Tiru Gaya Michael Jordan, Perenang Peraih Emas Asian Games 2018 Dikritik

Rabu, 22 Agustus 2018 03:43 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Intisari-online
Sun Yang (ketiga dari kiri), perenang asal China. Copyright: © Intisari-online
Sun Yang (ketiga dari kiri), perenang asal China.

INDOSPORT.COM - Perenang China, Sun Yang, meraih emas di nomor 800 meter gaya bebas putra Asian Games 2018, Senin (20/08/18). Namun, aksi menutup logo sponsornya jadi pembahasan di negeri asalnya.

Sekilas aksi perenang 26 tahun yang menutup tubuhnya dengan bendera China terkesan keren dan mirip gaya legenda basket Michael Jordan. Namun, ternyata ada sesuatu di balik itu semua dan ini yang menjadi bahasan netizen di Negeri Panda tersebut.

Sun Yang berada di tengah dua sponsor; Anta, sponsor resmi delegasi China dan sponsor pribadi yaitu brand miliknya sendiri 361°. Setelah meraih emas di nomor 800 meter gaya bebas, ia tampil di acara penyerahan medali dengan seragam warna kuning bertuliskan logo miliknya sendiri.

Lalu saat penyerahan medali di nomor 4x200 meter gaya bebas estafet, Yang memakai seragam resmi Anta namun ia tutup dengan bendera China.

Anta sebagai raksasa aparel olahraga China sudah teken kontrak sebagai penyedia resmi seragam kontingen China hingga 2024. Dalam kontrak resmi, para atlet harus mengenakan seragam sponsor resmi saat naik podium.

Jika seperti itu, yang dilakukan sang bintang lintasan renang jelas merupakan pelanggaran. Seperti yang diungkapkan pakar industri olahraga Wang Qi di media sosial China Weibo sebagaimana dilansir South China Morning Post.

“Dalam olahraga, mematuhi aturan sangat penting-termasuk aturan terkait bisnis. Ketika seluruh delegasi China memakai seragam putih-merah Anta, dan hanya Sun Yang yang mengenakan seragam kuning dengan logo 361°, ini terlihat ada pelanggaran".

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT