia kelimpungan tertinggal 4-11.

Tertinggal cukup jauh, Fajar/Rian nyaris membara mengejar sehingga defisit angka tinggal 11-12 atas Liang Wei Keng/Wang Chang.

Sayangnya, sudah susah payah mengejar, Fajar/Rian kembali melakukan kesalahan sendiri, dan Liang Wei Keng/Wang Chang kembali menjauh untuk memastikan kemenangan 16-21 di gim ketiga. 

Baca Juga

1. Kans Juara Fajar/Rian yang Gagal Total

Kans Juara Fajar/Rian yang Gagal Total di BWF World Tour Finals 2023.

Hasil dari pertandingan hari ini membuat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal memperbesar head to head-nya atas Liang Wei Keng/Wang Chang. Saat ini head to head mereka berimbang 2-2.

Sebelum BWF World Tour Finals 2023, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Liang Wei Keng/Wang Chang memang tercatat sudah tiga kali bertemu.

Baca Juga

Dari catatan tersebut, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memang sudah unggul dengan dua kemenangan, termasuk di Malaysia Open 2023 lalu.

Selain gagal memperbesar head to head, kekalahan atas Liang Wei Keng/Wang Chang hari ini tentunya juga menjegal langkah Fajar/Rian ke partai puncak BWF World Tour Finals 2023.

Artinya, kans Fajar/Rian menjuarai BWF World Tour Finals 2023 untuk pertama kalinya dipastikan gagal total, dan Indonesia pun juga harus puasa gelar ganda putra di ajang penutup tahun ini.

Karena ganda putra Indonesia lainnya, yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri , juga tidak bisa berbuat banyak kala tersingkir di fase grup BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga

Di sisi lain, kans Indonesia merebut gelar dari BWF World Tour Finals 2023 saat ini hanya tinggal dari Jonatan Christie yang akan berjumpa Shi Yuqi sore nanti.

Sementara itu,  Liang Wei Keng/Wang Chang akan menghadapi juara dunia bulutangkis 2023 asal Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae sudah terlebih dahulu menyegel tiket final usai menumbangkan bintang tuan rumah, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi dengan skor 21-13 dan 21-12.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita BulutangkisLiang Wei Keng/Wang ChangHasil Bulutangkis

Berita Terkini