Takut Batal Puasa Saat Berenang? 3 Cara Ini Bisa Mencegahnya

Senin, 6 Mei 2019 13:36 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Kegiatan Renang juga bisa dilakukan selama bulan puasa. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Kegiatan Renang juga bisa dilakukan selama bulan puasa.

INDOSPORT.COM – Memasuki hari pertama bulan puasa umat muslim diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga yang memiliki tujuan meningkatkan ketakwaan namun sebaiknya puasa juga diikuti dengan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu olahraga yang riskan membatalkan puasa adalah renang karena aktifitas ini bagi beberapa kalangan bisa membuat air masuk melalui mulut, hidung dan telinga sehingga bisa membatalkan puasa.

Namun kenyataannya renang tidak dilarang saat berpuasa bahkan olahraga ini justru bagus untuk kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh di bulan yang penuh berkah ini. Diperlukan beberapa langkah agar olahraga ini tidak membuat batal puasa.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mencegah batalnya puasa saat berenang?.

  1. Menyiapkan Penjepit Hidung

Penjepit hidung digunakan untuk mencegah air dan bakteri masuk kedalam hidung terutama bagi gerakan yang didominasi di dalam air. Sehingga cara ini cukup ampuh untuk menjaga puasa agar tidak batal.

2. Memakai Topi Renang

Menggunakan Topi Renang bisa menghindari air untuk masuk kedalam telinga terutama dalam aktivitas menyelam. Bahan yang terbuat dari karet ampuh untuk meredam air agar tidak masuk ke telinga.

3. Menggunakan Kacamata Renang

Kacamata Renang berguna bagi mata agar terhindar dari kandungan klorin yang terdapat pada kolam renang. Alat ini akan melindungi mata dari bahaya iritasi yang disebabkan zat kimia tersebut.

Selain mempersiapkan alat-alat yang digunakan, sebaiknya aktivitas renang dilakukan ketika tubuh dalam keadaan sehat agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Kegiatan olahraga ini juga akan menghabiskan banyak kalori sehingga sebaiknya dilakukan menjelang sore sebelum berbuka puasa agar bisa mengganti jumlah kalori yang hilang.

Ikuti Terus Tips dan Trik dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%