Kenang Masa Lalu, Richard Sambera Tak Menyangka Dapat Perunggu di Asian Games 1990

Minggu, 5 Agustus 2018 18:25 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terakhir kali tim renang Indonesia mendapatkan medali di Asian Games adalah pada tahun 1990 di Beijing, China yang dipersembahkan oleh Richard Sambera.

Richard yang mendapatkan medali perunggunya di nomor 100 meter gaya bebas ternyata kala itu sama sekali tidak menyangka dan harus mengecek scoreboard terlebih dahulu untuk memastikan diri mendapat medali.

"Waktu saya di Beijing, saat nyentuh finis saya tidak yakin dan tidak tau kalau nomor tiga, karna hampir semua bersamaan menyentuh finis. Jadi begitu saya liat scoreboard beberapa menit kemudian, saya nomor tiga ternyata," ungkap Richard.

Saat itu, Richard berhasil menggondol medali perunggu setelah menjadi perenang yang sukses finis tercepat ketiga dengan catatan waktu 51,79 detik.

Pencapaian yang fantastis, pasalnya selisih antara Richard dengan dua wakil tuan rumah, China yang mendapat medali emas dan perak hanya sedikit saja. Ia bahkan mengalahkan wakil-wakil negara lain yang diunggulkan, seperti Jepang, Korea, dan Singapura.

"Bisa finis nomor tiga dan dapat medali kaget juga, padahal ada perenang-perenang tuan rumah, China, perenang Jepang yg saat itu lagi naik juga, serta Korea, dan Singapura," tutup pria kelahiran 19 Desember 1971.

Kini, di Asian Games 2018 tentunya semua berharap para perenang Indonesia dapat kembali membuat cerita mengesankan dan mengukir prestasi seperti yang dibuat oleh Richard Sambera di pesta olahraga terbesar di Asia itu.

Penulis: Dimas Ramadhan

Pembagian Grup Asian Games 2018 Sepak Bola Putra

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.