Festival Akuatik 2017

731 Perenang Ikuti Festival Akuatik di Palembang

Jumat, 21 April 2017 19:50 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Muhammad Efendi/Indosport
731 perenang ikuti Festival Akuatik di Palembang. Copyright: © Muhammad Efendi/Indosport
731 perenang ikuti Festival Akuatik di Palembang.

Sebanyak 731 atlet dari 26 provinsi mengikuti Festival Akuatik Indonesia di Stadion Akuatik Jakabaring, Palembang, 21 April hingga 1 Mei 2017. Ketua Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia  (PB PRSI), Anindya Bakrie dalam sambutannya, membuka kegiatan mengatakan ajang ini akan dijadikan kesempatan untuk menyeleksi atlet SEA Games di Malaysia tahun 2017.

"PB PRSI berharap melalui ajang ini peningkatan prestasi dapat terjadi, apalagi mereka yang terpilih akan masuk tim SEA Games," kata Anindya.

© Muhammad Efendi/Indosport
731 Perenang Ikuti Festival Aquatik di Palembang Copyright: Muhammad Efendi/IndosportKonferensi pers Festival Akuatik 2017.

Ia mengatakan PB PRSI sejak lama fokus pada pembinaan usia muda untuk menjalankan regenerasi atlet. Para atlet muda ini diharapkan nantinya menjadi tulang punggung timnas pada setiap perhelatan multi event.

"Target kami ke depan, olahraga renang semakin meningkat prestasinya dan dapat membawa nama baik bangsa di setiap ajang internasional," terangnya.

© Muhammad Efendi/Indosport
731 Perenang Ikuti Festival Aquatik di Palembang Copyright: Muhammad Efendi/IndosportPara perenang terpilih akan mengikuti SEA Games 2017.

Sementara Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin mengatakan, upaya peningkatan prestasi mutlak harus didukung oleh infrastruktur yang memadai. Bagi Sumsel, pembangunan infrastruktur olahraga ini menjadi salah satu prioritas karena keberadaan fasilitas bertaraf internasional telah membuat daerah ini ambil bagian dalam memajukan bangsa.

"Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games 2011 karena bersedia membangun arena renang berstandar internasional, kemudian yang lebih membanggakan lagi menjadi tuan rumah Asian Games 2018," ujar Alex. Ia juga berharap pada masa mendatang, PB PRSI memperbanyak agenda olahraga nasional dan internasional di Palembang.